5 Festival Musik yang Ramah Lingkungan di AS (Bagian – I)

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Suhu bumi semakin menghangat, hal ini diakibatkan oleh perubahan ekstrem yang terjadi terhadap lingkungan dan alam. Akibatnya ekosistem alam semesta pun terganggu, dan mencari titik normalnya sendiri secara alami. Maka tidak heran jika bumi dan langit banyak mengguncang manusia dengan bencana alam. Untuk memperingati masyarakat dunia akan efek negatif pemanasan global, kaum muda dan seniman di Amerika Serikat kemudian mengadakan beberapa event festival musik yang ramah lingkungan. Berikut old.uniknya.com merangkum 5 festival musik yang ramah lingkungan di Amerika Serikat:

 

1. Festival Grassroots (21-24 Juli)

Festival Grassroots (21-24 Juli)(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Festival Grassroots (21-24 Juli)(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

 

Festival musim panas yang selalu diadakan setiap 21- 24 Juli ini disebut-sebut sebagai salah satu ajang konser musik dan tarian yang ramah lingkungan. Bahkan festival Grassroot yang rutin diadakan di Finger Lake, New York, ini memperoleh penghargaan sebagai Festival Terhijau karena bisi dan misinya untuk mencipatakan lingkungan sehat. Disebut ramah lingkungan karena, area festival memiliki tempat daur ulang untuk sampah dan kompos. Bahkan panitia mewajibkan para penonton dan peserta untuk membawa peralatan makan dan mencucinya sendiri.

 

2. Festival Telluride Bluegrass (16-19 Juni)

 Festival Telluride Bluegrass (16-19 Juni)(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Festival Telluride Bluegrass (16-19 Juni)(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

 

Dipandu oleh Planet Bluegrass, menjadikan festival musim panas yang rutin diadakan pada 16 hingga 19 Juni menjadi sebuah festival yang ramah lingkungan. Bahkan untuk memanfaatkan karbon yang diperoleh selama festival Telluride Bluegrass berlangsung, panitia berkerja sama dengan Renewable Choice Energy untuk mendaur-ulang karbon. Bukan itu saja Planet Bluegrass sebagai organizser melakukang semuanya seramah mungkin terhadap lingkungan, mulai dari energi listrik, tempat tinggal para artis, dan sebagainya.

 

3. Festival Outside Lands (12-14 Agustus)

 Festival Outside Lands (12-14 Agustus)(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Festival Outside Lands (12-14 Agustus)(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

 

Festival musim panas yang berlangsung 12 hingga 14 Agustus di San Fransisco, merupakan pergelaran musik dan seni yang ramah lingkungan. Panitia Outside Land bahkan menyediakan makanan organik yang berasal dari pasar, pertanian dan peternakan, serta restoran lokal. Selain itu mereka menyediakan tempat parkir sepeda, dan mengajak para pengunjung untuk membersihkan pantai setiap harinya.

 

4. Festival Sweetlife ( 1 Mei )

Festival Sweetlife ( 1 Mei )(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Festival Sweetlife ( 1 Mei )(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

 

Festival yang ramah lingkungan lainnya adalah Festival Sweetlife, sebuah festival musik yang menyediakan berbagai produk organik bagi para pengunjungnya. Festival yang berlangsung setiap 1 Mei ini, mencoba mengurangi jejak karbon yang berasal dari pemakaian energi oleh manusia.

 

5. Festival Coachella (April 15-17)

 Festival Coachella (April 15-17)(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Festival Coachella (April 15-17)(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Sementara itu Festival Coachella yang melibatkan kincir angin setinggi 45 kaki sebagai pembangkit listrik, yang digunakan untuk kebutuhan festival dan pengunjung. Dengan bekerja sama dengan Global Inheritance, festival yang digerakkan oleh THRASHed selalu mengadakan sebuah kompetisi seni desain tempat sampah yang akan digunakan selama festival. (**)

Sumber: pastemagazine.com, old.uniknya.com, 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com