Wiih! Lukisan Indah yang Dibuat dari Microsoft Excel

Oleh : Iqbal Vetra

[UNIKNYA.COM] Sobat unik, kini banyak orang yang cenderung memanfaatkan teknologi untuk tujuan artistik atau yang biasa kita kenal dengan seni digital. Seperti yang dikaryakan oleh seniman asal Jepang, Tatsuo Horiuchi, pria itu berhasil menciptkan karya seni digital yang mengagumkan. Tapi percaya atau tidak, lukisan-lukisan yang ia buat ternyata menggunakan Microsoft Excel loh!

1pu45obg copy

Tatsuo Horiuchi berhasil ciptakan lukisan tradisional jepang dengan menggunakan Microsoft Excel (Sumber : odditycentral.com)

Ketika kebanyakan orang terbiasa menggunakan Adobe Photoshop atau Corel untuk membuat sebuah gambar, tapi dengan ambisi dan kreativitas Tatsuo, aplikasi spreadsheet seperti Microsoft Excel berhasil ia manfaatkan untuk membuat lukisan tradisional Jepang. Tentunya dengan hasil gambar yang menakjubkan!

Sebelum pensiun dari pekerjaannya, Tatsuo sering melihat rekan-rekannya menggunakan perangkat Microsoft untuk membuat grafik, jadi ia pikir aplikasi itu bisa ia gunakan untuk menggambar karya seni. Ia pun tertarik dan mulai bereksperimen dengan lukisan digital.

Pada awalnya, ia mencoba menggunakan Microsoft Word, tapi ia mengalami masalah saat menentukan ukuran kanvas agar sesuai dengan kertas cetak. Akhirnya ia pun berpaling menggunakan Excel yang memiliki fitur rapi dan secara otomatis dapat menyusuaikan ukuran A4.

Meski awalnya ia kesulitan saat mengaplikasikan spreadsheet, namun secara ambisius Tatsuo berhasil mengasah keterampilannya dan selama 10 tahun terakhir ia telah membuktikan dirinya sebagai seorang seniman yang handal. Hasil karyanya pun berhasil dipamerkan di seluruh Jepang.

r3rd7iku copy

Salah satu karya lukisan Tatsuo yang dibuat dari Microsoft Excel (Sumber : odditycentral.com)

Dengan kerja kerasnya, ia berhasil memanfaatkan fitur AutoShape untuk menggambar bentuk rumit yang kemudian ia warnai untuk menghasilkan karya tradisional Jepang. Dia masih percaya bahwa  Microsoft Excel adalah aplikasi yang sangat baik, dan menyangkal bahwa kualitas seni tidak selalu memerlukan solusi yang rumit dan mahal.

Tatsuo kini menjual kreasinya di sebuah pameran lokal di kota kelahirannya Sanada, Nagano Prefecture. Hasil penjualannya pun akan ia sumbangkan ke perpustakaan buku-buku gambar besar di kotanya. (**)

Sumber : odditycentral.com, old.uniknya.com, Mei 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com