5 Pelatih Madrid dengan Titel Juara Terbanyak

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Real Madrid telah bermain di Divisi Utama Liga Spanyol (Primera División) yang disebut sebagai La Liga sejak awal kompetisi ini dimulai, tahun 1928, dan merupakan klub tersukses di Spanyol berdasarkan jumlah trofi juara yang telah mereka raih. Klub ini juga merupakan salah satu klub terbaik abad ke-20 menurut FIFA. Mereka telah meraih 32 gelar La Liga, 18 gelar Copa del Rey, 8 Piala Super Spanyol, 9 gelar Piala Champions/Liga Champions UEFA, 2 Piala UEFA, 1 Piala Super Eropa, dan 3 Piala Interkontinental. Nah, berikut ini adalah beberapa “arsitek” Madrid yang banyak memberikan titel  juara:

 

1. Miguel Munoz Mozún

(Sumber:wordpress.com)

Miguel Munoz Mozún (Sumber:wordpress.com)

Ia menghabiskan sebagian besar karirnya di Real Madrid sebelum menjadi pelatih klub, di mana ia dianggap salah satu manajer paling sukses dalam sejarah, yang memimpin tim untuk dua kemenangan Piala Eropa dan sembilan gelar La Liga. Pada Juni 1997, Heynckes mulai menukangi juara Spanyol Real Madrid. Di sana, ia merayakan salah satu kemenangan yang terbesar, mengalahkan Juventus 1-0 di 1998 Final Liga Champions UEFA untuk kembali Piala Eropa ke Madrid untuk pertama kalinya sejak tahun 1966.

 

2. Josef “Jupp” Heynckes

Josef "Jupp" Heynckes(Sumber:wordpress.com)

Josef “Jupp” Heynckes(Sumber:wordpress.com)

Jupp Heynckes adalah manajer Real Madrid yang mempersembahkan gelar Liga Champions  pertama bagi Madrid dalam kompetisi Eropa di lebih dari tiga puluh tahun terakhir. Pada Juni 1997, Heynckes memulai debutnya sebagai manajer Real Madrid. Di sana, ia merayakan salah satu kemenangan yang terbesar, mengalahkan Juventus 1-0 di tahun 1998 Final Liga Champions UEFA untuk pertama kalinya sejak tahun 1966.

 

3. Vicente del Bosque González

Vicente del Bosque González(Sumber:wordpress.com)

Vicente del Bosque González(Sumber:wordpress.com)

Adalah mantan pesepakbola asal Spanyol yang saat ini menjadi pelatih tim nasional Spanyol. Sebagian besar karier kepelatihannya dihabiskan di Real Madrid. Del Bosque juga ditahbiskan sebagai pelatih paling sukses dalam sejarah klub ibukota Spanyol tersebut. Beberapa titel juara yang pernah dipersembahkannya adalah La Liga (2000-01, 2002-03), Piala Super Spanyol (2001), Liga Champions UEFA (1999-2000, 2001-02), Piala Super Eropa (2002), Piala Interkontinental (2002).

 

4. Luis Antonio Carniglia

Luis Antonio Carniglia (Sumber:wordpress.com)

Luis Antonio Carniglia (Sumber:wordpress.com)

Mungkin paling dikenal kiprahnya ketika mengelola Real Madrid pada tahun 1950. Ia menjadi pelatih Real Madrid dari April 1957 sampai Juli 1959. Madrid, pada saat itu, memiliki beberapa pesepakbola terbesar di dunia dengan Alfredo di Stefano (pemegang Ballon d’Or pada saat itu), Francisco Gento, Raymond Kopa dan Héctor Rial. Carniglia bersama Real Madrid, memenangkan Piala Eropa dua kali, pada tahun 1958 dengan kemenangan 3-2 atas AC Milan dan pada tahun 1959 dengan kemenangan 2-0 atas Reims. Dia juga memenangkan gelar La Liga pada tahun 1958.

 

5. Jose Villalonga Llorente

Jose Villalonga Llorente(Sumber:wordpress.com)

Jose Villalonga Llorente(Sumber:wordpress.com)

Jose Villalonga  merupakan seorang pelatih sepak bola asal Spanyol. Selama hidupnya ia melatih untuk dua klub dan satu tim nasional yaitu Real Madrid, Atlético Madrid dan Spanyol.

Villalonga diangkat sebagai manajer Real Madrid selama pertengahan musim 1954-55 dan kemudian melatih tim yang diperkuat oleh Alfredo Di Stefano, Gento Francisco, Miguel Munoz, Hector Rial dan kemudian, Raymond Kopa. Selama musim pertamanya ia memenangkan La Liga / Copa Latino ganda dan pada tahun 1956 ia menjadi pelatih pertama yang memenangkan Piala Eropa. Pada 36 dan 184 hari, ia tetap sampai saat pelatih termuda yang memenangkan persaingan. Selama musim terakhirnya di Real dia dipandu tim ke La Liga / Copa Latina / treble Piala Eropa.(**)

 

Sumber: id.wikipedia.org, old.uniknya.com, July 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com