5 Festival Musik yang Ramah Lingkungan di AS (Bagian – II Habis)

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Suhu bumi semakin menghangat, hal ini diakibatkan oleh perubahan ekstrem yang terjadi terhadap lingkungan dan alam. Akibatnya ekosistem alam semesta pun terganggu, dan mencari titik normalnya sendiri secara alami. Maka tidak heran jika bumi dan langit banyak mengguncang manusia dengan bencana alam. Untuk memperingati masyarakat dunia akan efek negatif pemanasan global, kaum muda dan seniman di Amerika Serikat kemudian mengadakan beberapa event festival musik yang ramah lingkungan. Berikut old.uniknya.com merangkum 5 festival musik yang ramah lingkungan di Amerika Serikat:

1. Festival Lollapalooza (5 – 7 Agustus)

festival1

Festival Lollapalooza (blogspot.com)

 

 

Salah satu festival musim yang banyak diikuti oleh para kawula muda di Amerika adalah Lollapalooza, sebuah festival yang menyajikan pertunjukan musik dari berbagai genre. Meski demikian banyak yang tidak tahu jika lollapalooza pun merupakan festival yang ramah lingkungan. Festival Lollapalooza rutin diadakan pada 5 hingga 7 Agustus tiap tahunnya, dan berlangsung di kawasan hijau. Bahkan selama festval berlangsung panitia menyediakan pameran seni alami (green art) dan kios-kios makanan organik yang berasal dari pertanian setempat.

2. Austin City Limits (16 – 18 September)

 Austin City Limits (blogspot.com)

Austin City Limits (blogspot.com)

 

Festival yang ramah lingkungan, Austin City Limits, juga digagas oleh Rock&Recycle (komunitas pedagang agrikultur). Festival yang rutin diadakan pada 16 – 18 September menjelang musim panas berakhir, juga bekerja sama dengan Green Mountain Energy. Festival Austin City Limits disebut-sebut sebagai festival yang rendah polusi, air, tanah maupun udara.

3. Festival High Sierra (30 Juni Hingga 3 Juli)

Festival High Sierra (blogspot.com)

Festival High Sierra (blogspot.com)

 

Festival musim panas yang berlangsung setiap 30 Juni Hingga 3 Juli dikenal dengan High Sierra Fest, berkerja sama dengan Clean Vibes –organisasi yang peduli akan sampah-sampah yang dihasilkan oleh berbagai pertunjukan budaya. Dengan demikian tidak perlu khawatir akan pencemaran yang terjadi selama dan setelah festival berlangsung.

4. Festival West Beach

Festival West Beach (blogspot.com)

Festival West Beach (blogspot.com)

 

Festival yang ramah lingkungan satu ini tidak memiliki tanggal pelaksanaan yang pasti setiap tahunnya, namun biasanya berlangsung setiap akhir September. Festival musik West Beach pada 2009 lalu meraih penghargaan sebagai Festival Terhijau di Amerika Serikat. West Beach berkerjasama dengan Sustainable Travel International, sebuah organisasi yang peduli terhadap emisi karbon. Bahkan selama festival berlangsung para penonton dan artis, tidak diperbolehkan membawa

5. Festival Bonnaroo (9 – 12 Juni)

Festival Bonnaroo (blogspot.com)

Festival Bonnaroo (blogspot.com)

 

Festival musim panas yang ramah lingkungan ini berlangsung di Tennessee, setiap 9 – 12 Juni. Dibantu organisasi lingkungan Clean Vibes, menjadikan Festival Bonnaroo meraih penghargaan sebagai Festival Terhijau.keunikan lainnya, tiket yang dijualnya pun merupakan salah satu produk ramah lingkungan dengan tujungan mengurangi emisi karbon.(**)
Sumber: pastemagazine.com, old.uniknya.com, 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com