5 Kawah Unik di Dunia (Bagian – I)

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Kawah yang berasal dari letusan gunung berapi yang sudah tidak aktif, memiliki keindahan, fungsi dan keunikannya tersendiri. Beberapa menjadi kawasan tempat tinggal manusia, beberapa lagi dibiarkan begitu saja dengan keindahannya. Berikut old.uniknya.com merangkum 5 kawah yang unik di dunia:

1. Kawah Diamond Head, Hawaii, Amerika Serikat

wisata1

Kawah Diamond Head, Hawaii, Amerika Serikat

Diamond Head merupakan nama dari kawah gunung yang berada di Kepulauan Hawaii, O’ahu. Nama Diamond Head sendiri diberikan oleh seorang pelaut Inggris pada abad ke-19, yang mengira kristal karbon kalsium adalah sebuah berlian.
Keunikan kawah yang satu ini adalah terdapat monumen sejarah Amerika Serikat, bahkan kawah tersebut dijadikan sebagai pusat kegiatan militer Amerika untuk mengawasi kawasan Pasifik. Selain itu di dalamnya terdapat menara lalu-lintas udara yang telah beroperasi sejak 1963 hingga 2001.

2. Kawah Kelimutu, Indonesia

wisata2

Kawah Kelimutu, Indonesia

Sobat Unik negeri kita memang dikenal memiliki banyak gunung berapi, maka tidak heran jika memiliki tanah yang subur dan kaya akan mineral. Salah satu gunung berapi yang memiliki kawah unik adalah Danau Kelimutu yang terletak di dekat Desa Moni, di Pulau Flores. Danau Kelimutu memiliki warna-warni yang indah, terdiri dari tiga danau. Danau Orang Tua atau Tiwu Ata Mbupu memiliki warna biru.

Sementara dua danau lainnya yakni Muri Koo Fai (Danau Anak Muda dan Perawan) berwarna hijau, dan Tiwu Ata Polo (Danau Pikat) berwarna kemerahan. Meski demikian warna-warni yang terlihat di kawasan Kawah Kelimutu ini mampu berubah-ubah tanpa bisa diprediksikan.

3. Kawah di Rocas Bainbridge, Pulau Galapagos, EKuador

wisata3

Kawah di Rocas Bainbridge, Pulau Galapagos, EKuador

Sementara kawan unik yang satu ini terletak di kawasan Amerika Selatan, tepatnya di Pulau Santiago, Galapagos, Ekuador. Dikenal dengan nama Rocas Bainbridge, merupakan sebuah danau biru yang berada di tengah samudera. Keunikan tersebut menjadikan Danau Rocas Bainbridge sebagai salah satu danau air asin yang indah, terutama ketika banyak burung flamingo yang berkumpul mencari makan.

4. Kawah Xico, Meksiko

wisata4

Kawah Xico, Meksiko

http://1.bp.blogspot.com/-1COReBqqyRU/UL-bb4ox0NI/AAAAAAAANCo/iHYpberqrK0/s1600/081009.jpg

Kawah raksasa ini berada di kawasan selatan Kota Meksiko. Dahulu ketika zaman peradaban Aztec, kawah Xico merupakan sebuah danau raksasa yang dikenal dengan Danau Chalco. Baru pada tahun 1300’an, danau raksasa yang unik ini surut. Bahkan di abad ke-19 pemerintah Meksiko benar-benar menyurutkan air danau, dan masyarakat diperbolehkan untuk menjadikan kawah sebagai ladang pertanian.

Karena memiliki kesuburan yang baik, pada 1970’an terjadi konspirasi yang dilakukan oleh para pengusaha agrobisnis. Mereka banyak memperkerjakan orang-orang di luar Aztec, yang kemudian mendirikan perkampungan tersendiri. Gelombang migrasi pekerja pun semakin meraja lela, dan eksploitasi Kawah Xico semakin menggila. Akibatnya pada tahun 2005 kawasan Kawan Xico yang dahulu unik menjadi tanah ladang yang gersang.

5. Kawah Molokini, Hawaii, Amerika Serikat

wisata5

Kawah Molokini, Hawaii, Amerika Serikat

Kepulauan Hawaii, khususnya Pasifik memang dikenal dengan gunung vulakanik dan keindahan kawahnya. Seperti Kawah Molokini, yang merupakan kawah yang hampir tenggelam. Secara administrasi Kawah Molokini berada di kawasan Desa Maui. Molokini memiliki luas wilayah 9 hektare, dengan diameter 0,6 Km. Keunikan dan keindahan Kawah Molokini dikenal para wisatawan mancanegara sebagai salah satu spot selam dan snorkeling terbaikdi Hawaii. (**)

Sumber: theworldgeogrpahy.com, old.uniknya.com, Juli 2013.

One Response to 5 Kawah Unik di Dunia (Bagian – I)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com