Ilmuwan China Berhasil Menumbuhkan Gigi Dengan Urin

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Sekelompok ilmuwan di China telah menumbuhkan gigi dengan menggunakan sel puncak (dewasa) yang berasal dari urin manusia. Penelitian para ilmuwan tersebut memperlihatkan bahwa urin dapat digunakan sebagai sumber sel untuk menyambung struktur gigi yang patah atau kerusakan lainnya.

sumber:blogspot.com,old.uniknya.com

sumber:blogspot.com,old.uniknya.com

Penelitian sel puncak atau sel cikal bakal merupakan aktifitas popular dikalangan kelompok ilmuwan di Institut Kesehatan dan Biomedicine Guangzhou, China. Dan mereka memulai penelitianya dengan menggunakan urin manusia, seperti yang dilaporkan oleh BBC News.

Sel-sel yang berasal dari urin tersebut mereka kumpulkan, dan mengubahnya menjadi sel puncak agar dapat digunakan sebagai implan (cangkokan) gigi. Meskipun proyek penelitian tersebut mendapatkan kritikan, “ namun akhir impian dari penelitian regenerasi gigi manusia adalah untuk terapi kesehatan,” ucap seorang peneliti.

Menurutnya penemuan ini harus menjadi bahan penelitian selanjutnya, hingga benar-benar dapat menjadi inovasi hebat di bidang kedokteran.
Sementara Prof. Chris Mason, seorang peneliti sel puncak dari University College London, mengatakan kepada BBC:”Mungkin urin merupakan sumber sel terburuk, karena hanya memiliki beberapa sel saja yang berguna. Selain itu pertumbuhannya pun cukup lambat.”(**)

Sumber:orange.co.uk, old.uniknya.com, Agustus 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com