5 Penyakit yang Diakibatkan Oleh Internet

Oleh: Zaenal Abidin

[UNIKNYA.COM]: Di era globalisasi ini, internet memang tidak bisa jauh dari kehidupan manusia. Hampir setiap orang di berbagai negara menggunakan Facebook sebagai identitas mereka di dunia maya. Selain jejaring sosial, dunia game online dan hiburan lain yang terhubung dengan internet seolah menjadi candu. Karena candu inilah muncul beberapa penyakit yang diakibatkan oleh internet. Berikut old.uniknya.com merangkum 5 Penyakit yang Diakibatkan Oleh Internet.

 

1. Sakit kepala

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Sakit kepala(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Ada 3 jenis sakit kepala yang dapat diakibatkan internet:
Sakit kepala Ketegangan – Sakit kepala ini tidak disebabkan oleh stres, tetapi sering disebabkan oleh ketegangan leher atau mata. Sakit kepala jenis ini dapat berlangsung antara 30 menit sampai satu minggu”.
Sakit kepala kronis harian – Anda menderita ini jika Anda memiliki sakit kepala lebih dari setengah hari dalam sebulan.
Sakit kepala Stres – Sakit kepala imi lebih menyerang pikiran dan jiwa, penyakit ini disebabkan rasa kecewa terhadap segala tentang internet yang lama seperti koneksi, virus, download dan lainya.

 

2. Nyeri Punggung

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Nyeri Punggung(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Penyakit ini sudah umum dialami pengguna internet yang duduk berjam-jam di depan monitor. Umumnya profesi yang rentan dengan penyakit ini adalah gamers, blogger, facebooker, dan penjaga warnet karena membutuhkan waktu lebih dari 1 jam untuk melakukan penjelajahan dunia maya nya. Penyakit ini akan bertambah parah apabila disertai dengan merokok dan makan saat berjam-jam online.

 

3. Deep Vein Thrombosis (DVT)

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Deep Vein Thrombosis (DVT)(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Deep Vein Thrombosis adalah penyakit yang disebabkan karena pembekuan darah di dalam vena bagian dalam. Penyakit ini juga dikenal dengan syndrome kelas ekonomi, pembekuan darah dalam vena terjadi akibat darah yang mengalir tidak lancar. Umumnya, penyakit ini menyerang pengguna internet pada bagian kaki karena saat beraktivitas online semua badan bergerak keciali kaki. Untuk menghindarinya, gerakan kaki sesekali selama beberapa menit.

 

4. Munchausen Syndrome

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Munchausen Syndrome(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Munchausen Syndrome merupakan syndrome yang banyak diderita para anak muda di dunia maya. Penyakit ini tidak terlalu berbahaya namun cukup mengganggu. Syndrome ini adalah perasaan seorang anak muda yang berpura-pura sakit dan mendapat masalah hanya untuk mendapatkan perhatian dari orang lain. Biasanya syndrome ini di alami oleh anak muda labil yang sedang mencari jati diri mereka. Umumnya mereka yang mengalami syndrome ini memanfaatkan situs jejaring sosial di mana orang dapat berbagi masalah mereka, mencari nasihat, dan mendapatkan simpati.

 

5. Depresi Akibat Facebook

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Depresi Akibat Facebook(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Facebook merupakan situs jejaring sosial yang menyenangkan, akan tetapi tidak semua orang berpendapat demikian. Facebook justru dapat mengakibatkan efek negatif seperti depresi. Umumnya depresi yang dialami penderita karena ia merasa tidak percaya diri terhadap penampilannya setelah beberapa temannya memberi komentar negatif tentang dirinya. Sebaliknya, apabila seseorang memberi komentar positif yang berlebihan akan mengakibatkan kesombongan dan merasa paling sempurna.(**)

(Sumber: Berbagai sumber, old.uniknya.com, Mei 2013)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com