5 Fakta Pergeseran Kutub Utara Magnet Bumi

Oleh : Timun

[UNIKNYA.COM] Sobat Unik, bumi memiliki dua magnet utama yaitu magnet Kutub Utara dan magnet Kutub Selatan. Namun apakah arah magnet Kutub Utara selalu menunjuk pada daerah Kutub Utara?. Menurut para ilmuwan, Kutub Utara magnet selalu bergerak dan tidak selalu menunjuk ke arah Kutub Utara. Berikut kami rangkum 5 fakta pergeseran Kutub Utara Magnet, sebagai berikut :

 

1. Lapisan Cair

Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com

Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com

Para ilmuwan sudah mengetahui bahwa kutub utara magnet di Bumi selalu berpindah lokasi dikarenakan kutub-kutub magnet Bumi terbentuk oleh lapisan besi cair yang berada dalam inti Bumi. Pergerakan kutub utara magnet ini masih belum bisa diprediksi oleh para ahli. Namun, para ilmuwan berpendapat bahwa pergerakan kutub utara magnet masih dalam batas normal, dan kemungkinan akan kembali mengarah ke daerah Kutub Utara.

2. Pergerakan Magnet Bumi

sumber:blogspot.com,old.uniknya.com

sumber:blogspot.com,old.uniknya.com

Berdasarkan penelitian, kekuatan magnet Bumi telah menurun 10 % dalam kurun waktu 150 tahun. Selain itu, menurut Joseph Stoner; seorang ahli paleomagnetik mengatakan selamat 150 tahun terakhir, kutub utara magnet bergerak menjauh dari arah Kutub Utara sepanjang 1.100 Km.

3. Kutub Utara Magnet

sumber:blogspot.com,old.uniknya.com

sumber:blogspot.com,old.uniknya.com

Kutub utara magnet di Bumi pertama kali ditemukan pada tahun 1831, namun ketika dilakukan pengukuran kembali pada tahun 1904; letak kutub utara magnet Bumi sudah bergerak sejauh 50 Km dari lokasi sebelumnya. Para peneliti berpendapat bahwa pergerakan kutub utara magnet semakin menjauh setiap abadnya dari letak semula di Kutub Utara.

 

4. Kompas

Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com

Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com

Pengaruh pergerakan kutub utara magnet Bumi ini sangat berpengaruh terhadap kompas sebagai alat penunjuk kutub-kutub Bumi. Para pemandu arah, harus bisa terus menyesuaikan perbedaan arah kutub utara magnet Bumi, dikarenakan kutub utara magnet Bumi tidak lagi menunjuk ke arah Kutub Utara. Sehingga ketika ingin menunjukkan lokasi kota tertentu, derajat sudutnya selalu berubah-ubah dan bisa membuat bingung para pengguna kompas kedepannya.

 

5. Danau Arktik

Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com

Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com

Para ilmuwan terus meneliti tentang pergerakan kutub utara magnet Bumi ini dengan cara merekam endapan-endapan yang ada di beberapa danau di daerah Kutub Utara. Endapan-endapan tersebut diperkirakan merekam pergeseran medan magnetik dari kutub utara magnet Bumi pada waktu-waktu tertentu.

Dalam melacak pergerakan medan magnet dari kutub Bumi, para peneliti menggunakan detektor karbon. Mereka mengetahui bahwa kutub utara magnet Bumi telah berubah secara signifikan dalam 1000 tahun. Menurut peneliti, pergerakan kutub utara magnet bumi ini bergerak di antara Kanada bagian utara dan daerah Siberia, namun di suatu waktu, pergerakan kutub utara magnet Bumi ini bergerak acak.(**)

Sumber : WordPress.com, old.uniknya.com, April 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com