Arkeolog Italia Temukan ‘Gerbang’ Neraka di Turki

Oleh : Iqbal

[UNIKNYA.com] Tim arkeolog  dari Italia mengklaim telah menemukan ‘Gerbang Neraka’, sebuah portal mitos menuju neraka dalam legenda Yunani dan Romawi.

Tim arkeolog dari Italia yang dipimpin oleh Francesco D’Andria, berbagi temuan mereka pada sebuah konferensi di Istanbul.

Mereka menyatakan telah menemukan portal menuju neraka di Pamukkale, yang sebelumnya merupakan kota kuno Phrygian Hierapolis.

 

rv4msaj1 copy

Arkeolog Italia Temukan Gerbang Neraka di Pamukkale, Turki (Sumber : digitalspy.com, old.uniknya.com)

 

“Ruangan ini penuh dengan uap berkabut yang padat hingga menghalangi pandangan. Semua hewan yang melewati uap itu akan langsung mati. Aku melemparkan burung pipit ke dalamnya, dan burung itu langsung mati dan jatuh,” tulis seorang ahli geografi Yunani Strabo.

Di dalam gua tersebut peneliti juga menemukan sisa-sisa kuil, kolam renang, serangkaian prasasti yang didedikasikan untuk para dewa, Pluto dan Kore. Konon orang-orang hanya diperbolehkan menonton ritual suci dari jauh karena hanya para tetua keagamaan yang diperbolehkan berdiri di depan portal.

Beberapa ritual yang dilakukan dalam gua ini adalah dengan membawa hewan masuk dalam keadaan hidup, kemudian mengeluarkan mereka dalam keadaan mati. Asap dalam gua tersebut memang sangat mematikan, sehingga jika terlalu dekat, karbondioksida akan membunuh semua makhluk hidup.

 

iljw6jpn copy

Burung-burung mati setelah melewati uap dalam gua (Sumber : dailymail, old.uniknya.com)

 

Dulu dipercaya bahwa hanya para kasim Cybele, dewi kesuburan kuno, yang mampu memasuki gerbang neraka tanpa mengalami luka atau mati. Mereka menahan napas selama mungkin. Selain bisa menyebabkan kematian, uap yang muncul dari gua ini bisa menyebabkan halusinasi dalam skala kecil.

“Ini adalah penemuan yang luar biasa karena menegaskan dan menjelaskan informasi yang kita dapatkan dari sumber sastra sejarah kuno,” jelas Alister Filippini, peneliti sejarah Romawi di Universities of Palermo, Italia. (**)

Sumber : digitalspy.co.uk, old.uniknya.com, April 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com