5 Pemain Kunci Beragama Islam di Timnas Swiss

[UNIKNYA.COM] Piala Dunia 2014 di Brasil kali ini bersamaan dengan datangnya bulan Ramadan. Hari pertama puasa di Brasil jatuh pada Sabtu 28 Juni tepat saat dimulainya persaingan di babak 16 besar Piala Dunia 2014. Kondisi ini menjadi ujian tambahan bagi pemain-pemain sepak bola muslim. Terutama bagi timnas Swiss, dimana separo pemain intinya ialah penganut agama Islam.

Skuad Swiss di Brasil 2014 memiliki banyak pemain dari latar belakang imigran muslim yang berasal dari Albania, Macedonia, Bosnia, Cape Verde dan Pantai Gading. Tim yang kebanyakan adalah pemain muslim dari Albania ini menduduki rangking enam FIFA sebelum perhelatan Piala Dunia Brasil digelar, mengungguli kekuatan tradisonal lainnya seperti Italia, Perancis dan Belanda. Berikut adalah beberapa pemain kunci yang memeluk Islam dalam timnas Swiss

1. Xherdan Shaqiri

Xherdan Shaqiri  adalah pesepakbola profesional keturunan campuran Swiss dan Albania. Warga negara Swiss diperolehnya melalui proses naturalisasi.  Shaqiri disebut-sebut sebagai replikanya Messi karena mencetak hat-trick ke gawang Honduras dan membawa Swiss lolos ke babak 16 besar menghadapi Lionel Messi bersama Argentina di Sao Paulo.

17Xherdan-Shaqiri-1

 

Pemain yang menganut agama Islam ini mulai serius menekuni dunia sepak bola pada tahun 1999, saat bergabung di sektor muda SV Augst. Pada 2001 ia bermain untuk klub sepakbola FC Basel. Penghargaan sebagai pemain terbaik pun berhasil disabetnya saat bermain di turnamen Nike Cup 2007 bersama tim Basel U-15. Di akhir musim 2011-2012 Shaqiri berhasil mengantarkan Basel merebut dua gelar sekaligus, yaitu Juara Swiss Cup dan Liga Championship.

Rupanya penghargaan itu mulai menjadi jalan terang bagi karir Shaqiri, kecepatan dan performa yang dimilikinya menghasilkan pujian di kalangan dunia persepakbolaan. Pemain yang menempati posisi gelandang itu pun mendapat tawaran bermain di tim raksasa Jerman, Bayern Munchen, selama 4 tahun. Shaqiri bermain sebagai pelapis Franck Ribery di Bayern Muenchen sebagai sayap kiri, sementara di Swiss Shaqiri bermain sebagai gelandang serang.

2. Philippe Senderos

Mantan punggawa Arsenal dan AC Milan Philippe Senderos, yang kini membela klub Liga Primer Inggris lainnya, Fulham, juga merupakan pemain Swiss yang menganut agama Islam.

Saat kuliah dulu, Senderos memang mengambil jurusan teologi. Dia mengaku sangat tertarik mempelajari berbagai macam agama di dunia dan menghabiskan waktunya di luar sepakbola untuk membaca pelajaran agama sebelum akhirnya menganut ajaran Islam.

184719442U

 

Pemain kelahiran 14 Februari 1985 itu mengawali karier sebagai pemain yunior Servette. Senderos pernah bermain untuk tim utama Servette, Arsenal, A.C. Milan dan Everton sebelum bergabung dengan Fulham pada bulan Juni 2010 lalu. Senderos kini memperkuat timnas Swiss sejak bulan Maret 2005 silam.

3. Haris Seferovic

Striker Real Sociedad, yang lahir pada Februari 1992, memulai karir sepakbolanya pada usia 7 tahun. Dijuluki sebagai salah satu talenta terbaik Swiss, pesepakbola muslim kelahiran Bosnia ini dipilih untuk membela Swiss di Piala Dunia 2014.

Seferovic telah memainkan pertandingan internasional pertamanya pada 2009  bersama timnas Swiss U17. Dan Ia memenangi Piala Dunia U17 di Nigeria dan menjadi pencetak gol terbanyak turnamen tersebut dengan raihan 5 gol. Kini, striker dengan tinggi 187 cm ini telah mencatakan 12 pertandingan internasional dengan mencetak 2 gol. Gol Seferovic di menit 92 dalam pertandingan Swiss melawan Ekuador menjadi penentu kemenangan pertama negaranya di Piala Dunia 2014.

Haris Seferovic

 

 4. Gokhan Inler

Gokhan Inler lahir di Olten, Swiss pada 27 Juni 1984. Dia adalah seorang muslim yang berasal dari Swiss. Banyak yang berpendapat bahwa Inler berdarah Turki. Inler berposisi sebagai defense midfielder yang kini membela klub Italia yaitu Napoli. Passing akurat nya sangat baik sehingga pernah menjadi incaran banyak klub Eropa. Di Napoli, dia merupakan gelandang andalan klub Italia tersebut. Sama seperti di Napoli, timnas Swiss pun tak sungkan memberikannya tempat di skuad utama Swiss walaupun Swiss memiliki banyak gelandang bertahan yang sangat berkualitas.

Gokhan Inler

 

5. Valon Behrami

Gelandang 29 tahun yang lahir di Kosovo ini juga menganut agama Islam. Ia mulai menemukan gairah dan cinta pada sepak bola di usia 13 tahun. Pesepakbola dengan tinggi 184 ini memainkan pertandingan internasional pertamanya di skuad Swiss melawan Perancis pada bulan Oktober 2005. Behrami telah tampil di berbagai ajang internasional, termasuk di Piala Dunia Jerman 2006, Afrika Se-latan 2010 dan UEFA Euro 2008. Piala Dunia Brasil 2014 akan menjadi turnamen internasional keempat pemain tengah ini.

Valon Behrami

 

TAMBAHAN

Admir Mehmedi

Lahir pada Maret 1991 di Makedonia, Mehmedi menjadi salah satu pemain muslim yang dipanggil untuk memperkuat skuad Swiss di Piala Dunia 2014. Menghabiskan sebagian besar karir masa mudanya di FC Winthertu, Albania, Mehmedi memainkan pertandingan internasional pertamanya saat Swiss menghadapi Inggris pada bulan Juni 2014.

1646862_w2

 

Bermain untuk Swiss di UEFA European U-21 Championship 2011, pemain depan ini membuat debut internasional pertamanya dalam tahun yang sama. Mehmedi, dengan tinggi 183 cm, memiliki catatan bermain internasional 22 kali dan menorehkan dua gol internasional. (**)

 

Sumber : Dari berbagai sumber, old.uniknya.com, Juni 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com