5 Kontroversi Piala Dunia dalam 5 Tahun Terakhir

[UNIKNYA.COM]: Piala dunia merupakan Kompetisi sepak bola antar negara yang berlangsung 4 tahun sekali, piala dunia terakhir sukses diselenggarakan di Afrika Selatan dengan Spanyol keluar sebagai pemenang. Dalam 5 piala dunia terakhir, Korea Selatan dan Afrika Selatan menjadi tuan rumah untuk pertama kalinya dan sekaligus menjadi wakil pertama dari benua mereka karena sebelumnya piala dunia hanya diselenggarakan di benua Eropa dan Amerika. Selain itu terdapat beberapa moment kontroversial yang dilakukan para pemain dan berikut old.uniknya.com merangkum 5 Kontroversi Piala Dunia dalam 5 Tahun Terakhir.

 

1. Kekalahan memalukan Perancis sebagai juara bertahan

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Kekalahan memalukan Perancis sebagai juara bertahan(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

 

Peristiwa ini merupakan peristiwa buruk untuk para penggemar Perancis ketika Tim Sepakbola kesayangan mereka tampil mengecewakan di Piala Dunia tahun 2002 di Kore-Jepang. Perancis tidak lolos pada babak kualifikasi grup karena menderita 2 kekalahan dan satu hasil imbang, bahkan tanpa mencetak satu kali pun gol ke gawang lawan. Pada pertandingan pertama, Perancis dikalahkan Senegal 1-0, kemudian ditahan imbang uruguay tanpa gol sebelum dipermalukan denmark 2-0. Hasil yang mengejutkan karena sebelumnya Perancis menjuarai Piala dunia 1998 dan Juara Euro tahun 2000.

 

2. Jung-Hwan dipecat Perugia karena mengalahkan Italia

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Jung-Hwan dipecat Perugia karena mengalahkan Italia(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

 

Salah satu momen luar biasa dalam Piala dunia 2002 di Korea-Jepang adalah lolosnya Korea Selatan ke babak semifinal. Namun pada pertandingan babak 16 besar yang mempertemukan Korea Selatan dengan Italia diwarnai dengan gol kontroversial Ahn Jung-Hwan pada menit perpanjangan waktu yang membuat Italia tersingkir dari Piala Dunia. Ahn Jung-Hwan yang pada saat itu bermain di Italia bersama klub Perugia mendapat perlakuan tidak adil karena gol yang dicetaknya ke gawang Italia. Perugia memecatnya tanpa alasan yang jelas dan semua klub Italia menolak jasanya.

 

3. Tendangan David Beckham terhadap Diego Simeone

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Tendangan David Beckham terhadap Diego Simeone (Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

 

Pada piala Dunia 1998 di Perancis, Inggris bertemu Argentina di babak 16 besar. Di awal babak kedua, David Beckham dijatuhkan oleh Diego Simeone dan berujung kartu kuning terhadap Diego. Namun perlakuan buruk ditunjukkan David Beckham terhadap Diego dengan membalas tendangan ke kaki Diego. Wasit yang melihat peristiwa itu langsung memberi Beckham kartu merah. Saat ini Beckham meghabiskan sisa karirnya di Amerika dengan berbagai ancaman dari pendukung Amerika Latin.

 

4. Trik Kontroversial Rivaldo

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Trik Kontroversial Rivaldo(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

 

 

Pada Piala dunia 2002 saat pertandingan grup antara Brazil dengan Turki, pemain Brazil Rivaldo melakukan akting yang memalukan. Saat itu Rivaldo akan mengeksekusi tendangan sudut untuk Brazil namun bola masih berada di lapangan. Karena pertandingan segera berakhir pemain Turki Hakan Unsal memberikan bola kepada Rivaldo dengan cara menendang ke arahnya. Karena tendangannya, bola pun mengenai paha Rivaldo dan iapun terjatuh, namun anehnya Rivaldo justru menggeliat kesakitan sambil menutupi wajahnya. Unsalpun di usir karena kartu kuning kedua, dan Rivaldo pun didenda FIFA karena aksi diving tersebut.

 

5. Tandukan Zidane terhadap Materazzi

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Tandukan Zidane terhadap Materazzi (Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

 

Zinedine Zidane dapat dikatakan sebagai pemain sepak bola terbaik dari generasinya dan akan tercatat dalam sejarah sepak bola. Pada tahun 2006, Zidane berniat untuk mengakhiri karir sepak bola profesionalnya. Namun karirnya justru berakhir dengan peristiwa tidak sportif Zidane dengan menanduk pemain belakang Italia Marco Materazzi. Zidane melakukan tindakan tersebut karena ia merasa keluarganya dilecehkan oleh Materazzi dan berujung tandukan Zidane ke dada Materazi. Zidane pun keluar lapangan karena kartu merah pada menit tambahan waktu.(**)

Sumber: Dari berbagai sumber, old.uniknya.com,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com