Festival Monolog Mahasiswa Nasional (STIGMA) 3, Menghidupkan Kembali Monolog Nasional

Oleh : Ivany/Erwin Kusumah

BANDUNG. FOKUSJabar.com : Monolog sebagai  ilmu terapan dari seni peran atau teater  merupakan wadah  untuk mengembangkan kemampuan olah karakter seseorang. Dalam satu kali pementasan monolog, pemainnya bisa memerankan berbagai macam karakter. Inilah yang kemudian menjadi daya tarik tersendiri dalam monolog.

STIGMA 3 – Festival Monolog Mahasiswa Nasional

STIGMA 3 – Festival Monolog Mahasiswa Nasional

Namun, dibalik keunikan yang tersimpan di dalam monolog, banyak orang yang telah melupakannya. Mahasiswa sekalipun lebih banyak menitik beratkan perhatiannya pada teater yang dimainkan lebih dari satu orang sehingga monolog acap kali terlupakan. Oleh sebab itu, muncullah gagasan untuk menghidupkan kembali monolog mahasiswa dengan diadakannya Festival Monolog Mahasiswa Nasional (STIGMA).

Nelly Sukma Ismara dalam Lakon Dua Cinta, karya Nano Riantiarno (Foto : Hanan Yushara)

Nelly Sukma Ismara dalam Lakon Dua Cinta, karya Nano Riantiarno
(Foto : Hanan Yushara)

Acara yang dilaksanakan dua tahun sekali ini akan dilaksanakan pada bulan Desember mendatang yaitu STIGMA 3, mengiringi kesuksesan yang diraih oleh STIGMA 1 pada tahun 2009 di Makassar dan STIGMA 2 pada tahun 2011 di Samarinda. Bandung, Jawa Barat, untuk saat ini dipercaya sebagai tuan rumah STIGMA 3 yang akan dilaksanakan pada tanggal 2 hingga 8 Desember 2013 oleh Gelanggang Seni Sastra Teater dan Film Universitas Padjadjaran (GSSTF Unpad). STIGMA 3 kembali diadakan karena dirasakan dari tahun ke tahun jumlah teater mahasiswa yang berminat untuk mengikuti STIGMA bertambah. Ini harus diartikan sebagai bukti,  bahwa seni monolog mulai banyak  diminati oleh kalangan mahasiswa.

Deandra Syarizka dalam lakon Demokrasi, Karya Putu Wijaya. (Foto : Made Mahardika)

Deandra Syarizka dalam lakon Demokrasi, Karya Putu Wijaya.
(Foto : Made Mahardika)

Diharapkan STIGMA 3 bisa menuai kembali kesuksesan yang telah diraih oleh dua STIGMA sebelumnya. Dengan begitu, tujuan awal diadakannya acara ini bisa tercapai dengan baik. Namun, tanpa adanya bantuan dan dorongan dari berbagai pihak, tentunya acara ini tidak akan berlangsung dengan sukses dan tujuan awal sulit tercapai.

“Untuk itu diharapkan berbagai pihak dapat membantu dan turut bekerjasama dalam menyukseskan STIGMA 3 ini. Bantuan apapun, besar atau kecil, baik itu berupa materi maupun moral sangat dihargai demi terciptanya teater mahasiswa yang lebih baik khususnya teater monolog,” kata Pimpinan Produksi STIGMA 3 Fia Angraini, Selasa (29/10).

Untuk Informasi dan Donasi silahkan hubungi kontak dibawah ini :

Contact Person : 085299430333 (Hanan Yushara)

No rekening : 0282446101, bank BNI’46 ,  a.n. Novi Astuti

stigma3.tumblr.com

STIGMA-3-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com