5 Rumah Kuku yang Popular di China

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Rumah kuku merupakan istilah dari bahasa China yang artinya sebuah rumah milik seseorang yang menolak untuk dipindahkan. fenomena rumah kuku selalu terjadi ketika terjadi upaya pembebasan tanah untuk pembangunan besar-besaran seperti mall, pabrik, dan sebagainya. Keberadaan rumah kuku di beberapa negara bahkan dianggap sebuah perlawanan seorang rakyat dengan penguasa yang licik. Berikut old.uniknya.com merangkum 5 rumah kuku yang popular di China:

1. Rumah Keluarga Wu Family, Chongqing

Rumah1

Rumah Keluarga Wu Family, Chongqing
Rumah1

Keluarga Wu adalah satu-satunya pihak yang bersikeras menolak untuk menjual tanah dan rumahnya kepada pihak pengembang sebuah mall di Chongqing, China. Luar biasa, dari 280 pemukim hanya keluarga Wu yang menolak untuk pindah dengan alasan sudah ditinggali oleh tiga generasi. Pemilik rumah kuku itu tetap bertahan meskipun, pihak pengembang telah memutuskan sumber listrik dan air, bahkan mengisolasi rumah mereka dengan parit sedalam 10 meter di sekeliling rumah.

Namun setelah beberapa peristiwa yang menegangkan terjadi di antara Keluarga Wu dengan pihak pengembang, akhirnya terjadi kesepakatan seharga satu juta yuan. Hingga akhirnya pada 4 April 2007, rumah kuku Keluarga Wu dihancurkan.

2. Rumah Kuku di Wenling

Rumah Kuku di Wenling

Rumah Kuku di Wenling

Rumah kuku yang satu ini sangat popular di tahun 2001 karena berdiri di tengah jalan baru di Wenling, Provinsi Zhejian. Rumah yang dimiliki oleh pasangan orangtua tersebut menolak pindah karena ganti rugi yang ditawarkan oleh pemerintah terlalu kecil bagi mereka. Hingga akhirnya terjadi kesepakatan yang dapat diterima oleh kedua pihak, rumah kuku tersebut akhirnya dihancurkan untuk harga 41.000 dolar AS pada Desember 2012.

3. Rumah Kuku di Kunming

Rumah Kuku di Kunming

Rumah Kuku di Kunming

Pada 28 Oktober 2010 lalu pihak pengembang terpaksa mengisolasi rumah kuku milik Zhao di Zhaojiadui, Kunming, China. Mereka menggali tanah disekeliling rumah Zhao dan mengairinya, sehingga jika membuat Zhao kesulitan baik untuk masuk maupun keluar rumah. Ketika ditanya alasan tidak mau pindah, Zhao mengatakan bahwa rumahnya berada di atas tanah negara namun pihak pengembang tidak mau memberikan kompensasi yang pantas kepadanya. Di rumah kuku tersebut ia tinggal bersama dengan isteri dan ibunya yang berusia 83 tahun.

4. Rumah kuku di Yongji Street, Jinhua

 Rumah kuku di Yongji Street, Jinhua

Rumah kuku di Yongji Street, Jinhua

Jalan raya Yongji merupakan kawasan terkenal di Kota Jinhuan, namun uniknya tengah jalanan tersebut terdapat sebuah rumah kuku. Bangunan setinggi 3 lantai tersebut memiliki lahan perkebunan sayur yang luas, sehingga membelah dua jalur jalan. Berdasarkan sebuah keterangan rumah kuku Milik Yao Buqing (57) sudah berdiri di Yongji selama 5 tahun.

5. Rumah Kuku di Changsha, China

 Rumah Kuku di Changsha, China

Rumah Kuku di Changsha, China

Sementara rumah kuku yang berada di Changsha, telah berdiri di hadapan bangunan raksasa –mall, sejak 2007. Rumah dengan kondisi yang sudah menua dan tidak terawat tersebut menjadi pemandangan yang membuat gemas para pemilik saham dan toko di pusat perbelanjaan Changsha. (**)

Sumber: theworldgeography.com, old.uniknya.com, Juli 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com