Domba Ini Menyala Dalam Gelap yang Terlahir di Uruguay

Oleh : Iqbal Vetra

[UNIKNYA.COM] Sobat unik, baru-baru ini para ilmuwan di Uruguay telah mengembangkan transgenetik pada seekor domba. Mereka berhasil ‘menyulap’ hewan itu agar bisa menyala dalam gelap atau yang populer disebut ‘glow in the dark’.  Wow!

Seperti dilansir news.com.au, domba ini lahir pada Oktober 2012 lalu di Animal Reproduction Institute of Uruguay. Ketika lahir, hewan berbulu tebal ini sebenarnya tidak berbeda dengan bayi domba pada umumnya.

Setelah terlahir, tim peneliti lalu memodifikasi gen domba dengan memasukkan protein fluorescent dari ubur-ubur Aequorea jellyfish. Protein yang disuntikkan pada domba tersebut dinamakan Green Flourescent Protein (GFP). Kandungan proteinnya akan membuat tubuh domba terlihat berwarna hijau apabila berada di bawah sinar Ultraviolet.

 

751mwfp6 copy

Domba Ini Menyala Dalam Gelap yang Terlahir di Uruguay (Sumber : wordpress.com, old.uniknya.com)

 

Meskipun cukup unik dan berbeda dari domba lainnya, tetapi para peneliti meyakinkan publik bahwa domba tersebut tetap dalam kondisi kesehatan yang baik dan berperilaku normal.

Pemimpin tim peneliti, Alejo Menchaca, menyatakan bahwa mereka akan terus melakukan percobaan untuk menyempurnakan teknik glow in the dark, seperti dilansir Examiner.

Domba bukanlah hewan pertama yang telah dimodifikasi secara genetik untuk bersinar dalam gelap. Sebelumnya, pengembangan transgenetik dengan GFP juga pernah disuntikkan kepada kelinci bernama Alba sehingga berwarna hijau neon. Kelinci tersebut dikembangkan oleh Eduardo ISL di French laboratory, Prancis. Penggunaan GFP ini untuk tujuan seni dan mengetahui opini publik.(**)

Sumber : news.com.au, old.uniknya.com, April 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com