5 Penemu Terbaik Sepanjang Sejarah

 Oleh: Zaenal Abidin

[UNIKNYA.COM]: Para penemu adalah orang-orang yang berjasa untuk kehidupan manusia. Seorang penemu harus mengorbankan waktu, materi bahkan bertaruh nyawa untuk sebuah penemuan. Namun semua resiko tersebut tidaklah sebanding dengan hasil yang didapat ketika temuannya tersebut diakui dan dihargai. Berikut old.uniknya.com merangkum 5 Penememu Terbaik Sepanjang Sejarah.

 

1. Alexander Graham Bell

(sumber:blogspot.com)

Alexander Graham Bell(sumber:blogspot.com)

Alexander Graham Bell lahir di Edinburgh, Skotlandia, Inggris pada tanggal 3 Maret 1847 dan meninggal di Beinn Bhreagh, Nova Scotia, Kanada pada tanggal 2 Agustus 1922 pada umur 75 tahun. Dia adalah seorang ilmuwan, pencipta, dan pendiri perusahaan telepon. Selain karyanya dalam teknologi telekomunikasi, ia juga berperan penting dalam teknologi penerbangan dan hidrofoil. Walaupun Alexander Graham Bell adalah penemu telepon, dia tidak pernah menelepon istri dan ibunya karena mereka seorang tunarungu.

 

2. Thomas Edison

(sumber:blogspot.com)

Thomas Edison(sumber:blogspot.com)

Thomas Alva Edison lahir pada tanggal 11 Februari 1847 dan meninggal pada tanggal 18 Oktober 1931 pada umur 84 tahun. Thomas Edison adalah seorang penemu dan pengusaha yang mengembangkan banyak peralatan penting dan merupakan salah seorang penemu pertama yang menerapkan prinsip produksi massal pada prosesa penemuan. Salah satu penemuan terbaiknya adalah mesin telegraf. Selain itu, ia juga menemukan beberapa peralatan canggih seperti pendeteksi pesawat terbang, penghancur periskop dengan senjata mesin, pendeteksi kapal selam, menghentikan torpedo dengan jaring, menaikkan kekuatan torpedo, kapal kamuflase, dan masih banyak lagi.

 

3. Leonardo Da Vinci

(sumber:blogspot.com)

Leonardo Da Vinci(sumber:blogspot.com)

Leonardo da Vinci lahir di Vinci, propinsi Firenze, Italia pada 15 April 1452 dan meninggal di Clos Lucé, Perancis pada 2 Mei 1519 (umur 67 tahun). Dia adalah seorang arsitek, musisi, penulis, pematung, dan pelukis Renaisans Italia. Leonardo terkenal karena lukisannya yang piawai, seperti lukisan Mona Lisa. Ia juga dikenal karena mendesain banyak ciptaan yang mengantisipasi teknologi modern tetapi jarang dibuat semasa hidupnya, sebagai contoh ide-idenya tentang tank dan mobil yang dituangkannya lewat gambar-gambar dwiwarna. Selain itu, ia juga turut memajukan ilmu anatomi, astronomi, dan teknik sipil bahkan kuliner.

 

4. Nikola Tesla

(sumber:blogspot.com)

Nikola Tesla(sumber:blogspot.com)

Nikola Tesla lahir di Smiljan, Kroasia pada 10 Juli 1856 dan meninggal di New York City pada 7 Januari 1943 (umur 86 tahun) adalah seorang penemu, fisikawan, teknisi mekanika, dan teknisi listrik Amerika Serikat.
Tesla dianggap sebagai salah satu penemu terpenting dalam sejarah dan merupakan salah seorang teknisi terbesar dalam akhir abad ke-19 dan abad ke-20. Tesla merupakan seorang perintis elektromekanik, wireless, dan daya listrik. Ia berketurunan Serbia dan menjadi warga negara Amerika Serikat pada 1891 selagi bekerja di negara tersebut. Setelah pendemonstrasian komunikasi tanpa kabel pada 1893 dan memenangkan “Perang Arus”, Tesla dianggap sebagai salah satu teknisi listrik AS terhebat.

 

5. Benjamin Franklin

(sumber:blogspot.com)

Benjamin Franklin(sumber:blogspot.com)

Benjamin Franklin lahir di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat pada 17 Januari 1706 dan meninggal di Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat pada 17 April 1790 (umur 84 tahun) adalah seorang tokoh Amerika Serikat yang terkenal dan telah meninggalkan banyak karya di dalam hidupnya. Franklin adalah orang dengan banyak jenis pekerjaan dan keahlian. Ia adalah seorang wartawan, penerbit, pengarang, filantrofis, abolisionis , pelayan masyarakat (pejabat), ilmuwan, diplomat, dan sekaligus penemu. Franklin juga adalah salah seorang pemimpin Revolusi Amerika, selain itu ia juga terkenal dengan percobaanya mengenai listrik (penangkal petir).(**)

 

Sumber: Berbagai sumber, old.uniknya.com, Mei 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com