5 Manfaat Tequila yang Tidak Diacuhkan

Oleh: Izzaniskala

[UNIKNYA.COM]: Tequila merupakan minuman khas dari Meksiko, minuman keras hasil fermentasi dibuat tanaman blue agave (Agave tequilana). Tanaman banyak tumbuh di wilayah barat laut Guadalajara dan Los Altos, 65 Km dari Kota Jalisco. Dikabarkan tequila banyak diproduksi paa abad ke -15 oleh Suku Aztec, mereka menyebutnya dengan octli atau pulque. Tequila tidak diperdagangkan hingga akhirnya bangsa Spanyol tiba di daratan Meksiko. Meski saat ini tequila dianggap sebagai minuman keras, namun ternyata masih ada manfaat dari minuman khas suku Aztec ini. Berikut old.uniknya.com merangkum 5 kegunaan tequila:

 

1. Perhiasan Tiruan (Sintetis)

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Perhiasan Tiruan (Sintetis)(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

 

Pada tahun 2008 sekelompok ilmuwan di Meksiko berhasil menemukan manfaat tequila yang tidak diacuhkan oleh masyarakat. Ilmuwan tersebut mencampurkan uap tequila blanco dengan silikon atau molekul stainless steel organik, dan hasilnya luar biasa campuran tersebut berubah menjadi lapisan berlian. Sehingga campuran tersebut bisa dijadikan manik-manik atau ornamen perhiasan yang menyerupai berlian.

 

2. Sumber Energi Alternatif

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Sumber Energi Alternatif(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

 

Berbeda dengan ilmuwan Universitas Oxford di Inggris 2011 lalu, hasil penelitian mereka mengungkapkan bahwa tequila pun dapat digunakan sebagai sumber energi alternatif untuk kendaraan roda empat. Temuan itu diperkuat bahwa tanaman agave memiliki potensi  besar untuk dijadikan bio-energi, selain itu tanaman ini tidak dikonsumsi langsung oleh manusia sehingga jumlahnya masih banyak di gurun-gurun Meksiko.

 

3. Obat Flu

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Obat Flu
(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

 

Banyak cairan alami yang bisa digunakan sebagai obat flu, termasuk salah satunya tequila yang berasal dari tanaman agave tequila. Bahkan pada 1930 dokter-dokter di Amerika menganjurkan kepada pasien flu agar meminum tequila dengan takaran dan waktu tertentu.

 

4. Penurun Berat Badan

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Penurun Berat Badan(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Sebenarnya sudah lama para ilmuwan mengungkapkan keuntungan dari pertanian agave selain untuk dijadikan tequila, yakni sebagai pengontrol kolesterol di dalam tubuh manusia. Seperti yang diungkapkan oleh Dr Jorge Segura dari tim peneliti Universitas Guadalajara, Meksiko, bahwa Agave mengandung substansi fructan yang mampu mengurangi penyerapan lemak di dalam tubuh.

 

5. Perangsang Kantuk

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

 

Meminum tiga seloki tequila bisa membuat Anda mabuk, namun satu seloki cukup untuk menenangkan tubuh. Dengan meminum 1 hingga 1,5 ons tequila Anda akan mendapatkan efek positif dari tequila, yakni tidur lebih cepat dan nyenyak. Namun tidak dianjurkan pula untuk diminum setiap hari, selain mengandung alkohol juga akan mengakibatkan efek ketagihan.

 

Tambahan:

Pencegah Diabetes

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Pencegah Diabetes
(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

 

Pada 2010 lalu, sebuah percobaan yang dilakukan oleh Politeknik Institut Guanajuato, mengungkapkan bahwa fruktan (polimer fruktosa) yang terdapat di dalam tanaman Agave dapat merangsang hormon GLP-1 agar produksi insulin di dalam tubuh bertambah. Dengan produksi insulin yang besar maka penyakit gula (diabetes) dapat dicegah.  (**)

Sumber: mentalfloss.com, old.uniknya.com, Mei 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com