5 Batu Gantung yang Spektakular (Bagian – II Habis)

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Bagian tebing, atau batuan yang menonjol keluar (horisontal) sehingga terlihat menggantung memiliki keindahan tersendiri. Bagia mereka yang tidak takut ketinggian, dengan berdiri ataupun duduk di atas batu gantung memilik kebanggaan tersendiri. Batu gantung di permukaan tebing merupakan fenomena alam, yang bisa terjadi di mana saja. Berikut old.uniknya.com emrangkum 5 batu gantung yang spektakular:

 

1. Diving Board, Amerika Serikat

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Diving Board, Amerika Serikat(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

 

Batu gantung yang dikenal dengan nama “Diving Board” ini terdapat di kawasan Taman Nasional Yosemite di sebelah barat Pegunungan Sierra Nevada, Amerika Serikat. Diving Board memiliki tinggi 1.100 meter dari dasar Lembah Yosemite. Pemandangan dari atas batu Diving Board sangat menakjubkan, karena berada di lokasi kubah lembah di komplek Sierra Nevada.

 

2. Batu Gantung di Glacier Point, Amerik Serikat

Batu Gantung di Glacier Point, Amerik Serikat(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Batu Gantung di Glacier Point, Amerik Serikat(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

 

Selain batu gantung yang terdapat di Tamanan Nasional Yosemite, Amerika Serikat juga memiliki batu gantung spektakular lainnya yakni batu gantung di Glacier Point. Batu gantung ni seakan melayang diketinggian 1.000 meter di atas permukaan lembah. Kali pertama ditemukan jalan menuju batu gantung di Glacier point ini yakni pada 1857. Selain ramai dikunjungi, batu gantung yang spektakular sering jadikan obyek fotografi.

 

3. Eagle Rock, Australia

Eagle Rock, Australia(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Eagle Rock, Australia(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

 

Kembali ke Benua Australia, di Taman Nasional Royal, New South Wales, terdapat sebuah batu gantung bernama ‘Eagle Rock.’ Lokasi Eagle Rock sebenarnya tidak cukup jauh dari kawasan bisnis Sydney, yakni hanya 29 Km saja. Uniknya, nama ‘Eagle’ yang dalam bahasa Indonesia berarti elang, berasal dari bentuk batu yang menyerupai kepala seekor elang dari kejauhan.

 

4. Leopard Rock, Afrika Selatan

Leopard Rock, Afrika Selatan(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Leopard Rock, Afrika Selatan(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

 

Batu gantung Leopard Rock yang satu ini terletak di kawasan Suka Margasatwa Oribi Gorge di Kwazulu-Natal, Afrika Selatan. Dengan menempuh jarak 21 Km dari Port Shepstone, para pengunjung dapat menikmati keindahan Lembah Oribi Gorge. Nama Leopard sendiri berasal dari sebuh karya foto yang fenomenal 40 tahun lalu. Ketika itu seorang fotografer mengambil foto macan tutul liar yang sedang berada di atas batu tersebut.

 

5. Hawk’s Head Rock, Australia

Hawk's Head Rock, Australia(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Hawk’s Head Rock, Australia(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

 

Hawk Head Rock merupakan femonena geologi yang spektakular, Anda dapat mengunjunginya di Taman Nasional Kalbari, sebelah barat Australia. Di atas Hawk Head Rock kita dapat menyaksikan hamparan alam Australia yang menakjubkan dan Sungai Murchison di bawahnya.(**)

Sumber: theworldgeography, old.uniknya.com, Juli 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com