5 Fakta Menarik Tentang Kentang

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Kentang merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Selatan, dan diperkenalkan oleh bangsa Spanyol di Eropa hingga akhirnya meluas. Kentang merupakan tanaman yang paling mudah untuk dirawat demikian pula dengan pengolahannya sebagai makanan. Cara menikmati kentang pun dikenal beragam ada yang digoreng, diremus dan dihancurkan, ada pula yang dijadikan bubur. berikut old.uniknya.com merangkum 5 fakta menarik tentang kentang:

1. Ramah Lingkungan

    Kentang1

Penanaman dan pengolahan tanaman kentang sangat ramah lingkungan sekaligus murah. Kentang merupakan salah satu tanaman yang mudah untuk tumbuh tanpa harus memerlukan zat-zat tambahan untuk menyuburkannya baik organis maupun kimiawi. Meskipun pada kenyataanya banyak petani kentang yang menggunakan pupuk, itu sebagai upaya percepatan panen saja.

2. Kentang Ditanam di Luar Angkasa

Kentang5

Kentang Ditanam di Luar Angkasa

Fakta mengungkapkan pada tahun 1995 tanaman kentang dibawa mengangkasa dengan menggunakan kapal ulang-alik Columbia. Peristiwa tersebut menjadikan bahwa kentang merupakan tanaman pertama yang menjadi sumber makanan para astronot di luar angkasa.

3. Kentang Dapat Tumbuh Besar

Kentang2

Kentang Dapat Tumbuh Besar

Guinnes Book of World Records menyebutkan bahwa kentang terberat yang pernah tumbuh adalah seberat 8,4 pon, sama dengan 73 porsi kentang goreng yang dijual di restoran cepat saji. 

4. Bukan Bangsa Irlandia yang Pertama Memakan Kentang

Kentang3

Bukan Bangsa Irlandia yang Pertama Memakan Kentang

 

Di Eropa makanan berbahan kentang selalu diasosiasikan (dihubungkan) dengan masyarakat Irlandia, padahal kentang untuk kali pertama ditemukan bangsa Spanyol di Pegunungan Andes, Chile, Peru. Bahkan masyarakat Suku Inca telah menanam kentang sejak tahun 200 Sebelum Masehi. Faktanya di daratang Inggris Raya, kentang baru diperkenalkan pada akhir 1500’an.

5. Kentang Goreng Pertama

Kentang4

Kentang Goreng Pertama

 

 

Untuk kali pertamanya kentang goreng diperkenalkan di Amreika Serikat, yakni ketika berlangsung jamuan makan malam kepresidenan di era pemerintahan Thomas Jefferson. (**)

Sumber: environmentalgraffiti.com, old.uniknya.com, Juli 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com