Tragis! 30 Pemuda Tewas Saat Sunat Massal di Afrika Selatan

Oleh : Iqbal Vetra

[UNIKNYA.COM] Sebanyak 30 pemuda tewas dan 300 lainnya dilarikan ke rumah sakit ketika berlangsungnya sunat massal di suku pedalaman Afrika Selatan.

30 pemuda tewas di sebuah desa provinsi Eastern Cape terjadi selama musim tahunan ketika laki-laki muda menjalani ritual peralihan menuju kedewasaan.

 

kmfsfh8n copy

30 Pemuda Tewas Saat Sunat Massal di Afrika Selatan (Sumber : news.com.au)

 

Sepuluh pemuda lainnya dirawat di rumah sakit setelah diselamatkan dari hutan pada hari Minggu (07/07), kata juru bicara departemen kesehatan provinsi, Sizwe Kupelo dalam sebuah pernyataan, melansir news.com.au.

“Bagian pribadi pemuda itu telah membusuk, parah! kondisi mereka menakutkan,” katanya.

Kupelo juga menambahkan bahwa 293 pemuda tengah menjalani perawatan di rumah sakit karena dehidrasi, gangren dan sesis. Bahkan beberapa dari mereka telah kehilangan alat kelaminnya!

Para remaja dari etnis Xhosa, Sotho, dan kelompok Ndebele menghabiskan waktu sekitar satu bulan berada di semak terpencil di daerah pegunungan untuk menjalani ritual kedewasaan, termasuk ritual sunat serta uji nyali.

 

qx0tnfx4 copy

Ritual Kedewasaan di suku pedalaman Afrika Selatan (Sumber : wordpress.com)

 

Saat disunat, remaja ini hanya ditutup selimut. Ritual sunat dilakukan oleh petua suku dengan alat-alat yang sangat jadul dengan tingkat keamanan yang ekstra-minim.

Kematian karena sunat ini sudah kesekian kalinya. Sebelumnya, 34 pemuda dilaporkan tewas setelah menjalani ritual khitan ini pada Mei 2013 lalu.

Para aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) pun menyerukan untuk mengakhiri tradisi budaya yang berbahaya ini. (**)

Sumber : news.com.au, old.uniknya.com, Juli 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com