5 Sosok yang Menginspirasi Obama

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Barack Obama, merupakan sosok politikus muda yang tercatat sebagai presiden kulit hitam pertama di dalam sejarah bangsa Amerika Serikat. Tentu saja jalan berkelok menuju orang nomor satu di Amerika Serikat sekaligus di dunia harus ia jalani dan lewati. Obama digembar-gemborkan sebagai pembawa perubahan kepada Amerika dan dunia, gambaran tersebut diperoleh dari sikap dan perilakunya sehari-hari. Sebagai seorang manusia ia tak segan mengakui bahwa banyak orang yang menginspirasi pemikiran dan sikapnya selama ini. Berikut old.uniknya.com merangkum 5 orang yang menginspirasi Barack Obama:

 

1. Samantha Garvey

(Sumber:wordpress.com)

Samantha Garvey(Sumber:wordpress.com)

Perempuan yang menginspirasi Obama adalah Samantha Garvey, seorang siswi sekolah menengah atas. Ibunya seorang perawat, sementara sang ayah berprofesi sebagai supir taksi. Karena kedua orangtuanya tidak mampu membayar sewa rumahnya, mereka pun terusir dan terpaksa hidup menggelandang.

Meski demikian prestasi akademis Garvey sangat hebat, ia masuk ke dalam 300 semifinalis dalam sebuah kompetisi sains nasional. Untuk meraih cita-citanya sebagai juara nasional sains, ia melakukan penelitian tentang kepiting Asia yang menghuni rawa payau di Long Island, sebelah timur kota New York, selama dua tahun.

 

2. Zoe Lihn

Zoe Lihn(Sumber:wordpress.com)

Zoe Lihn(Sumber:wordpress.com)

Seorang gadis kecil mengalami menderita kelainan organ hati di Phoenix. Zoe Lihn membutuhkan biaya yang sangat besar untuk operasinya, namun asuransi yang dimilikinya terlalu sedikit. Semangat Zoe Lihn untuk sembuh, serta keteguhan ibunya, Stacey Lihn yang tidak ingin melihat anaknya hidup cacat. Keduanya adalah sosok yang menginspirasi Obama.

 

3. Marvin Windows and Doors

Marvin Windows and Doors(Sumber:wordpress.com)

Marvin Windows and Doors(Sumber:wordpress.com)

Sementara sebuah lembaga/perusahaan yang kebijakannya membuat Obama terkagum dan terinspirasi adalah Marvin’s Windows and Doors. Ketika resesi ekonomi melanda dunia tidak terkecuali Amerika Serikat, perusahaan yang memperkerjakan 2.000 karyawan dari populasi kota yang hanya 1.700 jiwa, tidak melakukan PHK terhadap satu orang karyawan pun.

“Keadaan ekonomi akan berubah dan ketika itu terjadi kami masih memiliki karyawan yang berbakat dan tim yang solid,” ucap John Kirchner, juru bicara Marvin’s Windows and Doors.

 

4. Taylor Morris

Taylor Morris(Sumber:wordpress.com)

Taylor Morris(Sumber:wordpress.com)

Sosok militer yang menginspirasi Obama adalah Taylor Morris (23), seorang anggota Marinir AS yang kehilangan kakinya di Provinsi Kandahar, Afghanistan. Ketika itu ia bersama anggota marinir lainnya melakukan pembersihan dan penjinakan bom. Namun secara tiba-tiba terjadi sebuah penyerbuan yang dilakukan oleh gerilyawan pemberontak Afghanistan. Dalam upaya berlindung dari serangan musuh, Taylor akhirnya terkena ledakan granat yang memutuskan kakinya.

Keteguhan dan kesabaran Taylor dalam menghadapi kehidupan pasca amputasi itulah kemudian menginspirasi Barack Obama.

 

5. William Shanteau

 William Shanteau(Sumber:wordpress.com)

William Shanteau(Sumber:wordpress.com)

Sosok yang menginspirasi Obama lainnya adalah seorang karyawan toko cat, Chrysler, di Detroit, AS. William Shanteu seorang lelaki yang rendah hati, meskipun ia berhasil memenangkan lotre yang berhadiah 25,1 juta dolar AS. Dengan kesadaran dan kerendahan hatinya, William masih bekerja seperti biasanya. Ia bahkan memberikan sebagian uang hasil lotrenya kepada karyawan lainnya.

Meskipun telah menjadi jutawan, William tidak berniat untuk berhenti bekerja. William dikabarkan telah memiliki mobil mewah, Corvette dan Jeep baru untuk isterinya.(**)

Sumber: huffingtonpost.co.uk, old.uniknya.com, Agustus 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com