5 Penemuan Masa Depan yang Dinanti Banyak Orang (Bagian II – Habis)

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Teknologi yang berkembang dewasa ini, tidak sedikit awalnya berawal dari sebuah mimpi. Bayangkan, bagaimana manusia jaman dahulu, sanggup menerima kenyataan-bahwa manusia kini mampu “berterbangan” sangat tinggi dan kemanapun mereka mampu dengan mengendarai pesawat terbang. Pun demikian dengan beberapa teknologi di bawah ini, yang sudah dinanti banyak orang. Berikut pemaparannya:

 

1. Tiket ke Mars

(sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

Tiket ke Mars(sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

20 Juli 1969, roket Apollo 11 mendaratkan manusia pertama kalinya di bulan. Peristiwa tersebut, merupakan perjalanan terjauh yang pernah dilakukan manusia, sekaligus pertama kalinya juga manusia berdiri pada objek lain di tata surya kita. Dari peristiwa tersebut, awal dimana manusia kemudian bermimpi melakukan perjalanan ke Mars.

Pada awal tahun 1946, ilmuwan roket Jerman-Amerika Dr Wernher von Braun menggambarkan proyek Mars, yang melibatkan tak kurang dari 70 astronout dengan 10 armada pesawat ruang angkasa. Memang ketika itu terdengar sangat ambisius, namun yang pasti proyek itu menandai desain teknis pertama yang komprehensif untuk ekspedisi berawak ke planet merah Mars.

Pada tahun 2010, Presiden Barack Obama menetapkan tujuan meluncurkan misi berawak ke Mars sekitar tahun 2030-an, program yang akan rampung jauh setelah ia pensiun meninggalkan Gedung Putih. Kita akan melihat, apakah itu benar-benar terealisasi.

 

2. Robot Pembantu

Robot Pembantu(sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

Robot Pembantu(sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

Tentu saja, mimpi mengenai robot pembantu tidak sekedar pada teknologi otomatis penghilang debu semata. Apa yang kita tunggu-tunggu adalah robot pembantu rumah tangga yang benar-benar mampu melaksanakan segala sesuatu dari membersihkan toilet hingga memasak kue. Para ahli robot, terus berupaya mengembangkan impian ini hingga berbuah menjadi nyata. Banyak perusahaan berduyun-duyun memamerkan hasil temuannya itu di ajang Japan’s International Food Machinery and Technology yang diselenggarakan setiap. Nantinya, para robot harus mampu bertindak secara sosial, dan diharapkan dapat belajar dari manusia dan meniru tindakan mereka.

 

3. Kota Underwater

 Kota Underwater (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

Kota Underwater (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

Kita pernah bermimpi mengenai suatu koloni yang hidup di bawah air layaknya kota Atlantis yang sering kita lihat di film-film terkenal.  Impian ini, pernah mencuat pada akhir 1950-an dan awal 1960-an, ketika proyek Conshelf Jacques Cousteau dan Angkatan Laut Amerika Serikat yang mampu melihat kehidupan bawah laut. Melalui tiga tahap uji lapangan di dasar laut, kedua program membuktikan bahwa manusia dapat hidup dan bekerja untuk jangka waktu tertentu di bawah air. Setengah abad kemudian, kota-kota bawah air masih belum terealisir. Tapi yang pasti kita pernah melihat desain hunian bawah air yang coba direalisasikan Giancarlo Zema di perairan  bawah laut Dubai Hydropolis. Intinya adalah bahwa meskipun manusia dapat hidup di dalam air, namun hal itu bukan kehidupan yang mudah atau murah.

Keadaan memang tidak memaksa manusia untuk mempertimbangkan hidup di bawah air. Namun faktanya, para peneliti samudera mengeksplorasi kehidupan bawah laut melalui stasiun berawak dasar laut. National Science Foundation Ocean Observatorium Initiative, misalnya, salah satu jaringan stasiun pengamatan otomatis di seluruh dunia otonom.

 

4. Mobil Terbang

Mobil Terbang (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

Mobil Terbang (sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

Mimpi mobil terbang pernah diperkenalkan Glenn Curtiss melalui Autoplane pada tahun 1917, dan kemudian impian ini terus berlanjut hingga hari ini. Terrafugia Transition 2010 adalah salah satu prototipe yang lebih baru, tetapi desainnya masih belum sempurna sebagai kendaraan yang berfungsi baik sebagai mobil dan pesawat terbang.

Tapi mari kita sikapi itu dengan cermat. Bagaimana dewasa ini, hiruk pikuk lalu lintas kendaraan bermotor yang semakin semraut, mengantarkan kita pada impian teknologi kendaraan anti-gravitasi.

Sementara kemampuan untuk memanipulasi antigravitasi akan mengubah teknologi transportasi sangat signifikan. Antara 1996 dan 2002, NASA’s Breakthrough Propulsion Physics Project memungkinkan adanya teknologi anti-gravitasi.

 

5. Mobil Otomatis

Mobil Otomatis(sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

Mobil Otomatis(sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

Anda mungkin membayangkan, bagaimana rupa sopir modern di masa depan. Anda dan kendaraan Anda menyatu begitu rupa, dimana Anda dapat terus melakukan semua aktifitas keseharian Anda tanpa khawatir bagaimana kondisi jalanan harus dihadapi. Anda ingin kebebasan dan individualitas yang datang dengan penggunaan mobil pribadi. Namun Anda terus-menerus multitask dengan kegiatan terbaik diserahkan kepada penumpang kapal bus atau kereta api. Anda makan, minum, membaca, berbicara di telepon, memotong kuku Anda dan bahkan merias wajah. Singkatnya, Anda mendambakan mobil yang dapat mengemudi secara otomatis.

Jelas manusia sering dituding bagian paling berbahaya dari sebuah mobil. Itulah mengapa para ilmuwan telah bekerja pada teknologi otomatis selama beberapa dekade ini. Pada 1990-an, Departemen Perhubungan disponsori National Automated Highway System Consortium (NAHSC), yang berhasil menunjukkan potensi radar, sensor magnetik dan visual yang memungkinkan kendaraan uji untuk menavigasi sebuah perjalanan dijalan raya. US Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) juga melakukan uji kendaraan penelitian pada tahun 2007. Di ajang ini melihat para tim robotika dari seluruh negara bersaing untuk lebih dari hadiah uang $ 3 juta melalui pengembangan dan pengujian kendaraan perkotaan otomatis.(**)

Sumber: howstuffworks.com, old.uniknya.com, July 2013

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com