5 Jenis Kaktus Unik di Dunia (Bagian – I)

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Dunia flora selalu menarik untuk dipelajari dan dicermati, dengan demikian Sobat Unik dapat mengetahui keunikan dari setiap jenis tanaman. Seperti halnya tanaman kaktus yang terkenal akan ketangguhannya menghadapi cuaca ekstrem kering dan panas, dengan kandungan air dan kelembaban minim. Dan setiap kaktus memiliki keunikannya sendiri. Berikut old.uniknya.com merangkum 5 jenis kaktus unik di dunia:

1. Blossfeldia liliputana

Blossfeldia liliputana

Blossfeldia liliputana (old.uniknya.com,blogspot.com)

Kaktus imut ini kerap kali ditemukan tumbuh di antara bebatuan di Pegunungan Andes. Nama liliputana diambil dari novel ‘Gulliver’s Travels,’ liliput merupakan nama suku yang menghuni di sebuah pulau. Ukuran fisik mereka pun istimewa, yakni lebih kecil jika dibandingkan dengan tokoh utamanya Gulliver.

Sesuai dengan namanya katus yang satu ini memiliki ukuran maksimal 1,3 cm saja. Seperti jenis kaktus lainnya, liliputana pun memiliki bunga yang mekar di saat musim panas tiba. Selain ukurannya yang kecil, keunikan liliputana adalah mampu bereproduksi tanpa dibantu dan memerlukan pihak lain. biji benih mereka kecil sehingga mampu masuk ke celah-celah kecil bebatuan.

2. Atrichoke Cactus

Atrichoke Cactus

Atrichoke Cactus (old.uniknya.com,blogspot.com)

Kaktus unik yang satu ini popular dengan nama atrichoke cactus, dan merupakan satu-satunya spesies yang dimiliki oleh genus Obregonia. Seperti halnya Ariocarpus dan Leuchtenbergia, Atrichoke merupakan tanaman geoftis (tumbuh menyamping/lebar). Secara fisik Atrichoke memiliki batang daun segitiga yang berbuku-buku (menyerupai kol), bunga kecilnya berwarna putih yang akan tumbuh setiap musim panas tiba. Dan buahnya pun cukup tebal ketika matang.

3. Turbinicarpus subterraneus

Turbinicarpus subterraneus

Turbinicarpus subterraneus (old.uniknya.com,blogspot.com)

Sementara keunikan kaktus yang satu ini memiliki batang berbulu, menyerupai tongkat di dekat akar kemudian membentuk batang hijau berduri seperti umumnya kaktus. Keunikan kaktus Turbinicarpus lainya adalah mampu bertahan hidup sangat lama karena memiliki akar yang dalam dan mampu menyimpan kandungan air cukup banyak. Sehingga mampu menghadapi ekstremnya musim panas yang panjang.

4. Pereskiopsis spathulata

Pereskiopsis spathulata

Pereskiopsis spathulata (old.uniknya.com,blogspot.com)

Pereskiopsis spathulata merupakan salah satu kaktus golongan primitif, yakni memiliki daun dan duri hanya saja ukurannya kecil. Pereskiopsis pun memiliki pertumbuhan yang cepat, maka tidak heran sering dijadikan sebagai bahan okulasi untuk mempercepat pertumbuhan jenis kaktus yang lambat.

5. Hylocereus undatus

Hylocereus undatus

Hylocereus undatus (old.uniknya.com,blogspot.com)

Hylocereus merupakan salah satu kaktus yang memiliki bunga cantik dan indah. Bunganya mampu tumbuh panjang hingga 35 cm dan lebar sekitar 23 cm. uniknya bungan kaktus Hylocereus hanya mekar di malam hari, satu kali sebelum proses menjadi buah dan akhirnya mati. Dari aromanya, bunga Hylocereus menguarkan wangi vanila.(**)

Sumber: listverse.com, old.uniknya.com, Juli 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com