5 Negara yang Berbahaya untuk Jurnalis

Halaman selanjutnya » 1 2 3 4 5

Oleh: Zaenal Abidin

[UNIKNYA.COM]: Jurnalis merupakan peliput berita yang ditugaskan pada suatu lokasi yang sedang ramai diberitakan oleh publik. Wartawan, fotografer, reporter, dan blogger merupakan anggota dari jurnalis. Namun tidak semua kalangan menyukai kehadiran jurnalis yang meliput berita, ini terbukti dengan 960 kasus pembunuhan terhadap wartawan yang terjadi dalam 10 tahun terakhir. Beberapa negara ini tidak bersahabat bahkan berbahaya bagi para jurnalis. Berikut old.uniknya.com merangkum 5 Negara yang Berbahaya untuk Jurnalis.

 

1. Somalia

Jumlah Pembunuhan sejak tahun 1992: 48

(Sumber:wordpress.com)

Somalia(Sumber:wordpress.com)

Majalah Foreign Policy menilai Somalia sebagai negara gagal, dengan tidak adanya fungsi pemerintah atau infrastruktur sipil. Jadi tidak mengherankan apabila perlindungan sipil dan hukum tidak ada untuk wartawan, baik itu seorang wartawan lokal atau koresponden asing. Tercacat sejak tahun 1992 sebanyak 48 wartawan tewas dalam berbagai kasus pembunuhan. Umumnya, pembunuhan dilakukan oleh kelompok-kelompok politik yang tidak menyukai kehadiran wartawan yang membeberkan kekacauan di negaranya.

Halaman selanjutnya » 1 2 3 4 5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com