Seni Jalanan ‘Big Size Realistic’ Kota Lodz

 Oleh: Resa Hidayat

[UNIKNYA.COM]: Bebepara tahun terakhir kota polandia, Lodz, perlahan merubah pencitraan menjadi sebuah public space (ruang terbuka umum) untuk wadah seniman jalanan. Perubahan ini dimulai tahun 2009, ketika komunitas seniman jalanan Urban Forms Foundation dibuat. Komunitas ini mengajukan penawaran kepada dewan kota untuk mempercantik kota dengan sejumlah gambar seniman jalanan untuk memberi cita rasa artistik terhadap kota.

Ketika di setujui oleh Walikota Hanna Zdanowska dan Duta Besar Spanyol di Polandia, seluruh seniman jalan bergerak mencari tempat strategis memajang karyanya. Seniman yang tergabung dalam komunitas ini Aryz, M-City, Remed, Chazme, Sepe, SatOne, Etam Crew, dan Kenor. Mereka semua telah menghiasi kota dengan 21 mural tersebar di seluruh kota. Projek tersebut  satu-satunya kegiatan seniman jalanan yang dibiayai oleh pemerintah dan bebas meninggalkan tanda tangan permanen pada karya yang telah mereka buat.

 

 

1 2 3 4 5 6 7 8 9

(sumber: amusingplanet.com)

(sumber: amusingplanet.com)

Sumber:amusingplanet.com, old.uniknya.com, Juli 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com