5 Hewan Kecil yang Mengganggu Manusia

Oleh: Izzaniskala
[UNIKNYA.COM]: Sobat Unik sebuah ruangan rumah bersih dan rapi ternyata tidak menjamin bebas dari hewan asing yang merugikan manusia. Bahkan jumlah hewan mikro itu bisa berjumlah jutaan, mereka menempel di tubuh manusia, sofa, tempat tidur, karpet lantai dan perabotan rumah lainnya. Beberapa mahluk kecil tersebut bahkan mendapatkan makanannya dari dara, perilaku inilah yang merugikan manusia. Berikut old.uniknya.com merangkum 5 hewan kecil yang mencintai manusia:

 

1. Kepinding (Kutu Kasur)

(Sumber: greenbuzzz.ne)

Kepinding (Kutu Kasur)(Sumber: greenbuzzz.ne)

 

Salah satu mahluk kecil penghisap darah manusia yang popular adalah kepinding, bangsat atau tumbila dalam bahasa Sunda. Mereka berkeliaran di malam hari untuk mencari makanan, yakni darah manusia. Mereka bersembunyi di tempat tidur, celah-celah furnitur ataupun di dalam pakaian, hingga akhirnya menempel dan menghisap darah manusia. Selain menyebabkan gatal akibat luka tusukan lidah tabung, kepinding merupakan salah satu penyebar virus penyakit. Sehingga apabila dibiarkan, maka orang digigit kepinding akan menderita sebuah penyakit.

 

2. Kutu Kepala

(Sumber: greenbuzzz.ne)

Kutu Kepala(Sumber: greenbuzzz.ne)

 

Kutu yang satu ini pun termasuk salah satu yang sering bersentuhan dengan manusia, karena pda dasarnya kutu adalah hewan parasit. Kutu yang satu ini hidup subur di atas kepala manusia, di antara rambut-rambut mereka bergelantungan dan menempelkan telur-telurnya. perkembang-biakan serta pertumbuhan mereka pun sangat cepat. Seperti kepinding, kutu kepala memperoleh makanannya melalui darah yang dihisap menggunakan mulut menyerupai jarung suntik.
Meskipun keberadaannya mengakibatkan gatal, luka di kulit kepala, hidup mereka tidak berlangsung lama. Tidak lebih dari 24 jam mereka hidup di kepala manusia, sementara telur-telurnya kemudian menetas. Pada umumnya kutu kepala ini menyukai kepala anak dari usia 3 hingga 11 tahun.

 

3. Kutu Debu

(Sumber: greenbuzzz.ne)

Kutu Debu(Sumber: greenbuzzz.ne)

 

Kutu yang satu ini bukan mahluk asing, meskipun hanya sebagian manusia saja yang pernah melihatnya. Dan rumah dan gudang adalah surga bagi mereka. Hewan kecil berwarna debu yang memiliki delapan kaki ini biasanya dapat ditemukan di kasur, bantal, soufa dan karpet. Namun berbeda dengan kutu kepala dan kepinding, kutu debu ini hanya memakan sampah organik seperti sel kulit mati. Namun meskipun begitu, kutu debu ini dapat merangsang munculnya asma dan alergi.

 

4. Nyamuk

(Sumber: greenbuzzz.ne)

Nyamuk(Sumber: greenbuzzz.ne)

Serangga terbang yang satu ini popular atas ulahnya menyebarkan sejumlah penyakit bagi jutaan manusia di muka bumi. Ya, nyamuk. Melalui gigitannya, mereka turut menyebarkan virus, bakteri dan parasit di dalam tubuh manusia. Meski bibit penyakit yang dibawanya itupun berasal dari manusia. Para peneliti dan ahli mengungkapkan bahwa hanya nyamuk betina (sedang bertelur) saja yang mendapatkan makanan dengan menghisap darah manusia, sementara jantanya mendapatkan makanan dari tumbuhan.

 

5. Kutu Anjing dan Kucing

(Sumber: greenbuzzz.ne)

Kutu Anjing dan Kucing(Sumber: greenbuzzz.ne)

 

Mahluk kecil yang mencintai manusia ini dibawa oleh hewan peliharaan rumah seperti anjing dan kucing. Namun kutu ini hanya hidup di atas tubuh hewan yang kotor dan jorok, tidak terawat dengan baik oleh majikannya. Kutu hewan ini hidup dengan cara menghisap darah inangnya, selain ada juga yang hidup dari kotoran inangnya.
Kutu yang mengerikan akan menempel di tubuh manusia yang sering berinteraksi dan bermain-main dengan anjing peliharaanya. Dan lebih buruknya lagi kutu ini membawa penyakit yang sangat merugikan bahkan mematikan seperti penyakit pes.(**)

 

Sumber: greenbuzz.net, old.uniknya.com, Mei 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com