5 Pebasket Terbaik Philadelphia 76ers

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Tim bola basket Philadelphia 76ers telah tiga kali mendapatkan predikat semenjak bergabung di Kompetisi Basket NBA pada 1964. Namanya menjadi Philadelpia 76ers setelah pindah ke Kota Philadelphia pada 1963. Meskipun piala NBAnya kurang 14 dari Boston Celtics dan 13 dari L.A Lakers, para pebasket 6ers merupakan beberapa yang terhebat di NBA. Gak percaya? Berikut old.uniknya.com merangkum 5 Pebasket terbaik Philadelphia 76ers:

 

1. Julius Erving

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Julius Erving(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Julius Erving atau dikenal juga dengan Dr. J merupakan bintang basket ABA (American Basketball Association), sebelum akhirnya bersinar di NBA pada 1976. Bersama Sixers ia telah menjalani 11 musim kompetisi, ia bahkan masuk ke dalam tim All-Star setiap tahunnya dan memenangi MVP pada 1981. Dua tahun kemudian, bersama Moses Malone, menjadikan ‘The Sixers’ tercatat dalam sejarah basket Amerika Serikat sebagai perain gelar juara NBA.

Jika saja Lakers dan Celtics tidak cemerlang di tahun-tahun yang Irving lewati, Philadelphia 76ers mungkin memenangkan banyak gelar. Meski demikian, gaya dan aksinya yang eksentrik telah banyak menginspirasi pebasket, tak heran jika ia digelar dokter (Dr) J. Namanya selalu melegenda di hati para pecinta Sixers dan pecinta bolabasket Amerika Serikat.

 

2. Wilt Chamberlain

Wilt Chamberlain (Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Wilt Chamberlain
(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Wilt telah bermain bersama Sixers selama empat musim, selama 14 tahun karier legendanya di NBA. Di musim pertamanya bersama Sixers dalam setiap pertandingan rata-rata ia memperoleh poin sebesar 34,7 poin. Di musim keduanya, ia memperoleh poin 24,6 untuk rebound. Dan di musim ketiganya ia meraih poin 68,3 poin untuk melakukan shot. Dan yang paling diingat oleh para fansnya adalah ketika ia menjadi pebasket dengan assist terbanyak di musim kompetisi 1967-68. Namun sayangnya ia melanjutkan kariernya bersama L.A Lakers, jika tidak mungkin ia sudah menjadi legenda Sixers sepanjang masa.

 

3. Allen Iverson

Allen Iverson(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Allen Iverson(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Para pengamat, pemain bahkan pecinta bola basket di Amerika Serikat akan mengenalnya sebagai pemain yang benci latihan. Iverson masuk menjadi anggota Sixers pada 1996, kreatifitas dan nalurinya membawa Sixers kembali bangkit. Iverson pun dikenal sebagai pebasket kecil dengan shot point yang luar biasa. Iverson memenangkan MVP pada 2001, sekaligus membawa Sixers ke babak final dan kalah dari Lakers dalam lima pertandingan.

 

4. Hal Greer

Hal Greer(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Hal Greer(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Meskipun ia tidak masuk ke dalam jajaran pemain bintang Sixers, namun namanya harum sebagai salah satu pemain terbaik di eranya (1958-1973). Hal Greer meraih sepuluh kali sebagai defender dalam tim All-Star, selama karier profesionalnya dengan Sixers. Dalam babak play-off yang dijalani Sixers, Hal Greer meraih rata-rata 27,7 poin hingga membawa timnya juara pada 1967.

 

5. Charles Barkley

Charles Barkley(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Charles Barkley(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Charles Barkley, merupakan salah satu pebasket legendaris NBA, ia adalah seorang pemain depan yang sangat mendominasi musim-musim di masanya. Sir Charles atau Chuck, merupakan panggilan yang akan diingat oleh paran fans dan pengamat basket Amerika Serikat. Ia bergabung dengan Philadelphia 76ers pada 1984, bergabung dengan legenda Sixers lainnya (James Irving Cs). Ia lima kali terpilih ke dalam All-NBA First Team, All-NBA Second Team dan satu kali di All-NBA Third Team.

Pada 1993 ia terpilih sebagai Most Valuable Player (MVP) dan dalam perayaan ke-50 NBA namanya masuk ke dalam 50 pemain terbaik dalam Sejarah NBA. Ia membawa tim bola basket Amerika Serikat meraih dua medali emas pada Olimpiade 1992 dan 1996. Baru pada 2006 namanya masuk ke dalam Naismith Memorial Basketball Hall of Fame, bergabung bersama pebasket legendaris Amerika Serikat lainnya.(**)

Sumber: Foxsport.com, old.uniknya.com, Juni 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com