5 Keunikan Bangsa Viking

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Viking adalah nama dari sebuah suku bangsa yang mendiami kawasan Eropa Utara. Dalam perjalanan sejarahnya, Viking adalah sebuah bangsa yang terlahir memiliki keberanian dan keteguhan. Meskipun banyak pula catatan bahwa yang menyebutkan mereka adalah bangsa penjelajah yang kasar, buas dan tidak mengenal rasa takut.  Sebagai penguasa lautan dan daratan Eropa Utara, ternyata bangsa Viking memiliki keunikan tersendiri. Berikut old.uniknya.com merangkum 5 keunikan bangsa Viking:

 

1. Berserkers

(Sumber:wordpress.com)

Berserkers(Sumber:wordpress.com)

Jika sobat unik sering memainkan game jenis RPG (Role Play Game) ataupun RTS (Real Time Strategy) pasti pernah menjumpai karakter Berserker, pejuang bangsa Viking. Berserker merupakan pejuang dari bangsa Viking yang terkenal keberanian, ketangguhan dan aksi nekadnya. Mereka akan berkelahi tanpa sedikit pun merasa gentar, walau hanya menggunakan kepalan tangan saja. Beberapa menyebutkan jiwa mereka bukan lagi manusia, melain mahluk lain yang merasuk ke dalam tubuh manusia.

 

2. Membuat Bom Roket Dari Urin

(Sumber:wordpress.com)

Membuat Bom Roket Dari Urin(Sumber:wordpress.com)

Keberanian dan fisik yang tangguh ditunjang persenjataan adalah modal kemenangan para pejuang Viking dalam peperangan. Dan ternyata bukan sembarang senjata, mereka pun memiliki senjata api yang mampu meluncur dan meledakkan musuh-musuhnya.

Pejuang Viking memiliki roket api yang bahkan dibuat dengan cara sederhana namun efeknya luar biasa.  Mereka membuat roket dari jamur pohoan oak ataupun beech yang direbus menggunakan air seni (urin).  Hasil rebusan tersebut kemudian disimpan dalam wadah (tong) tertutup selama bebera hari hingga menghasilkan sodium nitrat (NaNo3). Setelah siap untuk digunakan, mereka akan menyulutkannya ke arah musuh-musuhnya baik berupa roket api ataupun senjata sembur.

 

3. Pedang Karbon

(Sumber:wordpress.com)

Pedang Karbon(Sumber:wordpress.com)

Para pejuang Viking memiliki senjata khas yang bahkan wajib mereka bawa setiap saat, yakni pedang ‘sverds.’  Pedang Viking yang satu ini terbuat dari karbon, bahkan mereka disebut-sebut sebagai bangsa pertama yang membuat pedang dari bahan karbon yang dicampurkan dengan besi. Sehingga warnanya pun khas karbon, hitam legam.

 

4. Gaya Hidup yang Bersih

(Sumber:wordpress.com)

Gaya Hidup yang Bersih(Sumber:wordpress.com)

Meskipun di film-film kehidupan pejuang Viking diperlihatkan menakutkan, kotor dan sangar, namun temuan arkeologi menngungkapkan pola kehidupan mereka bersih, tertib dan sehat. Terutama kaum perempuannya, di beberapa situs arkeologi ditemukan beberapa sisir dan pisau cukur yang terbuat dari tulang belulang dan tanduk rusa. Temuan tersebut menyimpulkan bahwa kaum perempuan mereka sangat peduli akan penampilan bersih dan cantik. Mereka mandi menggunakan sabun untuk membersihkan dan mengharumkan tubuh, berbeda dengan bangsa tetangganya Anglo-Saxon (Inggris-Jerman).

 

5. Gambaran Salah Bangsa Viking

(Sumber:wordpress.com)

Gambaran Salah Bangsa Viking(Sumber:wordpress.com)

Di film-film bangsa Viking diperlihatkan gemar berpesta pora dengan meminum arak yang dituangkan ke dalam tengkorak manusia, namun itu adalah hal keliru. Padahal sebenarnya gelas yang mereka gunakan sebenarnya terbuat dari tanduk binatang yang diukir sedemikian rupa. Kemudian helm yang digunakan bukanlah yang memiliki tanduk, hanya sekedar helm kerucut, untuk melindungi mereka dari benturan senjata ataupun terjatuh.(**)

 

Sumber: mentellect.com, old.uniknya.com, Mei 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com