5 Aksi Unik Superhero di Dunia Nyata

Oleh : Iqbal Vetra

[UNIKNYA.COM] Menolong sesama dengan mengenakan topeng plus kostum lengkap ternyata tak hanya terjadi di film superhero saja. Buktinya, di beberapa negara ada sejumlah orang yang menggunakan kostum layaknya superhero untuk menolong banyak orang.

Ya, terinspirasi oleh tingkah superhero di film ataupun di komik, sekelompok orang ini mendedikasikan dirinya untuk menolong orang lain, dan tentunya disesuaikan dengan penampilan layaknya super hero yang mereka kagumi. Mereka pun menjadi superhero di dunia nyata. Siapa saja mereka? Yuk simak 5 aksi unik Superhero di dunia nyata pada artikel berikut ini.

1. Phoenix Jones

Nama superhero yang satu ini mungkin belum akrab di telinga anda. Dialah Phoenix Jones. Sama seperti superman dan kawan-kawan, phoenix juga mengusung misi membasmi kejahatan. Namun yang berbeda dari phoenix adalah dia merupakan superhero di dunia nyata yang kerap beraksi membasmi kejahatan di sekitar wilayah Seattle, dan lynnwood, di negara bagian Washington, Amerika Serikat.

 Saat beraksi, phoenix menyiapkan kostum khusus dengan model ketat seperti layaknya kostum superhero dalam film. Kostum phoenix berwarna hitam gelap dengan ornamen di dada dan lengan berwarna emas serta topeng dengan motif yang sama. Phoenix juga melengkapi dirinya dengan beberapa senjata seperti penyemprot gas air mata, dan pentungan.

 Phoenix atau yang bernama asli benjamin John Francis Fodor ini ternyata tidak beraksi sendirian. Ia merupakan pemimpin dari grup masyarakat pencegahan kejahatan yang menamakan diri mereka RCSM, atau Rain City Superhero Movement.  Uniknya, grup tersebut beranggotakan sepuluh orang yang juga berkostum superhero dengan latar belakang militer dan ketrampilan bela diri. Bahkan, istrinya sendiri juga ikut bergabung. Dalam menumpas kejahatan, istri phoenix menggunakan nama samaran Purple Reign.

 Phoenix Jones serta punggawa RCSM memang tidak main-main atau sekedar pesta topeng. Mereka benar-benar sudah beraksi menumpas kejahatan. Januari 2011 lalu misalnya, seorang saksi mata merekam phoenix berhasil mencegah upaya pencurian mobil. Phoenix bahkan mengejar si pelaku yang lari.

doku1

2. The Statesman

Bila dalam dunia komik Superman menyamar sebagai wartawan, Spiderman sebagai fotografer, dan Batman adalah seorang pengusaha kaya, tapi tokoh superhero nyata ini kesehariannya bekerja di bank sebagai banker. Ya dialah superhero berkebangsaan inggris yang memerangi kejahatan di malam hari.

Bila di siang hari, pria yang menyebut dirinya sebagai The Stateman ini biasa menggunakan jas berikut dasi dan sepatu mengkilap. Namun saat di malam hari tampilannya berubah. Ia akan mengenakan kostum superhero seperti t-shirt bermotif bendera Inggris bertopeng zorro lengkap dengan senjata rahasianya.

Mengaku terinspirasi dari film superhero lokal dengan tokoh utama bernama Kick Ass, mantan prajurit angkatan darat teritorial inggris yang sudah berlatih tinju sejak di usia 11 tahun ini, merasa terpanggil untuk memerangi kejahatan dan membantu mereka yang miskin. Namun untuk melakukan aksinya tersebut ia hanya punya waktu di malam hari, karena disiang hari ia bekerja sebagai banker.

Dalam aksinya, ia sempat berhasil menggagalkan sepasang perampok yang hendak membobol sebuah toko dan ia juga mengaku pernah menggagalkan transaksi narkoba.

