5 Tumbuhan Teraneh di Dunia

Tuhan menciptakan bumi tidak hanya untuk dihuni oleh manusia dan hewan,  meskipun tidak bergerak namun tumbuhan punya hak hidup yang sama lho dengan makhluk lainnya.

Tumbuhan biasanya tumbuh berkembang di tempat yang sesuai dengan habitatnya, misalnya tumbuhan gangang hanya tumbuh di tempat dengan tingkat kelembapan tinggi.

Selain tumbuhan ada pula tanaman, apa sih bedanya? jelas beda dong, tumbuhan biasanya tumbuh secara alami sedangkan tanaman memang sengaja ditanam oleh manusia untuk diambil hasil buahnya.

Walaupun dihasilkan dengan cara yang sama, tumbuhan dan tanaman mempunyai karakteristik yang sama, tidak bergerak, tidak mempunyai anatomi tubuh layaknya manusia dan hewan, tetapi hidup, artinya ia bisa tumbuh menjadi besar, memiliki benih keturunan dan akhirnya mati.

Ada jutaan jenis tumbuhan yang ada di muka bumi, saking banyaknya mustahil bagi manusia untuk menghafal satu per satu nama dan jenisnya.

Tetapi Sobat uniknya ada beberapa tumbuhan yang sangat menarik karena memiliki keunikan yang langka. Berikut adalah tumbuhan-tumbuhan yang memiliki keunikan yang langka:

 1.   Jamur Berdarah

Tumbuhan pertama yang aneh tapi nyata ini bernama hydnellum peckii atau jamur gigi berdarah, dari sekian banyak jenis yang biasa kita temukan, jamur yang satu ini termasuk yang paling unik dan tak bisa dimakan.

Dunia jamur memang sangat beragam, ada jamur yang lezat bila diolah jadi masakan misalnya digoreng, dijadikan campuran telur, bakso, sup dan masakan lainnya,, ada juga jamur yang mempunyai efek halusinogen dan banyak dicari oleh ahli pengobatan, namun ada juga jamur yang bisa membuat anda bermain gitar sepanjang malam karena gatal,, bahkan sebagian sangat beracun,,

Nah, jamur yang ada di video ini salah satu jamur yang barusan kita bahas, tapi yang jenis ini tidak bisa dimakan,, meskipun tak bisa dimakan ternyata jamur ini cukup populer di dunia, dikarenakan jamur ini mempunyai keunikan yang aneh.

Keunikan pertama terletak pada bentuknya yang berbintil merah seperti darah, itu sebabnya jamur ini dijuluki jamur berdarah.

Selain mengeluarkan bintil merah, jamur ini juga menghasilkan spora pada permukaan vertikal duri yang menggantung di permukaan tubuh buahnya.

Jamur ini termasuk anggota dari genus hydnellum dari famili bankeraceae, spesiesnya sendiri adalah hydnoid, dan dengan mudah ditemukan di amerika utara, eropa dan pada tahun 2008 lalu ditemukan juga di Iran.

karena masuk dalam spesies mikoriza, jamur ini punya hubungan mutualisme atau saling menguntungkan dengan berbagai pohon konifer, tumbuh dengan dua cara, tersebar sendiri-sendiri dan juga menyatu dalam massa yang jumlahnya acak.

bagian buah jamur ini biasanya memiliki topi berbentuk corong dengan tepi yang berwarna putih, tapi jika dikumpulkan, bentuknya ternyata bervariasi.

saat masih berusia muda badan buahnya lebih lembab sehingga just merah terang berisi pigmen akan merembes, zat merah ini dikenal memiliki sifat antikoagulan yang mirip heparin.

alasan lain mengapa jamur ini tidak dimakan karena menurut para ahli jamur ini rasanya sangat pahit dan tajam meskipun dipercaya terdapat senyawa kimia yang berguna untuk kesehatan manusia.

Jamur berdarah

Jamur berdarah

2. Ubi Berbentuk Manusia

Di Cina ada fenomena unik dan aneh, yaitu ditemukannya ubi yang mirip tubuh manusia, tidak hanya mirip tetapi sangat mirip bahkan memiliki ciri-ciri berupa jenis kelamin pria dan wanita.

Waduh, apa benar ya? meskipun sulit dipercaya tetapi fenomena unik ini memang benar terjadi di cina.

Ubi berbentuk tubuh manusia ini pertama kali ditemukan oleh seorang petani di cina, tepatnya di provinsi langzhong bernama zheng dexun.

Penemuan tentu saja menarik perhatian umum, mereka pun berbondong-bondong ke tempat tersebut untuk melihat secara langsung ubi yang dimaksud.

Ubi tersebut punya bagian tubuh nyaris lengkap sebagaimana tubuh manusia, misalnya di bagian kepala terdapat mata dan hidung yang menonjol, kemudian mempunyai tangan, kaki serta tonjolan dada dan juga lekukan perut.

