5 Film yang Bermuatan Scientologi

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Film merupakan gambaran kehidupan manusia yang dikemas secara fiksi maupun non-fiksi. Secara fiksi kehidupan masyarakat digambarkan lebih maju bahkan di luar nalar sekalipun. Di era modern film dijadikan sebagai media propaganda, seperti isu scientologi yang sedang ramai disorot media massa. Scientologi merupakan sebuah kepercayaan yang bertujuan merehabilitasi jiwa untuk memperoleh kebebasan absolut (mutlak). Karenanya tidak sedikit film-film fiksi yang diduga memiliki muatan scientologi. Berikut old.uniknya.com merangkum 5 film yang Bermuatan Scientologi:

1. Oblivion (2013)

Sutradara: Joseph Kosinski

 Oblivion (2013) (blogspot.com, old.uniknya.com)

Oblivion (2013) (blogspot.com, old.uniknya.com)

Tidak hanya dibintangi oleh aktor yang diduga menganut agama scientology, Tom Cruise, Oblivion yang dirilis pada 2013 dianggap bermuatan scientologi. Para kritikus film mengatakan bahwa semua elemen scientologi termasuk gerejanya digambarkan di dalam film tersebut. Bahkan kepercayaan akan adanya mahluk asing yang hidup di luar planet bumi, digambarkan secara gambalang di film Oblivion.

2. The Master (2012)

Sutradara: Paul Thomas Anderson

The Master (2012) (blogspot.com, old.uniknya.com)

The Master (2012) (blogspot.com, old.uniknya.com)

Film sains – fiksi besutan sutradara Paul Thomas Anderson, The Master yang dirilis 2012 lalu pun tidak lepas dari dugaan muatan scientology. Film yang dibintangi oleh Phillip Seymour Hoffman (Lancaster Dodd), mengisahkan seorang penulis menjadi seorang filsuf yang bermimpi membuat sistem keyakinan baru dengan nama The Cause. Kekuatan kata-kata yang digunakan ketika mengajar, meyakin semua murid untuk menjadi pengikutnya.
Dugaan scientologi terlihat pada teknik dan metode yang digunakan Lancaster Dodd. Teknik tersebut tidak jeuh berbeda dengan yang dimiliki oleh L. Ron Hubbard (pemuka scientologi) dalam menyebarkan gerakan-gerakannya.

3. Knowing (2009)

Sutradara: Alex Proyas

 Knowing (2009) (blogspot.com, old.uniknya.com)

Knowing (2009) (blogspot.com, old.uniknya.com)

Knowing yang dirilis pada 2099, disutradarai oleh Alex Proyas, merupakan film sains-fiksi yang secara terang-terangan memperlihatkan gerakan scientologi. ‘Knowing’ mengisahkan mitos-mitos, simbol dan citra yang terdapat di dalam scientologi, termasuk isu alien. Tidak berhenti di situ saja, kehadiran aktor Nicholas Cage yang menikah dengan Lisa Marie Presley (penganut setia scientologi) pun tidak luput dari sorotan.

4. Battlefield Earth (2000)

Sutradara: Roger Christian

Battlefield Earth (2000)  (blogspot.com, old.uniknya.com)

Battlefield Earth (2000) (blogspot.com, old.uniknya.com)

Sementara film sains-fiksi Battlefield Earth yang dikabarkan meniru Star Trek ataupun Star Wars, merupakan film yang didasarkan pada salah satu buku popular karya L Ron Hubbard yang menceritakan kelahiran Gereja Scientologi. Tak heran di dalam film besutan sutradara Roger Christian, banyak memperlihatkan teknik dan metode pengajaran scientologi.

Hingga saat ini Battlefield Earth dikenal sebagai film yang paling scientologi di antara film lainnya yang pernah dibuat.

5. Phenomenon (1996)

Sutradara: Jon Turteltaub

Phenomenon (1996) (blogspot.com, old.uniknya.com)

Phenomenon (1996) (blogspot.com, old.uniknya.com)

Film sains-fiksi merupakan awal kembalinya John Travolta setelah sekian lama meninggal dunia layar perak. Film Phenomenon yang dirilis pada 1996 juga dinilai para kritikus memiliki muatan scientologi. Di dalam film tersebut John Travolta berperan sebagai George Malley, yang memiliki kemampuan mental aneh. Kemampuan aneh itu didapatnya setelah melihat cahaya di langit bertepatang dengan ulang tahunnya yang ke-37. Kemampuan aneh itu meliputi telekinesis, kecerdasan sekaligus kekuatan untuk memformulasikan ide dengan konsep secara komprehensip melebihi manusia pada umumnya.

Tokoh yang diperankan oleh John Travolta mewakili karakter ideal scientologi mengenai manusia yang sempurna.(**)

Sumber: comlex.com, old.uniknya.com, September 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com