5 Misteri Tentang Pendaratan Pertama Manusia di Bulan

[UNIKNYA.COM] Pada tanggal 20 Juli 1969, pesawat luar angkasa yang bernama Apollo 11 berhasil mendarat di bulan dan kembali dengan selamat. Pesawat ini diawaki oleh Neil Amstrong, Edwin Aldrin, dan Michael Collins.

Peristiwa ini disiarkan di televisi dan yang sangat terkenal adalah ucapan dari Neil Amstrong “Inilah sebuah langkah kecil bagi (seorang) manusia, satu langkah besar bagi kemanusiaan”.

Namun beberapa kalangan berasumsi peristiwa tersebut hanya bohong belaka. Berikut kami rangkum 5 misteri tentang pendaratan pertama Apollo 11 di bulan,sebagai berikut :

1. Apollo

 

Menurut Bill Kaysing, seorang penulis buku “We Never Went To The Moon” menyatakan bahwa perhitungan untuk keberhasilan pendaratan di bulan yaitu 0,0017 % atau 1 : 60,000. Hal tersebut informasi dari Rocketdyne Company yang berdasarkan pada pengetahuan mereka akan teknologi pada masa itu.

 

(sumber : blogspot.com, old.uniknya.com)

Bill Kaysing (atas) (sumber : blogspot.com, old.uniknya.com)

 

Selain itu, misi-misi Apollo sebelum Apollo 11 terjadi banyak masalah yang tidak bisa ditangani oleh NASA. Namun hal yang aneh yaitu saat pada penerbangan dan pendaratan Apollo 11 sangat berjalan mulus, tanpa ada masalah sedikit pun.

 

2. Kualitas Video

 

Pendaratan pertama di Bulan harusnya dipersiapkan dengan baik, namun yang terjadi adalah video pendaratan Apollo 11 menggunakan gambar hitam-putih dengan scan rate 10 frame perdetik. Sehingga saat disiarkan di televisi, mereka menggunakan TV layar 10 inch lalu kemudian direkam kembali dengan kamera televisi agar mencapai standar kualitas gambar di televisi Amerika yaitu 30 frame perdetik.

 

(sumber : blogspot.com, old.uniknya.com)

Kualitas Video (sumber : blogspot.com, old.uniknya.com)

 

Hal yang aneh ketika NASA tidak mempersiapkan hal tersebut secara matang pada pendaratan Apollo 11.

3. Foto yang Sempurna

 

Foto yang dihasilkan pada saat pendaratan Apollo 11 yaitu dari film transparansi yang dibuat oleh Eastman Kodak. Film ini biasa digunakan pada pembuatan film bergerak. Namun setibanya di bulan, film ini tidak terganggu sedikit pun, padahal dengan tanpa adanya sistem konveksi dan konduksi pada wadah film tersebut, maka ssherusnya film tersebut akan terbakar karena radiasi yang sangat panas; namun ternyata hasil fotonya menyatakan baik-baik saja.

 

(sumber : blogspot.com, old.uniknya.com)

Foto pendaratan Apollo 11 (sumber : blogspot.com, old.uniknya.com)

 

4. Langit yang Tanpa Bintang

 

Dalam foto-foto yang dihasilkan pada misi Apollo 11 tidak ada yang memperlihatkan adanya bintang pada langit-langitnya. Bill Kaysing mengatakan bahwa NASA telah berbohong tentang pendaratan tersebut karena tidak memperlihatkan bintang.

 

(sumber : blogspot.com, old.uniknya.com)

Langit yang tanpa bintang di bulan (sumber : blogspot.com, old.uniknya.com)

 

Astronot Apollo 11 juga menyatakan bahwa mereka tidak bisa melihat cahaya bintang dikarenakan terangnya permukaan bulan. Namun ketika misi Apollo 17, astronot Gene Cernan menyatakan dapat melihat dengan jelas bintang ketika di bulan.

 

5. Sumber Cahaya yang Aneh

 

Foto yang dihasilkan dari misi Apollo 11 ini yang yang aneh, yaitu ada ketidaksamaan bayangan yang dihasilkan. Sehingga ketika melihat hasil foto tersebut, berasumsi bahwa terdapat sumber sinar lainnya.

 

(sumber : blogspot.com, old.uniknya.com)

Sumber cahaya yang aneh (sumber : blogspot.com, old.uniknya.com)

 

Apakah benar misi Apollo 11 ini berhasil mendarat di bulan untuk pertama kalinya? Hal tersebut masih banyak menimbulkan kontroversi dan misteri (**).

 

 

Sumber : WordPress.com, old.uniknya.com, Januari 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com