5 Kasus Pesawat Hilang Paling Misterius (Bag 2)

Oleh : Iqbal Vetra

[UNIKNYA.COM] Hilangnya Pesawat maskapai Malaysian Airlines pada Sabtu (8/3) dini hari silam memang membuat banyak pihak kaget. Bagaimana bisa Pesawat jenis Boeing 777 yang katanya memiliki teknologi tercanggih itu bisa mendadak hilang dari pantauan radar setelah terbang dari Kuala Lumpur selama 2 jam? Kini sudah hampir lima hari pencarian, pesawat dengan nomor penerbangan MH370 itu masih tak diketahui rimbanya.

Dengan 7 orang di antaranya adalah penumpang asal Indonesia, Indonesia juga ikut ambil bagian aktif dalam pencarian MH370. Banyak orang bertanya bagaimana MH370 bisa tiba-tiba raib bak ditelan bumi. Tapi tahukah kamu kalau rupanya di dunia ini ada juga kasus hilang pesawat yang sangat misterius pula. Berikut kami rangkum ulasannya pada Kasus Pesawat Hilang Paling Misterius bagian ke 2.

1. Star Ariel Hilang di Segitiga Bermuda

British South American Airways (BSAA) kembali mengalami hilangnya salah satu armadanya bernama Star Ariel di peraian Segitiga Bermuda. Lagi-lagi sang pilot melaporkan bahwa dia sulit membedakan antara langit dan daratan. Star Ariel sendiri terbang dari Jamaika apda 17 Januari 1949 dengan membawa 20 penumpang dan kru. Hingga saat ini, tak ada yang tahu ke mana hilangnya Star Ariel yang bak ditelan bumi itu.

Avro_Super_Trader_at_Manchester_1955

sumber:mirror.co.uk

2. Egypt Air 990

Hilangnya pesawat maskapai Egypt Air dengan kode penerbangan 990 yang lepas landas dari bandara John F Kennedy di New York pada 31 Oktober 1999 silam itu sampai kini masih misterius. Pesawat jenis Boeing 767 tujuan Kairo-Mesir itu tiba-tiba putus kontak dan jatuh di perairan samudera Atlantik. Disebutkan 217 penumpang dan kru dinyatakan tewas. Dilaporkan bahwa Gamil el-Batouty, kopilot Egypt Air 990 adalah penyebab hilangnya pesawat itu di mana dalam kotak hitam yang ditemukan kemudian merekam tindakan Gamil yang pergi ke toilet pesawat sambil berujar ‘Saya berserah diri kepada Tuhan’ setelah akhirnya Gamil mematikan kontak autopilot dan pesawat hilang dari radar karena jatuh ke laut.

ajjgg

sumber:mirror.co.uk

3. TWA Flight 800

Pada tahun 1996, Penerbangan TWA 800 meledak dan jatuh setelah 12 menit lepas landas dari bandara John F Kennedy. Menewaskan 230 penumpang dan setelah dilakukan penyelidikan, dikabarkan adanya kabel rusak di dalam mesin pesawat menyebabkan percikan api pada bahan bakar pesawat.

Pun demikian, ratusan saksi FBI mengatakan bahwa mereka melihat seberkas cahaya meluncur ke arah pesawat di mana bola api besar kemudian muncul. Laporan-laporan ini menyebabkan bahwa banyak orang percaya pesawat ini telah diserang dan ditembak jatuh oleh sebuah misil. Salah satu teori mengatakan bahwa militer AS keliru saat melakukan sesi pelatihan AL.

wreck-e1374803546962

sumber:mirror.co.uk

4. Pan Am Flight 7

Pada tanggal 8 November 1957, Pan Am Flight 7 baru saja dipermanis dengan isi interior pesawat mewah demi perjalanan nyaman bagi penumpangnya. Namun, ketika lepas landas, mendadak pesawat dikabarkan jatuh ke Samudera Pasifik dan menewaskan 44 orang penumpang. Puing-puing pesawat baru bisa ditemukan seminggu kemudian ketika sebuah kapal induk AS melihat mayat mengambang di timur laut Honolulu.

Pihak berwenang tidak dapat menentukan penyebab dari kecelakaan itu, namun ada beberapa fakta aneh tentang kecelakaan tersebut. Tidak ada panggilan bahaya yang pernah diterima oleh menara, dan dari hasil laporan forensik, ditemukan tingkat karbon monoksida pada beberapa mayat.

Lebih dari 50 tahun kemudian, peneliti masih mencari-cari penyebabnya, dan melibatkan banyak teori dan alasan seperti balas dendam anggota awak, penipuan asuransi atau kegagalan mesin.

pesawatmisterius7

sumber:mirror.co.uk

5. Tragedi Adam Air di Selat Majene

Hilangnya pesawat maskapai Adam Air dengan nomor penerbangan 574 tujuan Manado pada 1 Januari 2007 silam ini memang menjadi tamparan keras bagi industri penerbangan Indonesia yang mereformasi dalam skala besar soal mutu keselamatan penerbangan Indonesia. Pesawat itu dinyatakan hilang di atas perairan selat Majene.

Sebulan lamanya pencarian intensif dilakukan yang tertap berakhir nihil. Baru pada 26-27 Agustus 2007, kotak hitam pesawat ditemukan dan setelah penyeledikan, Mei 2009 pemerintah mengumumkan bahwa penyebab hilangnya Adam Air itu karena mesin yang rusak dan pilot yang tak mengetahui akan terjadinya musibah. (**)

20140318_adamair_st

sumber:mirror.co.uk

Sumber : Dari berbagai sumber, old.uniknya.com, Maret 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com