5 Festival Unik di Dunia

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Festival seni dan budaya merupakan salah satu cara menghargai, melestarikan dan mewariskan nilai-nilai kearifan lokal kepada generasi selanjutnya. Festival seni-budaya sekarang ini sudah dijadikan sebagai daya tarik wisata sebuah negara, tak heran jika penghayatannya sudah berkurang saking seringnya diadakan. Meski demikian kearifan lokal adalah identitas masyarakat di sebuah wilayah yang harus dijaga, karena dapat hilang tergerus budaya luar yang lebih gencar dan praktis. Berikut old.uniknya.com merangkum 5 festival unik di dunia:

1. Festival Eyo

Festival Eyo (blogspot.com, old.uniknya.com)

Festival Eyo (blogspot.com, old.uniknya.com)

Festival Eyo merupakan perhelatan budaya yang menjadi kebanggaan masyarakat Lagos, Nigeria. Festival unik ini senantiasa dilangsungkan selama satu minggu penuh. Eyos merupakan perayaan masyarakat Lagos, untuk memasangkan mahkota sekaligus melantik raja yang baru. Festival Eyos yang pertama berlangsung pada 1800’an, para peserta berpakaian putih dan berperan sebagai roh. Festival Eyo berlangsung di kawasan Kerajaan Lagos berdiri, Kota Iga Idunganran. Dan selama festival para peserta ataupun pengunjung tidak diperbolehkan merokok, memakai sandal, sepeda dan sepeda motor, dan menyisir rambut dengan rapi.

2. Festival Calgary Stampede

Festival Calgary Stampede (blogspot.com, old.uniknya.com)

Festival Calgary Stampede (blogspot.com, old.uniknya.com)

Jika di Spanyol dan Amerika Latin ada festival banteng dan sapi liar, kemudian di Amerika Serikat terkenal dengan Rodeonya, maka di Kanada festival ketangkasan mengendarai kereta kuda. Bukan kompetisi kereta kuda saja, Festival Calgary Stampede juga para peserta dapat mengikut pawai hias, menikmati pertunjukan musik dan lomba busana cowboy. Festival Calgary Stampede memang berbau ‘Wild West,’ tak heran karena dipengaruhi oleh kebudayaan para Cowboy Amerika di masa lalu.

3. Festival Up Helly Aa

Festival Calgary Stampede (blogspot.com, old.uniknya.com)

Festival Calgary Stampede (blogspot.com, old.uniknya.com)

Masyarakat Skotlandia memiliki cara unik untuk merayakan kemeriahan di masa liburan Natal, yakni dengan menggelar Festival Up Helly Aa di Pulau Shetland. Festival yang berbau era Viking ini sudah dimulai dengan ritual kuno masyarakat Skotlandia di pagi hari. Jangan heran pula para peserta Festival Up Helly Aa berpakaian layaknya ksatria Guizer Jarl (Skotlandia) dan Viking. Para ksatria Guizer Jarl serta Viking ala Skotlandia dan para peserta lainnya akan melemparkan obor dan tongkat api ke perahu naga.

4. Pertempuran Jeruk (Battle of the Oranges)

Pertempuran Jeruk (Battle of the Oranges) (blogspot.com, old.uniknya.com)

Pertempuran Jeruk (Battle of the Oranges) (blogspot.com, old.uniknya.com)

Festival unik yang melibatkan buah jeruk sebagai komponen utama rutin diselenggarakan di Ivrea, Italia, setiap tahunnya. Menurut keterangan masyarakat setempat Festival Perang Jeruk ini telah berlangsuang selama berabad-abad.

Di dalam kecerian para peserta yang saling melemparkan jeruk satu sama lain, ternyata terdapat kisah memilukan yang menjadi awal Festival Perang Jeruk. Beberapa abad yang lalu, Kota Ivrea dikuasai oleh seorang tiran. Pada suatu waktu ia berusaha menyakiti seorang gadis, sayangnya keinginannya tersebut didahului oleh seseorang yang telah memenggal kepala si gadis. Perang Jeruk yang selalu diselenggarakan tiap tahun tersebut ternyata mengisahkan pemberontakan masyarakat Kota Ivrea terhadap penguasa tiran.

5. Festival Lumpur Boryeong

Festival Lumpur Boryeong (blogspot.com, old.uniknya.com)

Festival Lumpur Boryeong (blogspot.com, old.uniknya.com)

Meskipun festival lumpur tidak hanya dimiliki oleh masyarakat Korea Selatan, namun Festival Lumpur Boryeong sangat menarik untuk dicermati. Festival Lumpur Boryeong digagas oleh sebuah perusahaan kosmetika Korea Selatan, namun isu sebenarnya dari diselenggarakan festival adalah sebagai ajang promosi produk kecantikan. Para peserta festival akan dimanjakan oleh lumpur yang memiliki kandungan mineral dan nutrisi yang dapat menghaluskan sekaligus menyehatkan kulit mereka. (**)

Sumber: complex.com, old.uniknya.com, September 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com