Gadget Unik Ini Atasi Masalah Pengendara Mabuk di Singapura

Oleh : Iqbal Vetra

[UNIKNYA.COM] Sebuah klub malam di Singapura telah meluncurkan gadget unik yang dapat menganalisis kadar alkohol pada urin pengunjungnya – diciptakan untuk mencegah mereka mengemudi dalam keadaan mabuk.

Kecelakaan karena faktor pengemudi mabuk merupakan masalah di sebagian besar negara di dunia. Begitu juga di Singapura. Dalam 12 bulan terakhir, negeri seribu satu larangan ini memiliki lebih dari 2.000 kasus kecelakaan karena disebabkan mengemudi dalam keadaan mabuk.

Untungnya, Zouk, salah satu klub malam terpanas di Asia Tenggara, datang dengan solusi yang cerdik. Klub malam itu telah menciptakan alat yang berguna untuk mengidentifikasi kadar alkohol pada urin pengunjungnya.

 

b5aih8ec copy

 

Ketika datang, para pengunjung akan diberi kartu RFID (Radio Frequency Identification Device) sebagai pengganti kupon parkir yang nantinya akan ditukarkan dengan kunci mobil mereka.

Dan ketika hendak pulang setelah semalaman berpesta, pengunjung diharuskan kencing. Gadget analisis kencing dipasang disetiap toliet untuk mendeteksi kadar alkohol dalam urin mereka.

Jika tingkat alkohol di luar batas, maka kartu itu ditandai dan akan tampil sebuah pesan yang mengatakan bahwa mereka sudah terlalu banyak minum dan disarankan untuk pulang menggunakan taksi atau berkendara menggunakan sistem home Zouk.

 

 

Selama 2 minggu, lebih dari 573 pelanggan mabuk telah terdeteksi, dan 342 orang telah memilih untuk meninggalkan mobil mereka di klub, memanggil taksi atau meminta orang lain untuk membawanya pulang.

Gadget analisis kencing ini terbukti menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi masalah pengendara mabuk. Dan kini gadget tersebut sedang diproses untuk diproduksi secara nasional. (**)

Sumber : odditycentral.com, old.uniknya.com, Juli 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com