Uniknya ubi tersebut juga memiliki jenis kelamin sehingga membuat siapapun yang menyaksikan akan terheran-heran dan mulai percaya dengan hal-hal klenik.

Kejadian ini bukanlah yang pertama kali terjadi di cina, sebelumnya juga ditemukan ubi yang mirip dengan tubuh manusia tetapi tidak berpasangan, penemuan zhen merupakan kejadian paling aneh yang pernah terjadi di provinsi itu.

Karena tertarik dengan temuan ini, seorang penduduk kemudian membeli ubi tersebut dengan harga 600 yuan atau sekitar 1.200.000 rupiah.

Selidik punya selidik ternyata ia sengaja membeli ubi tersebut untuk kemudian diberi tempat yang layak agar siapapun bisa melihatnya.

 Ubi Berbentuk Manusia

Ubi Berbentuk Manusia

3. Buah Pir Berbentuk Budha

Tumbuhan yang satu ini tergolong unik walaupun dihasilkan dari hasil rekayasa. Adalah seorang petani bernama hao xianzhang yang berhasil menemukan cara jitu untuk merubah bentuk buah pir yang biasanya bulat menjadi bentuk budha bertapa, lho kok bisa ya? itulah hebatnya pria ini.

Itu sebabnya buah pir berbentuk patung budha ini hanya bisa ditemukan di cina, kalaupun anda temukan di negara lain, sudah barang tentu asalnya dari cina.

Entah bagaimana cara kerjanya namun hao xianzhang menghabiskan waktu 6 bulan untuk bisa mendapatkan bentuk yang paling mendekati patung budha.

Terobosannya ini lantas membuat buah dari hasil kebunnya laris manis hingga ke mancanegara di antaranya sampai ke jepang dan dalam waktu dekat akan diekspor ke eropa terutama inggris.

Wah hebat ya…

[UNIKNYA.COM]: Pengen tahu kan bagaimana caranya membuat buah pir ini bisa berbentuk patung budha,, ternyata hao membungkus satu per satu buah pir saat masih berukuran kecil dengan menggunakan plastik yang sudah dirancang sedemikan rupa,, setelah dibungkus buah dibiarkan tumbuh hingga kemudian lekukan buah mengikuti cetakan plastik yang berbentuk patung budha.

Wah, bisa dibayangkan ya bagaimana repotnya membungkus semua buah pir yang sedang berbuah.

Tapi kerja keras hao terbayar sebab buah ini dibanderol sangat mahal, untuk 1 buahnya saja anda harus merogoh kocek hingga 5 poundsterling atau mancapai 100 ribu rupiah.

Walah mahalnya…

Tapi jangan salah pemirsa, meskipun dijual dengan harga sangat mahal buah pir ini laris manis tanjung kimpul lho, dikarenakan bentuknya yang unik.

 

Buah Pir Berbentuk Budha

Buah Pir Berbentuk Budha

4.Pohon Kelapa Cabang 15

Aneh tapi nyata, barangkali ungkapan ini paling pas untuk menggambarkan keanehan yang terjadi pada pohon kelapa milik bapak karyana, seorang petani di desa watulawang pejagoan kebumen.

Tanpa firasat apapun, pak karyana menanam kelapa tersebut di pekarangan rumahnya, ia pun mengaku tak pernah memperlakukan pohon itu dengan istimewa, apalagi pohon kelapa memang tak perlu mendapatkannya.

Tapi betapa terkejutnya pak karyana ketika menemukan pohon kelapa yang ia tanam tiba-tiba mengeluarkan cabang.

Tak tanggung-tanggung, pohon kelapa yang masih setinggi kurang dari 2 meter tersebut memiliki 15 buah cabang yang keluar dari batang utama.

Keunikan ini lantas menyebar dari mulut ke mulut dan masyarakat sekitar banyak yang datang untuk membuktikan sendiri kebenaran isu tersebut.

Kelapa Bercabang 15

Kelapa Bercabang 15

5.Kelapa Bercabang Empat

Pohon kelapa bercabang tidak hanya bisa ditemukan di kebumen, di sulawesi selatan, tepatnya di desa lalong kabupaten banggai kepulauan fenomena serupa juga dapat ditemukan, dan kali ini pohon bercabang tersebut sudah sangat tinggi sehingga setiap cabangnya bisa dilihat dengan sangat jelas.

Meskipun memiliki cabang berjumlah empat, pohon utamanya terlihat tumbuh dengan sempurna dan buahnya pun lebat, pemilik pohon tersebut sering memanfaatkan buah dari pohon unik ini untuk berbagai keperluan.

Fenomena unik ini mungkin di luar nalar manusia, sebab pada umumnya pohon kelapa kan tidak bercabang, dan ini cuma ada di Indonesia lho..

Pohon Kelapa Cabang 15

Pohon Kelapa Cabang 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com