5 Tanaman Selain Kaktus yang bertahan di Iklim Kering

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Sobat Unik ternyata masih banyak loh tanaman selain kaktus yang mampu bertahan di dalam kondisi lingkungan kering dan minim air. Daya tahan mereka terhadap lingkungan ekstrem bahkan sama dengan bunga-bunga yang tumbuh di atas batang kaktus. Berikut old.uniknya.com merangkum 5 tanaman selain kaktus yang bertahan di iklim kering:

1. Artemisia

Artemisia

Artemisia

Artemisia merupakan tanaman yang memiliki toleransi terhadap lingkungan sekitarnya meski mengalami kekeringan yang cukup ekstrem. Bahkan dalam kondisi kering Atermisia mampu tumbuh tinggi hingga 1- 5 kaki dan lebar 1 – 6 kaki bergantung pada jenisnya. Artemisia yang memiliki warna daun abu-abu perak dan putih ini bahkan mampu tumbuh meskipun matahari bersinar singkat dan berbunga kapan saja.

2. Blanket flower

002

Blanket flower

Blanket flower (Gaillardia x granduiflora) merupakan tanaman yang memiliki warna bunga cantik tersusun seperti rajutan sebuah selimut. Blanket flower termasuk tanaman yang memiliki daya tahan luar biasa untuk tumbuh di lingkungan yang kering dan gersang. Tanaman cantik ini mampu tumbuh tinggi hingga 2 – 3 kaki dengan lebar mencapai 1 – 2 kaki. Bunganya akan mekar selama musim panas.

3. California Poppy

California Poppy

California Poppy

Sementara tanaman yang menyelimuti kaki bukit dan lembah Sierra Nevada Bagian barat ini dikenal dengan nama California Poppy (Eschscholzia californica). Bahkan di saat musim semi tiba maka kawasan Sierra Nevada sekan menjadi lautan bunga dengan warna keemasan dan oranye. California Poppy mampu bertahan di iklim kering, bahkan di atas bebatuan sekalipun. Tanaman yang satu ini mampu tumbuh tinggi 8 – 15 inchi dengan lebar 9 – 15 inchi, dan bunganya akan mekar saat musim panas tiba.

4.

Lavender

Lavender

 

Lavender merupakan salah satu tanaman medis dengan wanginya yang khas. Lavender merupakan salah satu obat herbal untuk mengobati mereka yang mengalami kesulitan tidur. Warnanya yang ungu banyak memikat perhatian manusia sekaligus serangga untuk mendekatinya. Lavender mampu tumbuh tinggi 1- hingga 4 kaki dengan lebar 1- 4 kaki. Bunga lavender senantiasa mekar di saat musim panas tiba.

5. Moss rose

005

Moss rose

Moss Rose (Portulaca grandiflora) merupakan salah satu tanaman ros yang memiliki daya tahan untuk hidup di lingkungan ekstrem kering. Portulaca memiliki warna bunga yang beragam dan bermekaran mulai dari musim panas hingga musim gugur tiba. Moss Rose mampu tumbuh tinggi 4 -8 inchi dengan lebar 6 inchi.(**)

Sumber: birdsandbloom.com, old.uniknya.com, Juli 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com