5 Menu Wajib Saat Lebaran di Indonesia

Oleh: Muhammad Sufyan (Dosen Fakultas Komunikasi Bisnis Telkom

University)

[UNIKNYA.COM]: Lebaran atau Idul Fitri adalah hari besar milik semua ummat Muslim. Tapi tak ada salahnya jauh-jauh hari ini, kita menyiapkan hidangan nikmat nan spesial di Hari Kemenangan, yang diperingati setelah satu bulan lamanya berpuasa. Berikut 5 menu wajib saat Lebaran di Indonesia:

1. Ketupat

Ketupat atau kupat adalah hidangan khas Asia Tenggara maritim berbahan dasar beras yang dibungkus dengan pembungkus terbuat dari anyaman daun kelapa (janur) yang masih muda. Ketupat paling banyak ditemui pada saat perayaan Lebaran, ketika umat Islam merayakan berakhirnya bulan puasa. Selain di Indonesia, ketupat juga dijumpai di Malaysia, Brunei, dan Singapura. Di Filipina juga dijumpai bugnoy yang mirip ketupat namun dengan pola anyaman berbeda.

Ada dua bentuk utama ketupat yaitu kepal (lebih umum) dan jajaran genjang. Masing-masing bentuk memiliki

alur anyaman yang berbeda. Untuk membuat ketupat perlu dipilih janur yang berkualitas yaitu yang panjang, tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua.

 

Ketupat (sumber : wix.com)

 

2. Opor Ayam

Temennya ketupat biasanya adalah opor ayam. Opor ayam memang paling nikmat untuk disantap sebagai teman makan ketupat saat lebaran. Potongan daging ayam yang empuk berpadu dengan gurihnya kuah santan membuat hidangan spesial ini selalu digemari. Maka tak heran jika masakan ini menjadi salah satu menu andalan yang disajikan pada momen Idul Fitri.

 

Opor Ayam (sumber : recipesmaster.com)

 

3. Rendang Daging

Rendang daging adalah

masakan tradisional bersantan dengan daging https://www.acheterviagrafr24.com/ sapi sebagai bahan utamanya. Masakan khas dari Sumatera Barat, Indonesia ini sangat digemari di semua kalangan masyarakat baik itu di Indonesia sendiri ataupun di luar negeri.

Selain daging sapi, rendang juga menggunakan kelapa(karambia), dan campuran dari berbagai bumbu khas Indonesia di antaranya Cabai

(lado), lengkuas, serai, bawang dan aneka bumbu lainnya yang biasanya disebut sebagai (Pemasak). Rendang memiliki posisi terhormat dalam budaya masyarakat Minangkabau. Rendang memiliki filosofi tersendiri bagi masyarakat Minang Sumatra Barat yaitu musyawarah.

 

Rendang Daging (sumber : bumbudapur.com)

 

4. Sambal Goreng Kentang

Sambal goreng kentang merupakan salah satu menu wajib pada saat Lebaran tiba. Menu yang satu ini, campuran kentang dengan berbagai olahan rempah yang nikmat. Biasanya, dicampur juga dengan hati sapi dan pete yang dipotong atau diiris dadu.

 

Sambal Goreng Kentang (sumber : cateringjakarta.net)

 

5. Emping

Emping adalah sejenis makanan ringan yang dibuat dengan menghancurkan bahan baku (biasanya biji melinjo) hingga halus kemudian dikeringkan di bawah sinar matahari.

Pembuatan emping melinjo diawali dengan menyangrai melinjo, kemudian dikupas dan ditipiskan dengan sejenis palu dari besi. Makanan ini banyak dihasilkan oleh pengusaha kecil menengah, misalnya di Kabupaten Batang terutama Kecamatan Limpung, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, atau

di Kabupaten Bantul. (**)

 

Emping (sumber : daridapurku.wordpress.com)

 

Sumber: Dari

berbagai sumber, old.uniknya.com, Agustus 2011

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com