5 Klub Eropa Peraih Trofi Champions Terbanyak

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Liga Champions UEFA (bahasa Inggris: UEFA Champions League) adalah kejuaraan antar klub sepak bola tahunan antara klub-klub sepak bola tersukses di Eropa, dan sering dianggap sebagai trofi tingkat klub yang paling prestisius di Eropa.

Real Madrid telah menjuarai kompetisi ini sembilan kali dan menjadi yang terbanyak di seluruh Eropa. Tim-tim yang paling sukses berikutnya adalah AC Milan (7 kali juara), Liverpool FC (5 kali juara), FC Bayern München, AFC Ajax dan FC Barcelona (4 kali juara), Manchester United dan Internazionale Milan (3 kali juara). Berikut profile klub-klub tersebut:

 

1. Real Madrid (9 Gelar)

Real Madrid didirikan pada 6 Maret 1902 dengan nama Madrid Club de Fútbol, tim ini menggunakan gelar Real (“dari kerajaan”) setelah Raja Alfonso XIII dari Spanyol memberikan izin resmi kepada klub tersebut pada Juni 1920. Real Madrid telah bermain di Divisi Utama Liga Spanyol (Primera División) yang disebut sebagai La Liga sejak awal kompetisi ini dimulai, tahun 1928, dan merupakan klub tersukses di Spanyol berdasarkan jumlah trofi juara yang telah mereka raih. Klub ini juga merupakan salah satu klub terbaik abad ke-20 menurut FIFA. Mereka telah meraih 32 gelar La Liga, 18 gelar Copa del Rey, 8 Piala Super Spanyol, 9 gelar Piala Champions/Liga Champions UEFA, 2 Piala UEFA, 1 Piala Super Eropa, dan 3 Piala Interkontinental.

Kostum tradisional Real Madrid adalah putih-putih, sehingga dijuluki Los merengues (Tim putih). Stadion kandangnya adalah Stadion Santiago Bernabéu yang berkapasitas 80.354 penonton. Real Madrid sendiri memiliki rivalitas cukup sengit terutama dengan Barcelona (dikenal sebagai El Clásico) dan klub sekota Atletico Madrid (dikenal sebagai El Derbi madrileño).

 

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Real Madrid(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

 

2. A.C. Milan  (7 Gelar)

Associazione Calcio Milan Italia bermain dengan seragam bergaris merah-hitam dan celana putih (kadang-kadang hitam), sehingga dijuluki rossoneri (“merah-hitam”). Milan adalah tim tersukses kedua dalam sejarah persepak bolaan Italia, menjuarai Seri A 18 kali dan Piala Italia 5 kali.

Klub ini didirikan pada tahun 1899 dengan nama Klub Kriket dan Sepak bola Milan (Milan Cricket and Football Club) oleh Alfred Edwards, seorang ekspatriat Inggris.

 

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

A.C. Milan (Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

 

3. Liverpool (5 Gelar)

Liverpool Football Club  telah memenangkan 5 trofi Liga Champions UEFA (dulu Piala Champions) dan merupakan klub dengan pemegang gelar juara Liga Champions UEFA terbanyak di Inggris dan ketiga di Eropa setelah Real Madrid dan AC Milan. Selain itu Liverpool juga pemegang masing-masing 3 gelar juara Liga Eropa UEFA dan Piala Super UEFA

Di kompetisi domestik, Liverpool adalah klub dengan 18 gelar juara Liga Inggris, 7 Piala FA, serta 7 kali juara Piala Liga. Liverpool didirikan pada tahun 1892 dan bergabung dengan Football League pada tahun berikutnya. Klub ini telah bermain di Stadion Anfield sejak pembentukannya yang terletak sekitar 4,8 km dari pusat kota Liverpool.

Periode paling sukses dalam sejarah Liverpool adalah pada tahun 1970-an dan 1980-an ketika Bill Shankly dan Bob Paisley memimpin klub dengan sebelas gelar liga dan tujuh piala Eropa.

 

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Liverpool(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

 

4. Bayern Munchen, FC Barcelona,dan Ajax Amsterdam (Masing-masing 4 Gelar)

  • Bayern Munchen

FC Bayern Munchen telah menjuarai Liga Champions sebanyak 4 kali. Pada 22 Mei 2010 di final Liga Champions, FC Bayern München ditaklukkan oleh klub raksasa Italia, Inter Milan, yang membuat Bayern keluar sebagai runner-up. Kemudian 2 tahun berselang yakni pada 19 Mei 2012, FC Bayern München kembali tampil di final Liga Champions yang digelar di kandang mereka sendiri, Allianz Arena yang bertanding melawan Chelsea. Lagi-lagi München gagal juara karena kalah adu penalti dengan skor 4-3 setelah sebelumnya di waktu normal 90 menit hanya bermain imbang 1-1 atas Chelsea.

  • FC Barcelona (4 Gelar)

Dengan persembahan 21 gelar Liga Spanyol, 25 gelar Copa del Rey, 10 gelar Piala Super Spanyol, 4 gelar Liga Champions Eropa, 4 gelar Piala UEFA, 4 gelar Piala Super Eropa, FC Barcelona menjadi salah satu tim tersukses di Spanyol, Eropa, dan dunia. Bukti paling nyata ketika pada tahun 2009 FC Barcelona berhasil menjadi klub Spanyol pertama yang berhasil meraih gelar Treble (juara La Liga, Copa del Rey, dan Liga Champions). Dilanjutkan dengan raihan gelar Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa dan FIFA Club World Cup untuk melengkapi raihan gelarnya menjadi Sextuples. Barcelona merupakan klub sepak bola pertama di dunia yang melakukan raihan ini. Fans Barca juga sering dipanggil Culés.

  • Ajax Amsterdam (4 Gelar)

Klub ini adalah salah satu klub terkuat di Belanda dan juga di Eropa. Ajax adalah salah satu dari empat klub yang telah memenangi ketiga gelar utama Eropa setidaknya sekali, masing-masing Piala Champions (4 kali), Piala Winners, dan Piala UEFA. Di kompetisi dalam negeri, Ajax 31 kali menjuarai Liga Belanda (Eredivisie).

 

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Bayern Munchen, FC Barcelona,dan Ajax Amsterdam (Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

 

5. Inter Milan (3 Gelar)

Tahun 2010 adalah pencapaian terbaik kedua bagi Inter sepanjang sejarah sejak berdiri. Meraih lima gelar sekaligus (Serie A, Coppa Italia, UEFA Champions League, Supercoppa Italiana, dan FIFA Club World Cup). Inter bermain di stadion Giuseppe Meazza dan berlatih di Angelo Moratti Sports Center (dikenal juga sebagai La Pinetina) sebuah fasilitas latihan di Appiano Gentile.(**)

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Inter Milan (3 Gelar)(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Sumber: wikipedia.org, old.uniknya.com, Mei 2013

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com