Dikejar Harimau, 5 Warga Aceh Bertahan 3 Hari di Pohon

Oleh : Iqbal Vetra

[UNIKNYA.COM] Lima warga Aceh bertahan 3 hari di atas pohon setelah dikejar oleh kawanan harimau di Taman Nasional Gunung Leuser.

Sejumlah harimau menyerang kelompok dari desa Simpang Kiri di Kabupaten Aceh Tamiang pada Kamis setelah mereka tidak sengaja membunuh anak harimau dengan perangkap yang dimaksudkan untuk menjerat rusa. Pria keenam dalam kelompok tersebut bahkan tewas diterkam.

 

jyonamum copy

Dikejar Harimau, 5 Warga Aceh Bertahan 3 Hari di Pohon (Sumber : wordpress.com)

 

Andi Basrul, kepala taman nasional mengatakan kelima orang tersebut telah dibawa ke desa terdekat yang ditempuh selama enam jam jalan kaki.

Jamal Gayo, dari Yayasan Konservasi Leuser Internasional mengatakan lima orang berada dalam kondisi lemah setelah tidak memiliki makanan selama tiga hari.

Orang-orang itu awalnya memberitahu desa terdekat menggunakan ponsel. Sebanyak 30 warga desa mencoba menyelamatkan pada Kamis lalu, tetapi mundur ketika mereka melihat empat harimau sumatera dewasa mengelilingi pangkal pohon. Namun akhirnya warga berhasil mengusir empat harimau itu pergi.

Orang-orang yang berlindung di pohon memasuki taman tersebut untuk mengumpulkan kayu aromatik, yang digunakan untuk parfum, minyak aromatik dan dupa tumbuh di hutan taman, dihuni oleh spesies yang dilindungi dan terancam seperti harimau, gajah dan orangutan.

“Orang-orang terus memasuki hutan untuk mencari kayu alim yang bisa dijual hingga Rp 5 juta/kg. Tapi, yah itu resikonya, ada banyak harimau dan gajah di gunung hutan Leuser itu,” ucap polisi setempat,Dicky Sondani.

Serangan harimau di Sumatera terus meningkat karena peningkatan tajam dalam jumlah perkebunan kelapa sawit dan ampas yang mengurangi habitat alami harimau dan mendorong mereka memasuki zona huni manusia.

Diperkirakan bahwa lebih dari 100 harimau Sumatra hidup di taman Gunung Leuser. (**)

Sumber : news.com.au, old.uniknya.com, Juli 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com