5 Misteri Legenda Naga di China

Oleh : Timun

[UNIKNYA.COM] Sobat Unik, Naga merupakan makhluk mitologi paling terkenal di dunia. Pada dasarnya seluruh negara memiliki legendanya masing-masing, namun tidak bisa disangkal kalau Naga dari legenda Cina adalah yang paling menarik. Mungkinkah makhluk terbang bertubuh ular, bertanduk dan memiliki cakar itu benar-benar ada? Dan mungkinkah makhluk yang selalu dianggap kuat serta memiliki kekuasaan yang luar biasa tersebut memiliki kebiasaan yang misterius? Berikut Kami rangkum 5 Misteri Legenda Naga dari Negara China, sebagai berikut :

 

1.      Karakteristik Naga dengan Angka 9

Nomor sembilan adalah istimewa dalam kebudayaan Cina kerana sering kali berkait dengan naga. Di dalam mitologi Cina, Naga memiliki kaitan yang sangat erat dengan angka “9″. Misalnya, Naga Cina sesungguhnya memiliki 9 karakteristik yang merupakan kombinasi dari makhluk-makhluk lainnya, yaitu : Ia memiliki kepala seperti unta , Sisiknya seperti ikan , Tanduknya seperti rusa, Matanya seperti siluman, Telinganya seperti lembu, Lehernya seperti ular, Perutnya seperti tiram, Telapak kakinya seperti harimau, dan Cakarnya seperti rajawali.

Selain 9 karakteristik itu, naga di dalam mitologi Cina disebut memiliki 9 orang anak yang juga memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Ia juga memiliki 117 sisik. 81 diantaranya memiliki karakter Yang (Positif) dan 36 lainnya memiliki karakter Yin (Negatif).

(Sumber:wordpress.com)

Karakteristik Naga dengan Angka 9(Sumber:wordpress.com)

 

 

2.      Tempat Tinggal Naga

Naga merupakan salah satu dari mahluk alam lain yang sangat unik dalam memilih lokasi. Mereka tidak akan sembarang, bahkan dapat dibilang benar-benar sangat berhati-hati dalam menilai dan memperhitungkan lokasi tempat kediamannya. Sehingga tempat dan lokasi yang disukai oleh kaum naga, biasanya akan memiliki energi chi yang sangat tinggi dan baik.

Inilah beberapa contoh tempat yang lebih disukai oleh kaum naga:

1. Tempat dimana terdapat pohon yang pernah disambar petir dan terbakar.

2. Di laut pada bagian tengah teluk, biasanya ditandai dengan motif ombak yang seperti sisik naga.

3. Di dekat pinggir pantai yang terdapat banyak batu karang yang menonjol di permukaan laut.

4. Di danau yang tenang dan bersih di gunung ataupun di kaki gunung.

5. Di dalam gua, dimana sering muncul pelangi di atas atau dari dalam mulut gua.

(Sumber:wordpress.com)

Tempat Tinggal Naga(Sumber:wordpress.com)

 

 

3.      Penguasa Cuaca dan Air

Dalam kepercayaan umum, naga Cina sangat dikaitkan dengan air. Dipercayai bahawa naga ini merupakan “raja” atau penguasa perairan yang mengalir, seperti air terjun, sungai atau laut. Naga boleh menjelma dalam bentuk pancutan air (puting beliung atas air). Selaku penguasa air dan cuaca, naga berbentuk lebih kurang seakan manusia, memakai pakaian kebesaran maharaja, tetapi berkepala naga dan bermahkota maharaja.

Dalam mitos terdapat empat Raja Naga, setiap satunya mewakili setiap satu daripada empat laut yang mengelilingi negara China, iaitu: Laut Timur (Laut China Timur), Laut Selatan (Laut China Selatan), Laut Barat (mungkin Lautan Hindi dan jauh lagi), dan Laut Utara (mungkin Tasik Baikal). Oleh yang demikian, naga-naga ini dilihat sebagai “menguasai” fenomena yang berkaitan dengan air.

(Sumber:wordpress.com)

Penguasa Cuaca dan Air(Sumber:wordpress.com)

 

 

4.      Anak-anak Naga

Lima Rampaian, Sebagai karya terkenal pada akhir abad ke-16, menceritakan perihal sembilan anak naga berbeda yang bentuk-bentuknya dijadikan hiasan mengikut sifat-sifatnya, yaitu :

  1. Makhluk pulao yang suka berteriak, digambarkan sebagai tangkal di atas genta;
  2. Makhluk qiuniu yang suka akan lagu, dijadikan hiasan alat muzik;
  3. Makhluk chiwen yang suka menelan, terletak di kedua-dua hujung tiang rabung bumbung (untuk menelan segala anasir jahat);
  4. Makhluk chaofeng yang suka akan cenuram, terletak di empat sudut bumbung
  5. Makhluk yazi yang suka membunuh, dijadikan hiasan hulu pedang
  6. Makhluk bixi yang suka akan sastera, digambarkan di tepi tugu kubur.
  7. Makhluk bi’an yang suka berhujah, terletak di atas pintu penjara (untuk mengawal).
  8. Makhluk suanni yang suka duduk, digambarkan di tapak berhala Buddha (di bawah kaki Buddha atau Bodhisattva)
  9. Makhluk baxia yang suka memikul beban, terletak di bawah tugu kubur
(Sumber:wordpress.com)

Anak-anak Naga(Sumber:wordpress.com)

 

 

 5.      Penampakan Naga Dalam Sejarah Cina

Salah satu contoh peristiwa penampakan naga tercatat dalam buku Recording for the Jiaxing Regional Government yang menceritakan kalau pada bulan September 1588, seekor naga berwarna putih terlihat terbang di atas permukaan danau Ping di wilayah Pinghu, propinsi Zhejiang.

Cahaya yang keluar dari naga putih tersebut begitu terangnya sehingga menerangi sebagian langit dengan warna merah yang terang benderang.(**)

(Sumber:wordpress.com)

Penampakan Naga Dalam Sejarah Cina(Sumber:wordpress.com)

 

Sumber : WordPress.com, old.uniknya.com, Mei 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com