5 Maskot Band Metal yang Popular

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Gelombang musik heavy metal mengguncangkan musik dunia, pengaruhnya pun tidak saja di negara-negara maju, negara miskin pun memiliki penggemar dan musisi yang tidak sedikit. Perputaran roda waktu pun melahir banyak genre baru yang berasal dari musik heavy metal, semakin cepat, jelimet, melengking, menggeram dan menakutkan. Kreatifitas yang terdapat di dalam musik heavymetal pun tidak hanya melibatkan musisi saja, melainkan para ilustrator yang menjadikan kemasan sebuah band menjadi lebih garang dan artistik. Tak heran jika band-band heavy metal memiliki maskot yang menjadi ikon tak terlupakan di benak pemerhati dan pecandu musik metal. Berikut old.uniknya.com merangkum 5 maskot band metal dunia yang popular:

 

1. Snaggletooth

Motörhead

(sumber: edgecastcdn.net)

Snaggletooth(sumber: edgecastcdn.net)

Maskot yang dikenal dengan sebuat Snaggletooth merupakan ikon terbaik yang dimiliki oleh band heavy metal Motörhead. Maskot tersebut menyerupai tengkorak anjing ataupun kucing, memiliki taring serta tanduk yang siap merobek tubuh siapapun di dekatnya. Motörhead dimotori oleh vokalis sekaligus basis berbadan tinggi besar, Lemmy Kilmister, merupakan band yang menginspirasi lahirnya band-band heavy metal dan di luar genre metal sekalipun.

 

2. Violent Mind

Kreator

Violent Mind(sumber: edgecastcdn.net)

Violent Mind(sumber: edgecastcdn.net)

Kreator merupakan band thrash metal asal Jerman, yang sempat melakukan turnya di Jakarta, Indonesia, lalu 2010. Violent Mind merupakan salah satu sampul album Kreator yang dirilis pada 1990 bertajuk “Coma of Soul”. Ilustrasi kepala yang sobek berbentuk pentagram ini memperlihatkan adegan-adegan kekerasan dan erotisme, kesan secara keseluruhan adalah sadisme dan sinisme. Ilustrasi ini menjadi maskot setelah kembali muncul setelah 11 tahun tidak digunakan oleh Kreator di dalam artworknya seperti poster, sampul kaset, kaos dan sebagainya.

3. Not Man

Anthrax

Not Man(sumber: edgecastcdn.net)

Not Man(sumber: edgecastcdn.net)

Not Man merupakan mascot milik band heavy metal Anthrax yang unik namun popular, karena tidak pernah dihadirkan di dalam sampul album manapun. Anthrax sendiri memilih mascot yang satu untuk membedakannya dengan mascot yang selama ini dikenal oleh para fansnya, yakni Mr. Potato Head-esque yang hadir di beberapa albumnya. Maskot Not Man muncul hanya pada momen tertentu dalam bentuk merchandise dan poster-poster pertunjukan mereka. Meski demikian pada akhirnya Not Man menjadi mascot istimewa yang akan dikenal oleh para penggemar band yang digawangi oleh Scott Ian.

 

4. Vic Rattlehead

Megadeth

Vic Rattlehead(sumber: edgecastcdn.net)

Vic Rattlehead(sumber: edgecastcdn.net)

Megadeth di awal-awal kelahirannya digembar-gemborkan akan menggeser popularitas band  thrash metal Metallica. Anggapan ini muncul karena sang vokalis sekaligus gitarisnya merupakan mantan gitaris Metallica, serta gesekan antara Dave Mustaine dengan dua motor Metallica, James Hetfield dan Lars Ulrich.

Megadeth sebagai salah satu band thrash legendaris dunia, memiliki maskot yang mereka namakan dengan Vic Rattlhead. Maskot berupa sosok manusia dengan wajah tengkorak, berpakaian ala eksekutif, terlihat sedang menggenggam berlian berwarna hijau di tangan kanannya. Menariknya lagi mata, telinga serta mulut Vic ditutupi oleh lempengan dan tabung logam, ini merupakan cara Megadeth untuk menggambarkan filosofi dari “See no evil, speak no evil dan hear no evil.”

 

5 Jack O Lantern

Helloween

Jack O Lantern(sumber: edgecastcdn.net)

Jack O Lantern(sumber: edgecastcdn.net)

Kembali ke daratan Jerman, terdapat mascot popular yang dimiliki oleh band heavy metal Helloween, yakni Jack O Lantern. Sesuai dengan nama band yang terinspirasi dari nama sebuah perayaan berbau horror dan mistis Halloween, Jack O Lantern merupakan wajah yang terbuat dari buah labu khas Hari Halloween. Berbeda dengan Not Man milik Anthrax, Jack O Lantern selalu hadir di dalam berbagai sampul album yang mereka rilis. Tidak heran jika setiap kali perayaan Halloween dilakukan, maka Jack O Lantern akan selalu mengingatkan para penggemar music metal terhadap band kebanggaan metalhead Jerman, Helloween.(**)

Sumber:  loudwire.com, old.uniknya.com, Agustus 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com