5 Sensasi dan Keunikan Zambia

Oleh: Bintang Mian

[UNIKNYA.COM]: Jika Sobat Unik bertanya negara manakah di Benua Afrika yang tidak memiliki garis pantai? Maka Zambia lah jawabannya. Bahkan sebelum bernama Republik Zambia, negara tanpa pantai ini bernama Zambezia Utara. Kemudian berubah menjadi Rhodesia Utara. Dan  akhirnya berubah menjadi Zambia yang diambil dari nama salah satu sungai yaitu, Zambezi. Dan bukan itu saja Zambia pun menjadi salah satu negara Afrika yang memiliki banyak bahasa daerah:

 

1. Tukang Sapu yang Menjadi Presiden

Zambia kini dipimpin seorang presiden bernama Michael Sata, yang menggantikan Rupiah Banda pada 23 September 2011. Sata merupakan pemimpin sebuah partai politik di Zambia yakni Partiotic Front. Michael Sata juga pernah menjadi menteri pada tahun 1990-an, dan juga pernah menjabat sebagai gubernur di wilayah Lusaka. Namun tahukan Sobat Unik profesi Sata sebelumnya? Tidak terbayangkan sebelumnya jika Michael Sata pernah bekerja sebagai tukan sapu, kebersihan di British Air dan Stasiun Victoria, London, Inggris.

Michael sata berada di Inggris untuk menuntut ilmu di sebuah univesitas di London. Karena  kekurangan dana untuk kelangsungan hidup dan biaya menuntut ilmu, membuat Michael Sata harus menjalani hidup menjadi tukang sapu. Namun dari pengalaman hidup itulah, Michael Sata menjadi sorang politikus yang peduli rakyat sipil sekembalinya ke Zambia. Hingga ia terpilih menjadi presiden, sesuai dengan janji kampanyenya pria berusia 74 tahun tersebut berjanji akan memperbaiki perekonomian Zambia. Terutama membersihkan sampah-sampah korupsi di negerinya.

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Tukang Sapu yang Menjadi Presiden(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

 

 

2. Air Terjun Victoria

Selain memiliki presiden yang kharismatis di mata rakyat kecil, Zambia juga memiliki panorama pariwisata yang indah. Seperti Air Terjun Victoria, yang merupakan salah satu paling spektakuler di dunia. Air terjun Victoria berada di Sungai Zambezi, ketinggiannya mencapai 128 meter dan lebar sejauh 1,6 kilometer. Jangan heran jika nama Victoria diberikan kepada air terjun indah yang menjadi batas negara Zambia dan Zimbabwe. Air terjun tersebut ditemukan dan dipopularkan pada dunia oleh penjelajah Skotlandia (Inggris Raya), David Livingstone, meski nama sebenarnya adalah Air terju Mossi-oi-tunya.

Air yang jatuh dari ketinggian 128 meter tidak saja indah dan bersuara menggelegar, melainka membuat para wisatawan terkagum ketika mengetahui di atanya terdapat kolam alami, the Devils Swimming Pool. Meskipun airnya cukup deras dan mampu menyeret manusia hingga terjatuh dari Air Terjun Victoria, tetapi malah menjadikan tantangan tersendiri pagi para wisatawan pecandu adrenalin.

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Air Terjun Victoria(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

 

 

3. Festival di Zambia

Zambia merupakan negara yang kaya akan budaya, hal ini dimungkinkan karea letaknya dikelilingi negara-negara tetangga. Akulturasi, percampuran budaya dan bahkan budaya asli masing-masing wilayah tetap terjaga. Karena itulah Zambia memanfaatkannya dengan menggelar festival budaya setiap tahunnya. Seperti Festival Mayor yang menjadi awal festival dari pagelaran lainnya. Festival ini menyajikan berbagai budaya dalam kemasan tradisional dari semua suku yang ada.

Selain itu ada Festival Kazanga yang dianggap sebagai festival tertua di daratan Afrika. Festival  ini sudah ada sejak 500 tahun lalu, mungkin itula menjadikannya festival paling popular selain isi dan kegiatannya yang mengagumkan. Berbeda dengan Festival Mayor yang diikuti semua suku yang ada, Kazanga hanya dilakukan orang-orang Nkoya. Dalam festival ini digelar tradisi musik, tari, dan ritual tua lainnya. Selain kedua festival tadi masih ada beberapa festival yang menarik para wisatawan berdatangan seperti Festival Nc’wala, festival Kumboaka.

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Festival di Zambia(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

 

4. Kuliner Khas

Zambia menjadi salah satu negara Afrika yang kuliner khasnya cukup diminati oleh negara lain, atau wisatawan yang datang. Makanan khas berbahan dasar jagung bernama nshima menjadi kuliner yang banyak diburu tersebut. Bagi setiap wisatawan, terutama yang juga berasal dari daratan Afrika, nshima atau nasi jagung yang dipadukan dengan ikan atau ayam menjadi hidangan pemuas di setiap festival yang digelar.

Selain kuliner khas, yang menarik perhatian wisatawan adalah tradisi dan adat makan yang bervariasi oleh setiap suku. Seperti budaya Bemba yang menabukan makan telur bagi seorang pengantin. Terutama pengantin perempuan, karena dianggap akan mempengaruhi kesuburannya. Sementara adat dan tradisi makan di Lozi yang menarik adalah saat pemberkatan pada pengantin dengan memberi bubur di atas batu.

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

Kuliner Khas(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

 

 

5. Bangunan Bersejarah

Walaupun Zambia tidak banyak memiliki peninggalan peradaban manusia pada masa silam, namun tetap memiliki perjalanan sejarah yang salah satunya terlihat dari arsitektur. Seperti Jembatan Otto Beit yang dibangun pada 1938-1939, merupakan hembatan gantung modern pertama di Afrika. Jembatan bersejarah tersebut melintasi luasnya Sungai Limpopo, dengan panjang 382 m, menjadi kebanggaan masyarakat Zambia. Jembatan tersebut diresmikan pada 24 Mei 1939 oleh Otto Beit.

Bangunan bersejarah lainnya yaitu Shiwa Ngandu atau biasa disebut Rumah Shiwa. Bangunan  ini merupakan proyek dari seorang bangsawan Inggris, Sir Stewart Gore-Browne yang akhirnya menetap di Zambia pada 1920. Rumah tersebut berada di kawasan perkebunan yang terletak di Provinsi Utara Zambia, sekitar 12 kilometer sebelah barat Zambia, arah menuju republik Demokratik Kongo. Dan yang paling spektakuler adalah Jembatan Victoria yang dibangun pada 1900, di atas jembatan para wisatawan akan disuguhi keindahan Air Terjun Victoria yang mengagumkan.(**)

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

(Sumber:wordpress.com,old.uniknya.com)

 

Sumber: Dari berbagai sumber, old.uniknya.com, 2013.

** Tulisan ini pernah ditayangkan di acara Spotlite Trans7 yang tayang setiap hari Senin-Jumat pukul 09.45-10.45 WIB dan Sabtu-Minggu setiap 09.45-10.15.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com