Kelahiran 22 Desember (John Patitucci)

[UNIKNYA.COM]: John Patitucci (lahir di Brooklyn, New York, Amerika Serikat, 22 Desember 1959) adalah seorang pemain bass jazz asal Amerika Serikat. Mulai terdengar eksistensinya ketika bergabung dalam Chick Corea Elektric Band dan Chick Corea Acoustic Band. Ia memainkan kedua jenis instrumen bass, baik elektrik maupun bass akustik. Ia juga pernah meraih 2 Grammy Award untuk kategori pemain bass terbaik dan komposisi terbaik.

John-Patitucci-2

(sumber : blogspot.com)

John-Patitucci-1

John Patitucci mulai belajar bermain bass di usia 11 tahun dan mempelajari piano di usia 16 tahun, tumbuh dewasa di California bagian Utara. Di usianya yang sama, ia mulai berpindah jalur, dari kesukaannya memainkan musik soul dan rock menjadi jazz, blues dan musik klasik. Karena kepandaian dan seleranya menyebabkan ia senang untuk mencoba berbagai jenis aliran musik, baik sebagai pemain ataupun pencipta lagu. Kemudian pada tahun 1978 ia pindah ke daerah selatan di Los Angeles. Pada tahun 1979, selepas SMA ia mulai bergabung dengan Gap Mangione, dan di saat yang bersamaan ia juga mempelajari bass akustik dengan dasar musik klasik di San Francisco State University dan Long Beach State University. Kemudian di antara tahun 1982-1985, ia mulai banyak bermain dengan pemain-pemain jazz ternama seperti; Tom Scott, Robben Ford, Stan Getz, Larry Carlton, Dave Grusin, Ernie Watts, Freddie Hubbard, dan lain-lain. Di samping itu, ia juga sering mengisi rekaman bersama musisi-musisi tersebut. Pada tahun 1985 mulai bergabung bersama Chick Corea dan setelah itu menghasilkan banyak rekaman bersamanya, di bawah label GRP Record.

 

Sumber : wikipedia.org, blogspot.com, old.uniknya.com, Desember 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com