5 Penemuan Luar Biasa Mesir Kuno (Bagian II – Habis)

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Selama ribuan tahun bangsa Mesir kuno berkembang begitu pesat, mereka mungkin dianggap sebagai peradaban paling maju di dunia yang pernah dikenal. Tidak sedikit perlengkapan yang sekarang kita kenal, jauh-jauh hari sudah digunakan oleh masyarakat Mesir Kuno. Kreasi mereka mengubah segalanya mulai dari fashion sampai teknologi pertanian yang pengaruhnya masih bisa kita rasakan hingga kini.

 

1. Bajak

Sementara sejarawan tidak sepenuhnya yakin dari mana bajak berasal, bukti menunjukkan bahwa Mesir dan Sumeria adalah peradaban pertama yang menggunakan bajak sekitar 4000 SM.

Bajak merupakan sebuah alat di bidang pertanian yang digunakan untuk menggemburkan tanah sebelum melakukan penanaman dan penaburan benih, juga merupakan salah satu alat paling sederhana dan berguna dalam sejarah.

Adalah bangsa Mesir Kuno telah menggunakan bajak meninggalkan alat tradisional seperti sekop. Mereka m,emang  tinggal di daerah yang sangat subur seperti di tepi sungai Nil, di mana banjir tahunan selalu memperbaharui tanah di daerah tersebut. Tetapi, untuk secara teratur bercocok-tanam di daerah yang kurang subur, tanah harus digemburkan terlebih dahulu agar setelahnya dapat membuat alur untuk menabur benih.

Tujuan utama dari membajak adalah untuk membawa tanah bagian dalam yang subur ke permukaan. Bajak biasanya ditarik oleh seekor sapi. Walau demikian, di beberapa daerah, bajak ditarik oleh kuda.

 

(Sumber:wordpress.com)

Bajak(Sumber:wordpress.com)

2. Kalender

Banyak dari kita akan mungkin akan sedikit kacau tanpa keberadaan kalender, untuk membantu kita mengingat janji dan pertemuan penting, tetapi di masa Mesir kuno, kalender bisa berarti perbedaan antara pesta rakyat dan kelaparan. Tanpa kalender, Mesir kuno tidak punya cara untuk mengetahui kapan banjir tahunan sungai Nil akan dimulai. Tanpa pengetahuan itu, seluruh sistem pertanian mereka akan berisiko, sehingga beberapa ribu tahun sebelum era sekarang, mereka mulai menggunakan salah satunya.

Kalender bangsa Mesir terikat erat pada bidang pertanian. Dan mereka membagi menjadi tiga musim utama banjir, tumbuh dan panen. Setiap musim memiliki empat bulan, dengan setiap bulan dibagi menjadi 30 hari. Jika dihitung semuanya mendapatkan 360 hari setahun – sedikit lebih pendek dari acuan satu tahun kini. Untuk membuat perbedaan, Mesir menambahkan lima hari antara panen dan musim banjir. Lima hari tersebut, ditetapkan sebagai hari libur keagamaan guna menghormati para dewa.

 

(Sumber:wordpress.com)

Kalender(Sumber:wordpress.com)

3. Lembar Papirus

Tidak ada yang akan menyangkal bahwa Cina merupakan peradaban pertama yang mengubah dunia selamanya dengan penemuan kertas di tahun 140 SM. Tetapi, tidak  banyak orang yang tahu bahwa peradaban Mesir Kuno telah mengembangkan “kertas” mengagumkan dari tanaman papirus jauh sebelumnya.

Papirus atau Papyrus adalah sejenis tanaman air yang dikenal sebagai bahan untuk membuat kertas pada zaman kuno. Tanaman ini umumnya dijumpai di tepi dan lembah Sungai Nil. Kira-kira 3500 SM, bangsa Mesir Kuno sudah memanfaatkan papirus. Mereka pada saat itu membuat kertas dari kulit-kulit tipis atau kulit-kulit halus papirus, sebelum kertas (seperti yang kita kenal sekarang) ditemukan.

 

(Sumber:wordpress.com)

Lembar Papirus (Sumber:wordpress.com)

4. Bahasa Tertulis

Sistem penulisan Mesir dimulai dengan Piktogram, berkisar pada 6000 SM. Piktogram adalah penggambaran sederhana dari kata-kata yang mereka wakili, tetapi mereka memiliki keterbatasan. Seiring waktu, Mesir menambahkan elemen lain untuk sistem penulisan mereka, termasuk karakter alphabetlike yang menggunakan karakter lain, yang memungkinkan mereka untuk menulis nama dan dan lainnya.

Hari ini, semua orang tahu orang Mesir Kuno telah menciptakan hiroglif. Hieroglif Mesir adalah sistem tulisan formal yang digunakan masyarakat Mesir kuno yang terdiri dari kombinasi elemen logograf dan alfabet. Hieroglif Mesir merupakan salah satu sistem penulisan paling tua yang dikenal manusia. Beberapa dari tulisan tersebut berasal dari tahun 3000 sebelum masehi dan telah digunakan oleh bangsa Mesir selama lebih dari 3000 tahun. Masyarakat Mesir menggunakan hieroglif kursif untuk sastra keagamaan pada papirus dan kayu. Adapula variasi formal tulisan yang lebih kecil, yang disebut hieratik dan demotik, namun secara teknis tulisan tersebut bukan merupakan hieroglif.

 

(Sumber:wordpress.com)

Bahasa Tertulis(Sumber:wordpress.com)

5. Riasan Mata

Tentu, riasan mata mungkin tidak masuk ke dalam peringkat paling penting dalam sejarah manusia, namun bangsa Mesir Kuno telah menggunakannya jauh-jauh hari. Karena praktik riasan mata telah digunakan sejauh 4000 SM. Bahkan lebih mengesankan, beberapa budaya kosmetik masih membuat riasan mata menggunakan teknik yang sama yang dipelopori ribuan tahun yang lalu oleh orang Mesir. Mereka dikombinasikan dengan jelaga mineral yang disebut galena untuk membuat salep hitam dikenal sebagai kohl, yang masih populer saat ini. Mereka juga bisa menciptakan riasan mata hijau dengan menggabungkan mineral yang disebut perunggu dengan galena untuk mewarnai salep.(**)

(Sumber:wordpress.com)

Riasan Mata
(Sumber:wordpress.com)

Sumber: howstuffworks.com, old.uniknya.com, Mei 2013

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com