Kamera Digital Ini Didesain Seperti Mata Serangga, Wow!

Oleh : Iqbal Vetra

 [UNIKNYA.COM] Serangga memang terkenal dengan mata majemuknya, karena memiliki ribuan reseptor warna individual. Gambar yang berhasil ditangkap mata serangga menghasilkan gambar tertuju ke arah yang berbeda-beda.

 Tapi bagaimana jadinya jika kemampuan mata serangga diterapkan pada sebuah lensa kamera? Hal itulah yang kini dikembangakan oleh sebuah tim peneliti dari University of Illinois, Amerika Serikat, mereka telah berhasil menciptakan sebuah kamera digital yang memiliki kemampuan menangkap gambar setara dengan kemampuan mata serangga, seperti lalat, semut, atau kumbang.

 

asdadfa

Lebah ini ditampilkan pada prototipe kamera digital model baru yang didesain seperti mata serangga (Sumber : counselheal.com, uniknya,com)

 

Seperti diketahui, serangga memiliki mata yang berbentuk kubah dan di dalamnya berisi ribuan elemen mata kecil di atas korneanya, yang berfungsi untuk menangkap ketajaman sebuah gambar dalam bidang yang tak terbatas.

“Kami sangat tertarik dengan kemampuan mata serangga dalam menangkap sebuah gambar, sehingga ingin menerapkan kemampuan mata serangga untuk teknologi pada lensa kamera,” ungkap Profesor John Rogers, dari University of Illinois, seperti dilansir CNN.

Cara kerja kamera digital ini layaknya sistem kerja mata serangga. Kamera tersebut bisa menangkap area pandang seluas 160 derajat. Jadi, seluruh area foto berada dalam fokus. Selain itu, kamera digital ini dilapisi 180 mikrolensa, sehingga bisa menangkap gambar dari sudut yang pas. Tentu saja prestasi ini mustahil untuk kamera konvensional.

“Full 180 derajat bidang pandang dengan nol penyimpangan hanya dapat dicapai dengan sensor gambar yang mengadopsi layout bulat (hemispherical) – jauh berbeda dari dengan CCD planar yang ditemukan di kamera komersial,” Tutur Rogers.

 

qgs48imt copy

Kamera ini bisa menangkap area pandang seluas 160 derajat (Sumber : cnn.com, old.uniknya.com)

 

Karena dapat menangkap gambar yang luas, fokus, dan tajam, kamera digital berteknologi tinggi ini diyakini memiliki banyak kegunaan, termasuk membantu para dokter untuk melihat organ tubuh yang sulit dijangkau.

Tim peneliti kini juga berencana untuk mengembangkan lensa kamera yang memiliki kemampuan seperti organ-organ mata yang dimiliki oleh berbagai makhluk di Bumi.

Hasil penelitian ini sendiri telah diterbitkan di Jurnal Scientific Nature pada 2 Mei 2013, dengan judul ‘Digital cameras with designs inspired by the arthropod eye.’ (**)

Sumber : cnn.com, old.uniknya.com, Mei 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com