Canggihnya Terowongan ‘Ajaib’ Anti Banjir di Malaysia

Oleh : Iqbal Vetra

[UNIKNYA.COM] Serangkaian banjir yang telah terjadi di beberapa negara dunia telah menimbulkan banyak kerugian, bukan hanya harta benda, kadangkala nyawa juga ikut melayang karena musibah ini.

Nah, dampak banjir tersebut nampaknya tak akan berlaku di ibu kota Kuala Lumpur, Malaysia. Pasalnya, disana terdapat terowongan ‘ajaib’ yang dinamai SMART (Stormwater Management and Road Tunnel), yang telah menjadi senjata pamungkas mereka menghadapi banjir.

 

rrj7wp8y copy

Canggihnya Terowongan ‘Ajaib’ Anti Banjir di Malaysia (Sumber : amusingplanet.com, old.uniknya.com)

 

Seperti dilansir Amusing Planet, SMART adalah terowongan terpanjang dan terbesar dengan teknologi paling maju di Malaysia, atau bahkan di Asia Tenggara. Terowongan ini mampu mengalihkan banjir, menjauh dari pertemuan dua sungai besar – Sungai Klang dan Kerayong – yang mengalir melalui pusat Kota Kuala Lumpur.

Uniknya, selain untuk menampung air banjir, jalur sepanjang empat kilometer di terowongan ini juga bisa berfungsi sebagai jalan tol jika kondisinya kering. Banjir reda, macet pun terurai.

 

fmeaqz5f copy

Sumber : amusingplanet.com

 

Terowongan itu memiliki diameter 13,2 meter yang dibangun dengan biaya sebesar US$ 514 juta atau 1.9 miliar ringgit Malaysia pada 2003. Dan sejak dibuka tahun 2007 hingga akhir 2012, terowongan pintar ini telah 236 kali digunakan menangkal banjir dan telah dilewati 30.000 mobil setiap harinya.

Terowongan ini memiliki penyimpan air dan dua gorong-gorong kotak untuk mengalihkan banjir. Selain itu, ada pula cekungan untuk resapan. Smart tunnel juga dilengkapi dengan ventilasi di setiap 1 kilometer. Ventilasi ini memungkinkan sirkulasi udara, sehingga kualitas udara di jalan tol tetap terjaga.

Tak hanya itu, terowongan ini juga dilengkapi dengan peralatan pemadam kebakaran, telekomunikasi, dan kamera pengintai. Masing-masing peralatan tersebut diletakkan pada titik-titik di setiap 1 kilometer.

 

02fft5t4 copy

Sumber : amusingplanet.com

 

Konsep Smart Tunnel ini rencananya juga akan dibuat oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dengan biaya Rp 16 triliun. Terowongan raksasa atau smart tunnel rencananya akan dibuat dari Jalan MT Haryono hingga kawasan Pluit. Jokowi sebelumnya mengungkapkan rencana DKI untuk membangun gorong-gorong bawah tanah dengan diameter 16 meter.

Menurut Vivanews, Jokowi mengatakan selain menampung air, terowongan bisa difungsikan untuk hal lain, seperti jalur kabel optik, kabel listrik, penampungan air limbah, dan bahkan jalan tol. (**)

Sumber : dari berbagai sumber, old.uniknya.com, Juni 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com