Memasuki Gua Ajaib Ini Seolah Berada di Dunia Dongeng

Oleh : Iqbal Vetra

[UNIKNYA.COM] Sobat unik, sebuah gua di Rusia telah membingungkan banyak orang yang memasukinya. Betapa tidak, pemandangan magis dari cahaya warna-warni di langit-langit gua ini membuat siapa saja yang memasukinya seolah seperti berada di dalam dunia dongeng. Wow!

Ya, gua yang berada di Kamchatka, Rusia ini adalah gua es yang diukir alami oleh sungai air panas gunung berapi yang melewati gletser. Tidak ada stalaktit atau stalakmit di dalam gua ini. Akan tetapi, langit-langit gua ini terbentuk dari gletser yang membeku. Uniknya, langit gua ini mengeluarkan pendar cahaya dan lebih terlihat seperti air mengalir.

vx8gzrea copy

Warna-warni dari bias cahaya di gua es (atas), Aliran air panas yang mencairi bagian bawah gua es (bawah) (Sumber : siberiantimes.com, old.uniknya.com)

Cahaya berwarna ungu, biru, hijau, dan kuning terlihat jelas. Ini bukanlah hasil dari manipulasi komputer, melainkan bias dari sinar matahari yang menerobos gletser. Gletser yang ada di gua ini juga berasal dari sumber air panas Gunung Mutnovsky.

Keajaibannya pun tertangkap kamera oleh pemandu wisata setempat sekaligus fotografer, Denis Budkov, asal Chelyabinsk, Natalia Balentsova, serta traveler lainnya di bagian timur semenanjung Rusia, Siberia.

Dalam ekspedisi di dekat gunung berapi Mutnivsky, secara tidak sengaja para petualang ini menemukan gua ajaib tersebut. Lokasinya sekitar 45 km di sebelah selatan dari Petropavlovsk, Kamchatsky.

ifpxsysv copy

Bagian langit-langit gua es yang bergelombang ini justru tidak mencair dan terlihat cantik (Sumber : siberiantimes.com, old.uniknya.com)

Budkov juga menceritakan, kalau mereka secara kebetulan menemukan gua tersebut pada bulan September 2012 lalu. Saat itu dirinya bersama beberapa fotografer sedang jalan-jalan melihat musim semi. Selanjutnya, mereka melihat sebuah lubang dan masuk. Ternyata, lubang tersebut merupakan gua yang luar biasa.

Salah satu foto-fotonya yang dijuluki ‘Treasures of the Dwarf’ memenangkan kompetisi Russian Wild Nature tahun lalu. Balentsova pun berkata, “Di luar gletser itu sangat kotor dan berwarna abu-abu. Tapi di dalam, semuanya terlihat berbeda.”

“Sulit untuk menemukan tempat-tempat ini,” kata Budkov. “Bahkan saya, menjadi pemandu yang berpengalaman, tidak tahu tentang gua ini bila melewati jalur pada umumnya. Sangat mustahil bisa sampai ke sana dengan ketebalan salju yang bermeter-meter,” tambahnya.

Akan tetapi, Budkov tidak mengetahui apakah gua itu akan mencair atau tidak selama musim panas. (**)

Sumber : siberiantimes.com, old.uniknya.com, April 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com