5 Konspirasi Tentang Manusia Raksasa Cardiff

[UNIKNYA.COM] Sobat Unik, penemuan sebuah batu yang diperkirakan sebuah fosil manusia raksasa di daerah Cardiff, New York ini adalah sebuah kebohongan belaka. Kasus ini pernah menjadi trend pada tahun 1869, sehingga banyak para ahli dan publik dunia meneliti tentang kebenaran patung tersebut. Berikut kami rangkum 5 konspirasi dibalik penemuan manusia raksasa Cardiff tersebut, sebagai berikut :

1. Pengunjung

Setelah penemuan patung tersebut, William G Newell selaku pemilik areal pertanian tersebut memasang tenda dan memungut retribusi kepada pengunjung yang datang sebesar 50 sen per orang. Pada hari biasa, pengunjung tempat tersebut berjumlah ratusan, namun ketika hari libur, pengunjungnya bisa mencapai 2000 orang. Kemudian ia menjual hak penemuan patung tersebut sebesar 75 % kepada 5 orang pedagang yang dipimpin oleh David Hannum. Dari hal tersebut, William mendapatkan keuntungan bersih 37.500 dollar.

(sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

Pengunjung(sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

 

2. Patung Pahatan

Pada 5 November 1869, David Hannum beserta rekan-rekannya memindahkan patung tersebut ke Kota Syracuse untuk dipamerkan kepada masyarakat. Kemudian patung tersebut akan dipamerkan untuk keliling New York, bahkan keliling Amerika Serikat.

Surat kabar Pioneer mengecam dan mengungkap konspirasi mereka tentang fosil manusia raksasa tersebut. Majalah tersebut menyebutkan bahwa fosil tersebut hanyalah sebuah patung karya seorang pemahat dari Kanada.

(sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

Patung Pahatan(sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

3. Paleontologi

Para peneliti semakin penasaran untuk meneliti patung tersebut. Kemudian seorang paleontolog dari Universitas Yale Othiniel C Marsh menyatakan bahwa fosil manusia tersebut hanya sebuah kebohongan. Dia menemukan sejumlah tanda yang menyatakan bahwa fosil itu merupakan sebuah patung buatan.

Hal tersebut didukung oleh para ahli lainnya yang menyatakan bahwa bahan patung tersebut adalah gipsum dan juga mereka menemukan bekas pahatan di bagian tubuh fosil tersebut.

(sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

Paleontologi(sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

4. Kasus Terbongkar

Akhirnya kontroversi tentang patung tersebut terkuak, dengan adanya bukti transaksi uang kepada George Hull dari William tentang proyek patung. Kemudian penduduk setempat pernah melihat George Hull mengirimkan sebuah peti besi yang besar ke daerah pertanian William dan kemudian melakukan penimbunan di areal tersebut.

(sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

Kasus Terbongkar(sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

5. Ahli Pahat

Penyelidikan dari kepolisian bahwa George Hull pernah membeli bongkahan gipsum dari sebuah kawasan pertambangan Fort Dodge, Iowa. Kemudian George mengirimkan gipsum tersebut ke Chicago dan menyewa seorang ahli pahat dari Jerman untuk membuat patung.

Kemudian setelah patung selesai, George menyiramkan bahan kimia pada patung tersebut agar terlihat kuno dan telah mengalami korosi waktu. George juga menggunakan jarum baja untuk membuat lubang yang menyerupai pori-pori sebuah fosil manusia. Biaya yang dikeluarkan untuk membuat patung tersebut diperkirakan mencapai 2.600 dollar.

(sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

Ahli Pahat(sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

 

 

Sumber : WordPress.com, old.uniknya.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com