Seperti layaknya seorang superhero sejati, ia juga selalu menjaga jati dirinya agar orang-orang tak mengenal dirinya. Bahkan, pacarnya sendiri pun tidak menyadari dengan aktifitasnya tersebut.

doku2

 

3. Superbarrio

Superhero di dunia nyata berikutnya ialah Superbarrio. Ia adalah seorang pahlawan dengan mengenakan kostum merah ketat yang melintasi jalan-jalan di kota Mexico, membela masyarakat yang mengalami kesusahan. Meski masa kecilnya, dia sempat dropout dari SMU, namun dia memutuskan menjadi seorang Superbarrio, seorang pahlawan super bagi rakyat di Mexico city. Selama 10 tahun terakhir,  dia tetap setia menjadi idola bagi warga miskin dan para tunawisma.

“Aku membuka mata dan menemukan diriku sebagai Superbarrio” mempertegas kalau namanya mempunyai arti -sahabat dengan kekuatan super-. “Aku tidak mampu menghentikan pesawat terbang atau kereta api dengan satu tangan, tapi aku bisa menjamin rumah-rumah warga tidak akan kena gusur”.
Peranannya sebagai symbol pelindung dari masyarakat berpendapatan rendah sekaligus sebagai perwakilan dari warga yang tidak terdaftar dan para anggota serikat buruh, Superbarrio memimpin gerakan protes, mencetuskan petisi dan melawan keputusan pengadilan. Kabar beredar kalau dia juga bermaksud untuk mencalonkan diri sebagai Presiden Amerika Serikat untuk lebih melindungi para pekerja Mexico. Para penggemarnya begitu terinspirasi olehnya sehingga mereka membuat patung penghargaan, sebuah patung raksasa yang mirip dengan sayur kol berukuran besar. Yell, Yell yang biasa orang-orang berikan padanya adalah “Kau melihatnya. Kau merasakannya. Superbarrio bersama kita!”

doku3

 

4. Angle-Grinder Man
Ternyata tidak semua superhero beraksi dalam batas-batas hukum. Angle Grinder Man justru secara terang-terangan beraksi untuk melawan hukum, yaitu dengan cara membebaskan pengemudi dari jebakan roda penjepit yang terparkir secara ilegal.
Angle-Grinder Man, beraksi  untuk membantu para pengemudi di London yang terkena roda penjepit di mobil mereka dan membebaskannya.  Roda penjepit ini merupakan pemandangan yang umum di jalan-jalan ramai di kota London. Dan Angle Grinder Man akan datang membawa gergaji mesinnya untuk memotong roda penjepit untuk warganya yang memerlukan.
Pria dengan pekerjaan yang “aneh” ini, bertugas di daerah Kent selama seminggu dan di London saat akhir pekan. Dia memutuskan menjadi ”full-time superhero”, sebagai gerakan pertentangan kepada pemerintah yang korup. ”Saya mungkin tidak bisa sendirian dan benar-benar membuang jeratan represif pemerintahan yang korup – tapi aku bisa memotong roda-Penjepit untuk Anda,” katanya pada tahun 2002.

doku4

 

5. Tadahiro Kanemasu

Apa yang dilakoni oleh pria bernama Tadahiro Kanemasu ini juga tak kalah luar biasa. Pria berusia 27 tahun itu setiap harinya senantiasa membantu meringankan beban para penumpang kereta dengan mengenakan seragam lengkap ala Power Ranger.

Pahlawan super hero itu mengenakan seragam hijau bergaris perak dan memakai topeng dengan warna senada. Namun, apa yang dilakukan Kanemasu tentunya tidak seperti Power Ranger betulan yang setiap episodenya melawan monster yang berbeda-beda. Kanemasu melakukan hal yang sepele, seperti membantu warga lanjut usia menaiki tangga, membawakan tas atau barang penumpang dan menolong ibu yang membawa kereta bayi.

Profesi uniknya ini, sudah ia jalani selama tiga bulan di stasiun kereta di sebelah barat Tokyo. Hebatnya, pria yang bekerja sebagai penjual sayuran organik itu mengerjakan tugasnya sebagai ranger hijau itu secara paruh waktu dan tidak memungut biaya sepeser pun dari orang-orang yang telah dibantunya. (**)

doku5

Sumber : Dari berbagai sumber, old.uniknya.com, Maret 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com