5 Musisi yang Bermasalah Dengan Pajak (Bagian – I)

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Mungkin tidak semua orang menerima keberadaan pajak, karenanya masih banyak dari mereka yang tidak membayarkan pajak untuk apa yang mereka dapatkan. Tidak terkecuali para musisi dunia, beberapa dari mereka bermasalah dengan pajak. Tanpa dibatasi oleh usia dan era, musisi muda atau legenda yang bermasalah dengan pajak harus melalui persidangan, mendapatkan pemberitaan negatif dari pers, dan mendekam di penjara. Berikut 5 musisi yang bermasalah dengan pajak:

 

1. Chuck Berry

(sumber:old.uniknya.com,blogspot.com)

Chuck Berry(sumber:old.uniknya.com,blogspot.com)

Chuck Berry merupakan musisi legendaris, namanya bahkan tercatat dalam sejarah sebagai pionir Rock n’ Roll dunia. Sejak terjun ke dunia musik profesional pada 1950’an dan menikmati kesuksesan yang terbilang lama. Pada 1986 namanya tercatat di dalam Rock and Roll Hall of Fame. Namun peristiwa memalukan terjadi pada 10 Juli 1979, Chuck harus mendekam di dalam penjara (4 tahun) akibat tidak membayar pajak atas penghasilan yang didapatkannya. Selain di penjara Chuck pun harus menjalani pekerjaan sosial selama 1.000 jam.

 

2. Method Man

Method Man(sumber:old.uniknya.com,blogspot.com)

Method Man(sumber:old.uniknya.com,blogspot.com)

Clifford Smith yang juga dikenal sebagai Method Man, merupakan salah satu rapper dan aktor yang berhasil mendapatkan Grammy Award. Lelaki asal Long Island, New York, yang juga anggota dari Wu-Tang Clan, tidak luput dari masalah pajak.

Berdasarkan laporan yang dikeluarkan oleh pemerintah New York, Method Man tidak membayar pajak sejak 2004 hingga 2007. Tunggakan pajak Method Man selama tiga tahun terhitung 33.000 dolar AS. Ia ditangkap pada 5 Oktober 2009 dan dinyatakan berasalah pada 28 Juni 2010. Meskipun demikian, Method Man bebas setelah membayar denda 106.000 dolar AS. Berdasarkan keterangan salah satu oknum pengacara, Method Man dapat bebas dari jeratan hukuman karena membayar seseorang.

 

3. Mystikal

Mystikal(sumber:old.uniknya.com,blogspot.com)

Mystikal(sumber:old.uniknya.com,blogspot.com)

Raper kelahiran New Orlean, Michael Lawrence Taylor alias Mystikal, ternyata selain dijerat hukum gara-gara kekerasan seksual pada Agustus 2005 lalu. Ia pun bermasalah dengan pajak yang tidak dibayarnya pada 1998 dan 1999. Sehingga pada 12 Januari 2006 Pengadilan Federal menyatakan dirinya bersalah dengan hukuman 1 tahun penjara di Louisiana’s Elayn Hunt Correctional Center. Pada 11 Januari 2010 akhirnya Mystikal kembali merasakan kebebasan.

4. Fat Joe

Fat Joe(sumber:old.uniknya.com,blogspot.com)

Fat Joe(sumber:old.uniknya.com,blogspot.com)

Fat Joe, Raper yang juga dikenal sebagai pengusaha dengan nama Joseph Cartagena tidak bisa menghindari kejaran para penegak hukum IRS (Agen Khususpajak). Pada Desember 2012, Fat Joe dinyatakan bersalah atas penggelapan dua akun pajak pada 2007 dan 2008. Berdasarkan laporan Huffingtonpost, Fat Joe diharuskan membayar denda sebesar 200.000 dolar AS.

Namun secara resmi pemerintah menjeratnya dengan laporan penggelapan pajak yang dilakukan Fat Joe dari tahun 2007 hingga 2010, senilai 718.038 dolar AS. Namun karena Fat Joe sebelumnya tidak pernah berurusan dan mendekam di penjara, maka itu menjadi pertimbangan. Sebaliknya atas kejadian ini Fat Joe menyalahkan konsultan dan penasehat keuangannya.

 

5. Roy Wooten

Roy Wooten(sumber:old.uniknya.com,blogspot.com)

Roy Wooten(sumber:old.uniknya.com,blogspot.com)

Roy Wooten yang juga dikenal sebagai “Future Man,”RoyEl”, dan “Futche”, pernah memenangkan Grammy Award sebanyak 5 kali. Namun prestasi tersebut tidak sebanding dengan sikapnya yang bermasalah dengan pajak. Perkusionis yang pernah tergabung dalam Bela Fleck and the Flecktones harus mendekam selama 2 tahun di penjara pada 8 Agustus 2005.

Karier musisi solo ini mulai menanjak sejak November 2001, ternnyata terindikasi memiliki empat akun pajak yang bermasalah. Berdasarkan keterangan pihak berwenang, Wooten sudah tidak membayar pajak sejak 1995 hinga 1998. Beruntung meskipun dinyatakan bersalah, namun hukumannya masih dirasakan ringan. Namun pada 2005 ia kembali bermasalah dengan pajak, untuk itu ia harus menjalani hukuman selama 2 tahun dan membayar denda sebesar 131.000 dolar as.(**)

Sumber:investopedia, old.uniknya.com, Juni 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com