Inilah Rahasia Jerman Bisa Juara, Cek deh..

[UNIKNYA.COM]: Jerman memastikan gelar juara ke 4 setelah mengalahkan Argentina 1-0 , Setelah Mario Gotze mencetak gol pada babak kedua perpanjangan waktu di   Stadio Maracana, Rio de Janeiro, Senin (14/7/2014) dini hari tadi waktu Indonesia.

Namun tahukah kamu sobat uniknya bahwa Jerman menggunakan teknologi dalam setiap menentukan seorang pemain diturunkan.

Diketahui pelatih Jerman, Joachim Loew membentuk sebuah  tim analis yang bertugas untuk memantau perkembangan pemainnya. Untuk mendukung hal tersebut Timnas Jerman tak berkerja sendiri, mereka dibantu oleh produsen software senegaranya, SAP.

Dilansir laman Telegraph, Senin (14/7/2014), SAP dilaporkan menyediakan sebuah software khusus untuk menganalisis perkembangan para pemain Jerman saat berlatih dan bertanding. Software ini sendiri disebut sebagai SAP Match Insights.

Sumber: Telegraph.com

SAP Match Insights ditujukan untuk memfasilitasi analisis latihan, persiapan, dan pertandingan, termasuk analisis pasca pertandingan Piala Dunia. Hasilnya, dengan penerapan SAP Match Insights jajaran pelatih Timnas Jerman bisa mendapatkan lebih dari 7 juta lembar data analisis perkembangan pemain di tiap sesi latihan atau pertandingan.

Data-data tersebut nantinya akan dipelajari dan akan digunakan sebagai acuan pengembangan kemampuan dan kebugaran pemain. Data-data itu juga bisa dijadikan acuan bagi jajaran pelatih Timnas Jerman untuk menentukan siapa pemain yang paling siap diturunkan bertanding.

“Ketelibatan teknologi SAP telah mengubah pengalaman sepakbola bagi pelatih, pemain, fans dan media. Bayangkan, dalam waktu 10 menit latihan, teknologi ini bisa menghasilkan tujuh juta data yang akan diolah tim kami untuk menyesuaikan pola latihan yang tepat dari satu pertandingan ke pertandingan lainnya,” jelas Oliver Bierhoff, mantan pemain sekaligus staf kepelatihan Timnas Jerman di Piala Dunia 2014.

Sumber: Telegraph.com

Kerjasama antara SAP dan DFB (asosiasi sepakbola Jerman) sejatinya telah terjalin sejak tahun 2013. Namun saat itu teknologi Big Data dari SAP belum dilibatkan di sektor pengembangan kualitas dan teknis pemain, melainkan untuk membantu sektor administrasi, pemesanan tiket, dan pengawasan suporter di pertandingan-pertandingan Liga Jerman.

“Dunia olahraga mulai berubah, dengan teknologi yang berinovasi di setiap area: pengalaman para fans, pemantauan performa pemain, manajemen tim, ticketing, dan operasi-operasi di lokasi pertandingan,” ujar Stefan Wagner, Managing Director SAP Labs Brazil.

Nah, itulah kenapa timnas Jerman begitu sangat digdaya di Piala Dunia tahun ini. Mungkin saja sepak bola di masa mendatang tidak hanya pelatih saja yang bertugas memilih pemain yang layak main, namun bisa saja sebuah komputer canggih yang akan melakukannya. Benar-benar Wooow!!

Sumber: Telegraph.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com