5 Tujuan Wisata Satwa liar di Dunia

Oleh: Agung B.

[UNIKNYA.COM]: Menikmati keindahan alam dan kehidupan satwa liar merupakan salah satu wisata yang bisa memberikan kepuasan tersendiri. Apalagi jika tempat tersebut dikelola cukup nyaman untuk dikunjungi, perjalanan kita akan semakin lengkap. Dan yang tak kalah penting tentu saja, hewan-hewan yang akan kita saksikan benar-benar hewan liar dan terawat dengan baik. Berikut old.uniknya.com merangkum 5 video tentang Wisata Satwa Liar:

 

1. Serengeti National Park, Tanzania

Salah satu wisata satwa liar terbaik ada di taman nasional park. Di taman nasional yang terletak di utara tanzania dan kenya ini setiap tahunnya sekitar 1,3 juta wildebeest, atau antelope besar melintasi sabana bersama ribuan zebra, gazelle. Bahkan saat hewan-hewan ini bermigrasi, ada predator yang mengintai hewan-hewan besar tersebut. Total panjang migrasi bisa mencapai 800 kilometer.

Taman wisata serengeti menjadi tempat terbaik untuk wisata satwa liar. Apalagi jika melihat migrasi terbesar di dunia. Selain itu, hamparan alam dan pemandangan yang indah, juga telah menjadi daya tarik wisatanya. Paket migrasi berkemah banyak di tawarkan oleh berbagai layanan pariwisata untuk menampung para wisatawan yang ingin menyaksikan migrasi itu. Biasanya agen-agen wisata menyediakan paket melihat migrasi ini menggunakan helikopter.

(sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

Serengeti National Park, Tanzania(sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

 

 

2. Volcano National Park, Rwanda

Wisata satwa liar selanjutnya ada di Volcano National Park, Rwanda, taman nasional ini menjadi tempat tinggal gorila gunung yang keberadaannya mulai terancam punah. Taman nasional yang terletak di pulau berhutan di tengah ladang ini, pertama kali ditemukan ian redmond, bersama ahli zoologi, dian fossey pada tahun 1976. Kedua pakar ini melakukan penelitan terhadap gorila langka tersebut.

Kini kawasan tersebut menjadi salah satu tujuan wisata satwa paling populer di Rwanda, karena bisa berinteraksi secara langsung dengan gorila gunung. Namun redmond mengingatkan bahwa sukses tersebut, bukan tanpa ancaman, karena jika iklim berubah, vegetasi mati, maka akan mati pula gorila gunung tersebut. Untuk itu, kini pemerintah Rwanda tengah mempersiapkan lahan khusus dengan mempersiapkan kebutuhan air guna kelangsungan hidup gorila gunung.

Volcano National Park, Rwanda(sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

Volcano National Park, Rwanda(sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

 

3. Kangaroo Island, Australia

Untuk melihat satwa liar selanjutnya bisa mendatangi kangaroo island, di selatan australia. Sesuai dengan namanya pulau kanguru, panorama satwa liar yang ditawarkan tentu saja kanguru. Kawasan yang berjarak 123 kilometer dari Kota Adelaide ini seakan belum tersentuh manusia. Selain kanguru, satwa liar endemik Australia lainnya juga bisa ditemui ini, seperti koala, burung emu, penguin, dan singa laut. Pulau Kanguru seperti kebun binatang tanpa pagar, sehingga kita dengan leluasa melihat satwa liar dan unik tersebut.

Yang cukup unik kanguru di pulau ini, berbeda dengan jenis kanguru yang biasa kita lihat. Ukurannya lebih kecil dari kanguru yang biasa ditemukan di Australia daratan. Dan mereka tersebar dimana saja. Bahkan kanguru ini biasa mendatangi kemah-kemah wisatawan yang didirikan di kawasan wisata alami ini. Kanguru terlihat sangat bersahabat pada musim panas atau mulau desember hingga februari. Di pulau kanguru juga tidak hanya melihat kanguru tapi juga paus yang bermigrasi di sepanjang pantai pulau ini. Paus-paus tersebut bermigrasi dari perairan antartika.

Kangaroo Island, Australia(sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

Kangaroo Island, Australia(sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

 

4. Djoudj Sanctuary, Senegal

Wisata satwa liar selanjutnya ada di Djoudj,di Senegal. Taman Nasional Djoudj ini terletak di tepi tenggara Sungai Senegal, sebelah timur laut St Louis. Djoudj Sanctuary merupakan situs warisan dunia versi Unesco. Memiliki luas 16 ribu hektar , yang terdiri dari danau besar dan dikelilingi sungai dan kolam, berbagai habitat lahan basah banyak di sini.

Djoudj Sanctuary merupakan tempat yang sangat digemari burung-burung langka yang bermigrasi dan menetap cukup lama di kawasan tersebut. Dari hasil penelitian sedikitnya, terdapat 1,5 juta burung langka merasa terlindungi di kawasn ini, seperti pelican putuh, bagau ungu, spoonbill afrika, kuntul raksasa, serta burung dandang.Sedangkan burung penghuni tetap di kawasan tersebut mencapai 400 spesies, dan berbagai hewan liar khas afrika lainnya. Djoudj sanctuary sangat disukai para peneliti burung dari berbagai negara, karena migrasi burung dikawasan ini, tak pernah terjadi di kawasan lainnya.

 Djoudj Sanctuary, Senegal(sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

Djoudj Sanctuary, Senegal(sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

 

5. Bandhavgarh National Park, India

Untuk wisata satwa liar terakhir, Anda bisa mengunjungi Taman Nasional Bandhavgarh, di kawasan Madhya Pradesh, India. Atraksi satwa liar utama di taman nasional yang memiliki luas 450 Km2 ini adalah harimau bengal dan harimau putih, dan macan tutul. Lebih dari 450 hewan liar lainnya, seperi nilgai atau banteng biru, rusa tutul, srigala, hyena dan beberapa reptil yang juga endemik India.

Wisatawan bisa menikmati satwa liar dengan menggunakan kendaraan khusus yang disediakan pengelola. Atau juga boleh menggunakan gajah sebagai alat transportasi ketika bersafari di taman nasional yang pertama kali dibuka pada 1968 tersebut. Bedanya dengan menggunakan gajah sebagai alat transportasi, kawasan yang bisa dikunjungi terbatas. Sedangkan jika menggunakan kendaraan khusus, wisatawan bisa berkeliling di seluruh kawasan taman nasional ini. Bahkan saat ditengah jalan, bisa menemukan hewan-hewan macan bengal yang khas, karena memang populasinya lebih banyak dari hewan lainnya.

Bandhavgarh National Park, India(sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

Bandhavgarh National Park, India(sumber:blogspot.com,old.uniknya.com)

Sumber: Dari berbagai sumber, old.uniknya.com, Juli 2013
** Tulisan ini pernah ditayangkan di acara Spotlite Trans7 yang tayang setiap hari Senin-Jumat pukul 09.45-10.45 WIB dan Sabtu-Minggu setiap 09.45-10.15.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com